3 Hal Yang Perlu Kamu Tahu Sebelum Mampir Ke Alun-Alun Kidul!

Beritahu yang lain
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

3 Hal Yang Perlu Kamu Tahu Sebelum Mampir Ke Alun-Alun Kidul! – Hai pembaca setia Tanda Koma yang pernah mampir ke Jogja! Siapa sih yang gak tahu ciri khas dari Jogja ini? Selain Malioboro, alun-alun menjadi salah satu tempat yang wajib dikunjungi jika berada di kota Jogja. Yuk simak 3 hal yang kamu wajib tahu sebelum mampir ke sini!

Punya kenangan apa di alun-alun kidul guys?
Punya kenangan apa di sini guys? (Sumber Foto: Instagram @imandiwahyudi)

Selain terkenal dengan budayanya, kota Yogyakarta atau dikenal luas sebagai Jogja juga menyimpan banyak destinasi merakyat. Tak perlu budget mewah, cukup meluangkan waktu dan menaiki kendaraanmu, kamu bisa menikmati keragaman wisata dari kota yang mempunyai Tugu unik ini.

Dari banyak destinasi, kamu juga perlu tahu nih tentang satu tempat yang kerakyatan banget sebelum kamu mampir ke kota ini. Namanya Alun Alun Kota Jogja. Tempatnya sih terbagi menjadi dua, yaitu Alun-Alun Utara (Lor) dan Alun-Alun Selatan (Kidul).

Karena Alun-Alun sendiri termanifestasi sebagai ruang publik yang tidak terpisahkan dari sebuah tata ruang kerajaan. Sehingga kemudian hal ini diadaptasi oleh kota-kota lain di selurun Indonesia sebagai ruang terbuka yang ada di pusat pemerintahan. Termasuk Jogja, ya!

Nah, saat kamu berkunjung ke Jogja, maka kamu perlu masukin alun-alun kidul ke dalam daftar destinasimu ya. Karena tempat ini cukup fenomenal dan bersejarah untuk kamu kunjungi saat di Jogja. Namun, sebelum mampir ke tempat ini kamu perlu tahu apa aja sih yang ada di Alun-Alun Kidul.



3 Hal Seputar Alun-Alun Kidul

Dikenal juga dengan sebutan Alun-Alun Pengkeran atau Alun-Alun Belakang. Karena memang letaknya di belakang benteng keraton. Pada tiap Alun-Alun memiliki ciri khas yakni terdapat dua pohon beringin. Untuk di Alun-Alun kidul dikenal sebagai Ringin Kurung.

Baca Juga:  4 Hotel Baru Di 2021. Mau Pilih Staycation Di Mana Nih?

Berikut ini adalah 3 hal seputar wisata kerakyatan yang satu ini yang perlu kamu tahu:

Laku Masangin Beringin Kembar

Selain kamu bisa melihat Keraton dengan lebih jelas, di Alun-Alun Kidul kamu juga bisa menikmati laku masangin di beringin kembar. Hal ini yang kerap menjadi daya tarik dari destinasi yang kerap dikunjungi malam hari ini.

Pernah coba laku masangin di pohon beringin kembar alun-alun kidul?
Pernah coba laku masangin di pohon beringin kembar alun-alun kidul? (Sumber Foto: Instagram @damarprasetyo_)

Jika kamu mau mencoba destinasi yang satu ini, kamu cukup menyewa penutup mata dengan harga Rp 3.000 – Rp 5.000. Konon yang bisa melewati beringin kembar ini adalah mereka yang memiliki hati yang bersih dan tenang.

Tertarik buat mencoba?

Berkendara Warna Dan Rupa Dengan Odong-Odong

Selain beringin kembar, kamu juga bisa menikmati kendaraan hias yang bisa kamu sewa di Alun-Alun Kidul. Banyak sekali pilihan kendaraan hias yang bisa kamu pilih, dari becak mini, mobil hias, dan andong mini lengkap dengan lampu-lampu hiasnya.

Kendaraan hias khas alun-alun kidul yang wajib kalian coba!
Kendaraan hias khas alun-alun kidul yang wajib kalian coba! (Sumber Foto: Instagram @sitiyuliantihanum)

Demi meningkatkan wisatawan di Jogja, kemudian warga pun berkreatifitas dengan menyediakan beberapa hal baru, seperti lampion-lampion berjalan yang bisa dijadikan spot foto bagus saat malam hari.

Jika ingin dapet momen kerlap-kerlip dari lampu hias tersebut kamu harus dateng malem hari ya. Biar momen foto epicnya tu dapet gitu. Nah, untuk tarifnya sendiri dibanderol Rp 20.000 sampai Rp 60.000 untuk sekali putar di alun-alun. Asiknya rame-rame ya kalau dateng kemari.



Jangan lupa untuk bertanya-tanya sebelum menaikinya ya? Karena kadang kalau rame tarifnya tiba-tiba naik sendiri. Hehhe

Santapan Khas Alun-Alun Jogja

Sehabis main kendaraan hias atau pun mencoba laku masangin tentu aja bikin perut laper. Jangan, khawatir karena kamu bakalan banyak menjumpai makanan-makanan enak yang ada di sana. Dari jagung bakar hingga makanan berat pun ada di sekitar alun-alun.

Menikmati aneka jajanan dengan pemandangan beringin yang indah. Mantap!
Menikmati aneka jajanan dengan pemandangan beringin yang indah. Mantap! (Sumber Foto: Instagram @r.anditya)

Jadi, kamu gak perlu bingung buat cari makanan di area alun-alun karena di sana juga ada banyak menu makanan yang bisa kamu coba. Jika mau yang ada akustikannya bisa dateng ke Alun-Alun Lor atau Alun-Alun Utara untuk menyantap makanan dengan iringan musik.

Tentang Alun-alun

FYI, bahwa alun-alun gak ada tiket masuknya alias gratis ya guys! Selain itu terbuka untuk umum, mulai pagi hingga malam hari. Namun lebih menyenangkan datang sore atau malam hari buat menikmati suasana di alun-alun kidul. Tapi yang senang jalan pagi atau siang, juga boleh-boleh aja.

Baca Juga:  KJ Hotel Jogja, Hotel Keluarga Mewah Dan Nyaman Untuk Liburan Kamu!

Nah, buat kamu yang bingung tempat parkirnya, tenang aja nanti kalian bakal menjumpai banyak tukang parkir yang mengarahkan kalian buat parkir di sana. Untuk parkir juga standar aja yaitu Rp 2.000 untuk motor dan Rp 5.000 untuk mobil.



Di alun-alun kidul kamu udah bisa mendapatkan view syahdu di alun-alun dan juga mencoba wisata laku masangin yang gak bakal kamu temuin di kota lain. Selain itu, kamu juga bisa menikmati berbagai wahana kendaraan yang ada di sana untuk hiburan.

Kapan Mau ke Jogja?

Jadi buat kamu yang belum pernah mampir ke Alun-Alun Kidul saat berkunjung ke Jogja, Yuk, mampir. Karena Jogja tanpa alun-alun tentu aja bukan apa-apa. Ibarat kota tanpa kenangan, hanya sepintas kerasa seperti kota biasa kan?

Pastikan buat kamu yang belum pernah main ke kota ini, trip selanjutnya saat ke Jogja wajib mampir juga ya ke Alkid! Ceritain juga momen seru dikolom komentar buat kamu yang udah pernah mampir ke sini. Tetap patuhi protokol kesehatan saat kalian liburan. Stay young dan healthy everyone! (MEL)


Beritahu yang lain
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Melina

Penikmat dongeng dan jendela.

Melina has 23 posts and counting. See all posts by Melina

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *