Dengan belajar bahasa menggunakan smartphone, terasa lebih mudahkan?

5 Aplikasi Belajar Bahasa Terbaik 2021 Menurut Google Editor’s Choice!

Beritahu yang lain
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

5 Aplikasi Belajar Bahasa Terbaik Menurut Google Editor’s Choice! – Hai penggiat bahasa di Tanda Koma! Bahasa merupakan alat untuk membuka pintu dunia. Itu yang sering kita dengar dulu hingga sekarang. Dengan terhubung melalui internet, kita bisa berkomunikasi dengan semua orang dari penjuru manapun terlebih ketika kita menguasai bahasa yang mereka gunakan. Yuk simak 5 aplikasi terbaik untuk belajar bahasa yang masuk di nominasi Google Editor’s Choice 2021!

Belajar Bahasa Asing
Belajar bahasa asing memang mengasyikkan kalau punya partner untuk langsung mempraktekkannya.

Dari belajar bahasa asing banyak yang telah mengambil manfaatnya. Dari lini sekolah yang menyerap banyak ilmu pengetahuan baru berbahasa asing, hingga dunia kerja yang mewajibkan kita untuk memahami kolega ataupun relasi bisnis yang menggunakan bahasa asing untuk memulai proyek baru ataupun sekedar menjalin partnership.



Acapkali kesemuanya dimulai dari niat dan kesungguhan untuk memulai. Tak heran, banyak aplikasi yang kini bertebaran di Google Playstore untuk membantu minat banyak user dalam perjalanan mereka berbahasa asing. Yuk simak 5 aplikasi terbaik untuk belajar bahasa asing dan termasuk ke dalam nominasi Editor’s Choice.

1. Memrise

  • Memiliki lebih dari 1.300.000 ++ review di Google Playstore
  • Telah didownload lebih dari 10.000.000 kali

Terlahir di London Timur, aplikasi ini dicetus oleh pemuda pemudi yang mengalami dinamika pertumbuhan di komunitas multikultural dan telah berdiri kurang lebih 6 tahun. Dengan jumlah tim berjumlah 75-an orang (dan terus bertambah!) bahasa yang digunakan dan dipelajari bersama mencapai 26 bahasa! Ke-26 bahasa tersebut tersedia di aplikasi yang bisa kamu unduh dari Google Playstore dan mengikuti kursus yang terpadu secara lengkap dan praktis.

Aplikasi Memrise
Aplikasi Memrise dengan cakupan 24 bahasa asing! (Sumber: Memrise)

Aplikasi Memrise mengajarkan bahasa asing dengan metode bermain game; menjadi mata-mata dan mengalahkan alien dengan menguasai berbagai bahasa asing. Selain itu, metode pengajaran yang terus diulang-ulang akan membantumu mengingat kosakata penting dengan mudah. Tak lupa, aplikasi ini dilengkapi fitur progress dan reminder untuk kembali belajar saat kamu keluar dari aplikasi.

Fitur belajar langsung dari penutur asli (native speaker), penggunaan offline yang bisa membuatmu menjalankan aplikasi tanpa terhubung dengan internet, dan mencoba menjadi pengisi suara (Voice Over) merupakan contoh fitur yang dapat kamu peroleh dari versi berbayarnya. Dengan metode belajar yang unik, orisinil, dan menyenangkan, tidak heran bila Memrise menjadi favorit banyak user.

2. Mondly

  • Memiliki lebih dari 437.000 ++ review di Google Playstore
  • Telah didownload lebih dari 10.000.000 kali
Baca Juga:  Berikut 3 Youtube Anak Mengaji Yang Buat Hati Teduh. Subhanallah..

Diluncurkan oleh ATi studios yang berbasis di Romania, Mondly diluncurkan di tahun 2013 ketika para pencetusnya Alex Iliescu dan Tudor Iliescu melihat kesempatan untuk mengenalkan bahasa asing dengan menggunakan teknologi di masa depan. Dengan kondisi kantor yang dibuat senyaman mungkin plus berbagai fasilitas yang memadai, tim yang disebut “pahlawan super” di balik Mondly berhasil menciptakan aplikasi belajar bahasa asing yang sangat visioner.

Belajar Bahasa Asing Mondly
Dengan Mondly, kamu bisa belajar bahasa asing menggunakan Augmented Reality (AR)! (Sumber: Mondly)

Belajar secara cepat dan praktis bisa kamu dapatkan di aplikasi Mondly dengan cara mendengarkan percakapan dan pembicaraan sehari-hari dari penutur asli (native speaker). Fitur ‘speech recognition’ atau pengenalan suara akan menilai seberapa tepat logat, intonasi, dan pengucapan kata-katamu ketika belajar bahasa asing. Aplikasi ini juga menerapkan metode belajar yang dibagi menjadi beberapa sesi dan disesuaikan dengan kemampuan dan kecepatan belajar masing-masing dari kamu.



Aplikasi ini mengajarkan apa yang harus kamu ucapkan dalam berbagai situasi: memesan kopi di kafe, bertanya arah jalan, hingga meminta pertolongan di saat darurat. Terlebih salah satu fitur yang menarik adalah Augmented Reality yang menggabungkan pengadaan pembicara virtual melalui gawai yang kamu punya.

3. Tandem Language Exchange

  • Memiliki lebih dari 196.231 ++ review di Google Playstore
  • Telah didownload lebih dari 5.000.000 kali

Diluncurkan di Berlin, Jerman, Tandem didirikan oleh 3 sahabat yang memulai perjalanan mereka dengan misi untuk menghubungkan orang-orang dengan tujuan pembelajaran bahasa asing yang sama. Dibantu oleh tim hacker bahasa, mereka meluncurkan aplikasi Tandem Language Exchange di tahun 2015.

Belajar Bahasa Asing Dengan Tandem
Dengan Tandem, kamu akan diketemukan dengan orang-orang yang ingin mempelajari bahasa asing juga! (Sumber: Tandem)

Melalui aplikasi Tandem, kamu bisa belajar bahasa asing dengan berteman serta ngobrol langsung dengan seluruh anggota di seluruh dunia. Itu juga berarti kamu akan bergabung dengan komunitas khusus untuk belajar bahasa asing tersebut; tak lupa terdapat seleksi anggota agar tidak terjadi penyalahgunaan komunitas ya. Di sini kamu juga bisa menyewa pengajar online dengan harga yang relatif murah untuk mendapatkan pelajaran secara privat.



Aplikasi ini membantumu terhubung dengan teman yang juga bertekad belajar bahasa sehingga kamu tidak sendiri. Kamu bisa juga terhubung melalui pesan teks, pesan suara, maupun video dengan mereka. Cukup menarik kan, berteman dan sekaligus belajar bahasa asing?

4. Busuu

  • Memiliki lebih dari 424.083 ++ review di Google Playstore
  • Telah didownload lebih dari 10.000.000 kali

Diambil dari bahasa Busuu yang berasal dari Kamerun yang hampir punah, Busuu didirikan oleh Bernhard Niesner dan Adrian Hilti pada tahun 2008 silam. Dengan kemampuan mereka dan metode pembelajaran yang unik, Busuu mendapatkan pengakuan dunia dengan mempunyai 100 juta user yang tersebar di seluruh dunia.

Baca Juga:  Kepo Dengan Tiktoker? Begini Cara Mencari Akun Tiktok! [DENGAN PANDUAN GAMBAR]

Tak berhenti di situ, mereka juga menjalin kerjasama dengan McGraw-Hill Education di tahun 2015 sehingga kamu bisa mendapatkan sertifikasi resmi untuk penguasaan bahasa yang kamu pelajari.

Belajar Bahasa Asing Dengan Busuu
Dengan Busuu, kamu bisa mendapatkan sertifikasi resmi untuk penguasaan bahasa yang telah kamu pelajari. Wah menarik! (Sumber: Busuu)

Setiap kursus di Busuu dikembangkan dengan menggunakan metode Common European Framework of Reference (CEFR), standar yang telah diakui secara internasional untuk menciptakan pelajaran bahasa asing. CEFR dibagi menjad 6 level dimulai dari Beginner hingga mencapai Fluent. Kursus di Busuu mencakup 4 level pertama dari CEFR yaitu level A1 hingga level B2.



Kurus bahasa English, French, Spanish serta German mencakup tes 4 level yang disertifikasi oleh McGraw-Hill Education. Kamu bisa mengambil tes ini kapanpun meskipun kamu sudah menyelesaikan kursusnya ataupun belum. Tes ini didesain untuk menunjukkan seberapa jauh proses yang kamu dapatkan di setiap level CEFR; level A1, A2, B1 dan B2 dan juga dinilai dari C- to A+.

Setiap menyelesaikan tes, kamu bisa mengunduh dan mencetak sertifikat tersebut dalam format PDF untuk dibagikan di sosial media ataupun digunakan nantinya.

5. Duolingo

  • Memiliki lebih dari 10.642.920 ++ review di Google Playstore
  • Telah didownload lebih dari 100.000.000 kali

Well, yang terakhir ini pasti kamu sudah tahu ya. Diluncurkan ke publik pada Juni 2012, Duolingo memiliki popularitas yang menunjang kualitas pembelajaran yang disediakan oleh aplikasi yang berbasis di Amerika Serikat.

Belajar Bahasa Asing Dengan Duolingo
Sebagai salah satu aplikasi terbesar dan terbaik, Duolingo memilik kemudahan interface untuk mencarik minat kamu belajar bahasa asing. (Sumber: Duolingo)

Dengan aplikasi Duolingo, kamu bisa mempelajari kosakata populer yang digunakan dalam kehidupan sehari-hari melalui interface yang lucu dan menggemaskan. Aplikasi bahasa ini juga mengajarkan all-in-one; belajar bicara, menulis, mendengarkan, dan membaca dalam hanya 1 aplikasi. Tak lupa, sistem hadiah, perkembangan, dan grafik yang menarik akan selalu memotivasimu menyelesaikan tantangan bahasa yang kamu temukan di kursus Duolingo.



Melalui Duolingo, kamu bisa belajar lebih dari 20 bahasa dengan cara yang beraneka ragam dan termasuk sangat mudah serta menyenangkan. Kamu juga bisa mengajak teman atau bahkan keluargamu untuk membuat grup pembelajaran bersama dan berkompetisi satu sama lain melalui permainan di dalam aplikasi yang menarik ini.

Aplikasi Belajar Bahasa
Dengan belajar bahasa menggunakan smartphone, terasa lebih mudahkan?

Sekarang, kamu sudah memilih aplikasi belajar bahasa favoritmu? Jangan lupa untuk belajar bahasa kamu harus selalu mempraktekannya. Terlebih akan sangat mudah jika kamu mempunyai rekan atau partner untuk berkomunikasi setiap hari menggunakan bahasa asing tersebut. Yuk, share pengalaman belajar berbahasa asing kamu di bawah ya! (ANP)


Beritahu yang lain
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Anggarda Putra

A long-lost traveler who enjoys a sip of cappuccino every morning.

Anggarda Putra has 106 posts and counting. See all posts by Anggarda Putra

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *