Lebih dari 70 penghargaan diterima oleh Film Serial Chernobyl. Simak fakta-faktanya ya

5 Fakta Film Chernobyl Yang Harus Kamu Ketahui!

Beritahu yang lain
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

5 Fakta Dari Film Chernobyl Yang Harus Kamu Ketahui! – Hello pembaca Tanda Koma. Banyak dari kalian yang tentunya mengikuti film serial Chernobyl dan terkagum-kagum dengan plotnya yang luar biasa menegangkan. Disamping memenangkan banyak penghargaan yang diberikan ke pemain dan para kru, ternyata film serial Chernobyl ini telah menggugah publik tentang kesadaran tragedi Chernobyl yang sebenarnya.

Banyak pula yang bertanya-tanya, apakah memang benar ini yang terjadi dengan tragedi tersebut? Manakah yang fakta dan fiksi belaka? Yuk kita simak bareng kajian Tanda Koma berikut ini.

Fakta Film Chernobyl
Lebih dari 70 penghargaan diterima oleh Film Serial Chernobyl. Simak fakta-faktanya ya (Sumber: HBO)

1. Reaktor Nuklir Beda Dengan Bom Nuklir

Meskipun sama-sama mengandung kata-kata nuklir, ternyata fungsi dan wujud dari keduanya beda loh! Reaktor nuklir menggunakan fisi untuk pada akhirnya menghasilkan energi listrik yang dihasilkan dari turbin yang memutar dan digerakkan oleh air panas – hasil dari reaksi fisi dari inti reaktor itu sendiri.



Beda dengan bom nuklir, reaksi fisi yang digunakan menghasilkan energi ketika berbenturan dengan atom yang terpecah dan menimbulkan reaksi berantai. Dari prinsip dasar tersebut, reaktor nuklir bisa dibilang tidak akan meledak seperti bom nuklir.

Bagaimana dengan ledakan di film serial Chernobyl? Hmm, tonton sendiri ya filmnya biar gak kesebut spoilernya. Hihi~

Ledakan Nuklir Chernobyl
Bersumber dari manakah ledakan Chernobyl? (Sumber: HBO)

2. Pilot Helikopter Yang Terjatuh Di Kawah Ledakan

Kejadian yang menimpa salah satu rombongan helikopter yang ‘penasaran’ ingin melihat ke dalam kawah sumber ledakan, mengakibatkan kegagalah fungsi mesin karena radiasi dan sang pilot pun menjatuhkan helikopternya dan meledak. Benarkah demikian?

Baca Juga:  Siap-siap, Ini Harga 3 PC Gaming Termahal Sedunia!

Ternyata, seperti dilansir New York Times, ketika waktu kejadian memang benar ada helikopter yang sedang mengitari TKP tapi tidak sampai terjatuh dan meledak. Beberapa laporan juga menyebutkan bahwa beberapa pilot helikopter tersebut sakit karena radiasi yang didapatkan setelah menerbangkan helikopter di area sekitar.

Helikopter Di Chernobyl
Ledakan helikopter di Chernobyl hanya rekayasa, hmm.. efek mendramatisir ya. (Sumber: HBO)

3. Sang Tiga Pahlawan

Tersebut 3 pahlawan yang menyelamatkan Chernobyl dengan menghabiskan tangki air sebelum tersentuh inti yang meleleh di beberapa episode. Ternyata, yang terjadi di lapangan sepertinya tidak sedemikian rupa. Tanki-tanki yang berisi air mayoritas tidak berisi alias kosong dan kemungkinan besar ketika inti yang meleleh berinteraksi dengan air malah bisa membantu mendinginkannya.

3 Pahlawan Chernobyl
Dari beberapa studi yang diterbitkan setelah tragedi, menyebutkan bahwa tersentuhnya inti yang meleleh ternyata malah bisa membantu mendinginkannya. (Sumber: HBO)

4. Para Penambang

Masih ingat dengan adegan ketika para penambang diminta tolong dan mereka menyanggupi dengan berpakaian telanjang? Well, kejadian tersebut memang terjadi. Tapi, sebelum terowongan tersebut bisa difungsikan, inti dari reaktor sudah menjadi dingin terlebih dahulu. Yah, tapi setidaknya kita bisa mendapatkan adegan lucu ya ketika itu diputar.

Para Penambang Chernobyl
Ketika adegan ini tayang, pasti ada yang tertawa kan? Paling gak diantara ketegangan plot kita masih bisa bernafas sejenak ya. (Sumber: HBO)

5. Penyebab Ledakan Chernobyl

Dari sedemikian asumsi dan perdebatan, ternyata memang ada letak kesalahan manusia dari peristiwa yang merenggut tempat tinggal dari 800.000-an pengungsi. Meskipun menurut laporan, tragedi Chernobyl ini hanya memakan 31 nyawa, nyatanya banyak korban yang secara berkelanjutan terdampak dari peristiwa ini.



Ketika di ending film, terlihat bahwa banyak para ilmuwan yang menjadi panutan dan pahlawan kerena dengan ilmu merekalah tragedi ini bisa ditangani dengan baik, banyak juga yang menjadi sorotan terutama dari sisi komunitas ilmuwan Soviet dan sistem politik serta cacat dari desain reaktor RBMK yang didapuk sebagai sumber utama masalah yang seharusnya bisa ditangani lebih cepat atau malah dihindari.

Penyebab Tragedi Chernobyl
Ternyata, memang ada penyebab utama dari meledaknya Chernobyl (Sumber: HBO)

Nah yang sudah penasaran bagaimana ending film atau ingin menonton ulang, bisa kalian akses di HBO atau melihat di saluran TV berlangganan favorit kamu ya. Kira-kira, film bencana mana lagi yang membuat kamu penasaran tentang fakta dan fiksi di lapangan? (ANP)

Baca Juga:  7 Film Dengan Plot Twist Yang Membuat Kesal!

Beritahu yang lain
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Anggarda Putra

A long-lost traveler who enjoys a sip of cappuccino every morning.

Anggarda Putra has 106 posts and counting. See all posts by Anggarda Putra

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *