Restart Laptop Dengan Cepat

4 Cara Restart Laptop Tercepat! Jangan Buru-Buru Matikan Power Ya!

Beritahu yang lain
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

4 Cara Restart Laptop Tercepat! Jangan Buru-Buru Matikan Power Ya! – Hai pembaca setia Tanda Koma yang sedang pusing dengan laptop yang nge-hang. Apakah kamu sedang mencari cara restart laptop tercepat untuk mengatasi berbagai permasalahan laptop apalagi ketika mulai nge-freeze layarnya? Ternyata ada banyak cara yang bisa kamu lakukan dengan aman. Yuk ikuti tips berikut ini ya!

Cara Restart Laptop
Laptop bermasalah? Jangan pusing dulu, mungkin dengan di-restart bisa jadi baikan loh.

Melakukan restart laptop merupakan sebuah kegiatan yang umum bagi para penggunanya. Ketika sedang menggunakan perangkat, terkadang terdapat beberapa masalah mulai dari software hingga laptop tidak mau bergerak (freeze / hang).

Bagaimana cara restart laptop yang selama ini kamu lakukan? Apakah sudah benar untuk menjaga performa dan kualitas dari perangkat laptop?Beberapa diantara pengguna langsung menekan tombol power pada laptop. Apakah kamu juga sering melakukannya?

Tahukah kamu bahwa bahaya restart laptop dengan cara ini akan menurunkan performa laptop. Bahkan bukan tidak mungkin jika kamu melakukannya terlalu sering akan menyebabkan masalah baru lainnya pada perangkat komputermu.

Lalu, bagaimana cara melakukan restart di perangkat komputer/ laptop yang benar dan aman? Berikut ini ialah beberapa cara yang bisa kamu lakukan.



1. Menggunakan Start Menu

Salah satu cara yang cukup umum untuk merestart laptop ialah dengan menggunakan Start Menu. Cara ini akan membuat laptop memulai kembali semua program komputer dengan benar dan tepat.

Windows Restart
Windows laptop bisa dengan mudah merestart dengan menemukan ikon Windows di pojok kiri bawah layar.

Kamu hanya perlu masuk dan mengklik ikon Windows yang ada pada sisi bawah kiri layar komputer atau dengan cara menekan tombol windows pada keyboard.

Kemudian kamu akan menemukan tombol ikon power pada bagian bawah (di atas logo Windows). Klik menu tersebut lalu klik opsi restart.

Lalu selesai, laptop akan secara otomatis melakukan restart. Cara demikian membuat semua program yang sedang berjalan akan diberhentikan oleh Windows dan melakukan booting ulang, sehingga ketika di-restart semua akan dimulai dari kondisi ready.

2. Menggunakan Alt + F4

Cara restart laptop Windows yang hang ternyata juga bisa dengan menekan tombol yang ada di keyboard saja. Terkadang, laptop yang hang membuat kamu tidak bisa dengan leluasa menggerakan kursor mouse.

Pusing Dengan Laptop
Pusing dengan laptop yang hang seringkali membuat frustasi. Tapi jangan panik dulu, masih ada cara untuk membetulkannya dengan aman.

Tak perlu khawatir, kamu bisa cukup dengan mudah menekan tombol Alt +F4 secara bersamaan untuk melakukan restart laptop. Ketika kamu sudah melakukan demikian, nantinya akan ada tanda menampilkan pop-up.

Kemudian setelah itu, kamu akan menemukan opsi mematikan laptop atau hanya me-restart-nya di pop-up tersebut. Kamu hanya perlu memilih tindakan yang kamu inginkan lalu tekan enter.

Baca Juga:  Cara Merawat iPhone Battery Supaya Awet & Tahan Lama? Cek Di Sini!

Me-restart dengan cara ini akan memberhentikan semua program yang berjalan termasuk program yang membuat layar Windows nge-hang / freeze secara aman.



3. Melalui Shortcut Ctrl + Alt + Del

Jika kamu ingin melakukan restart dengan cepat tanpa menutup aplikasi yang sedang terbuka, maka kamu bisa menggunakan jalan cepat atau shortcut. Caranya ialah dengan menekan tombol Ctrl + Alt + Del di keyboard secara bersamaan.

Laptop Hang
Laptop yang hang / freeze seringkali menampilkan layar berwarna putih atau biru ata juga menampilkan ikon yang tidak bergerak sama sekali.

Setelah menekan tombol Ctrl + Alt + Del kemudian akan muncul beberapa opsi di layar. Kamu perlu memilih ikon power yang berada pada bagian kanan bawah dari layar mu.

Dari ikon power tersebut, kemudian pilih restart dan tekan tombol enter untuk melakukan proses restart. Kesemua program nantinya akan ditutup secara otomatis oleh Windows.

4. Menekan Windows Run

Selain cara-cara di atas, kamu juga bisa melakukan perintah untuk me-restart laptop dengan menggunakan Windows Run. Cara ini cukup mudah dan bisa kamu jadikan alternatif apabila berbagai cara lainnya tidak bisa kamu lakukan.

Pertama kamu harus membuka aplikasi Run atau dengan cara menekan tombol keyboard Windows + R. Kemudian tuliskan perintah “shutdown/r” dan tekan OK. Maka laptop akan melakukan restart dengan sendirinya.

Restart Laptop Dengan Cepat
Restart laptop dengan cepat dan aman akan memperpanjang umur laptop yang kamu gunakan. Selain mudah, juga bisa lebih hemat kan?

Jika kamu bertanya-tanya bagaimana ketika me-restart laptop data apakah bisa menghilang? Tenang saja, berbagai data dan dokumen penting kamu tidak akan hilang ketika melakukan cara restart laptop seperti yang dicontohkan di atas.

Dengan cara restart laptop yang tepat, kamu bisa menjaga performa laptop agar tetap optimal dan melanjutkan produktivitas kamu. Silahkan mencoba dan tulis tips lainnya yang kamu ketahui di kolom komentar di bawah ya! Stay smart and sharp! (ANP)

Baca Juga:  Kenapa Filter IG Tidak Muncul? Yuk, Simak 5 Cara Mengatasinya!

Beritahu yang lain
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Anggarda Putra

A long-lost traveler who enjoys a sip of cappuccino every morning.

Anggarda Putra has 106 posts and counting. See all posts by Anggarda Putra

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *