5 Fitur Kumospace Yang Bikin Zoom Ketinggalan Zaman! Yuk Baca Di Sini Kelebihannya!

5 Fitur Kumospace Yang Bikin Zoom Ketinggalan Zaman! Yuk Baca Di Sini Kelebihannya! – Hai pembaca setia Tanda Koma yang sibuk juggling antara pekerjaan dan rapat! Dengan tipe WFH yang sering menjadi opsi untuk bekerja di kala pandemi, seringkali kamu terjebak antara meeting dan konferensi yang monoton online. Nah sekarang ada opsi yang menarik dan bisa kamu coba untuk menggantikan Zoom. Yuk baca tentang Kumospace di sini!

Kumospace
Ruang meeting yang seru dan penuh interaksi baru! Yuk cobain di Kumospace! (Sumber Gambar: Kumospace.com)

Berbicara tentang Work From Home yang sekarang menjadi tren untuk semua kalangan pekerja akan mengingatkanmu tentang tugas yang harus kamu selesaikan. Ditambah dengan beban pekerjaan yang harus dibawa ke rumah dan kamu pun terpaksa mengerjakannya diluar waktu jam kerja.

Terdengar sangatlah menekan, kan? Mungkin kamu bisa mencoba belajar untuk mengatur waktu dan balancing supaya bisa seimbang antara kerja dan kehidupan personalmu. Pada akhirnya, kalau kamu terlalu menekankan selesainya pekerjaan yang ternyata memakan waktu personal akan membuat kamu menjadi mudah stress.

Ditambah dengan pekerjaan yang selalu membutuhkan meeting yang lama dan monoton. Untuk sekedar mengganti suasana supaya tidak hanya menatap layar dan berbicara dengan serius, kamu bisa mencoba Kumospace yang kini telah dipakai perusahaan-perusahaan besar seperti Tesla, Google, dan lain-lainnya.

Makin penasaran, kan? Seperti apa sih Kumospace itu? Baca terus artikel di bawah ini ya.



Apa Itu Kumospace?

Terlahir dari tren WFH yang sering digencarkan banyak organisasi dan perusahaan manapun dikarenakan pandemi yang menuntut untuk menjaga jarak dan social distancing, performance memang sering diutamakan untuk mengkompensasi tidak adanya ‘kehadiran’ di kantor.

Meskipun terkadang kita bisa bekerja dengan baik di rumah, tapi keharusan untuk menghadiri meeting yang diadakan oleh kantor seringkali memakan waktu lebih banyak dan terkadang juga tidak membuat produktifitas naik.

Dekorasi Kumospace 2
Salah satu interior ruangan virtual di Kumospace. Bisa kamu rubah-rubah sesuai selera nih nantinya. (Sumber Gambar: Kumospace.com)

Kumospace hadir di tengah zoom fever yang dimana kebanyakan orang sudah bosan dengan meeting. Dengan kemampuan kustomisasi yang menarik untuk membuat “ruangan”, kamu sekarang bisa memiliki meeting dengan background yang bisa dipilih dengan tetap mempunyai beberapa fitur menarik.

Tidak untuk mengganti video call, tapi untuk meningkatkan pengalaman tatap muka di video call ataupun online conference yang sering kamu gadang di kala sedang melakukan WFH.

Jadi, bayangkan ketika kamu hadir di ruangan meeting dengan beberapa kolega dari kantor. Kamu masih bisa menghadiri meeting dan ketika bosan, kamu bisa sekedar membuat teh / kopi yang disediakan di meja kantin di sebelah.

Baca Juga:  Cara Hapus Akun Google Ads 2021 Yang Mudah No Ribet, Ikuti Langkah Ini Yuk!

Hal ini juga bisa kamu lakukan di Kumospace. Ketika menghadiri meeting atau sekedar berkonferensi, kamu bisa ‘berjalan-jalan’ layaknya di video game untuk menampilkan kesan immersive dan menyeluruh dari virtualisasi ruang meeting ini. Ketika kamu berjalan menjauh dari Avatar orang yang sedang berbicara, suaranya juga akan semakin terdengar mengecil. Wah, koq bisa?

Penasaran dengan fitur-fitur lainnya, kan? Simak lebih lanjut di bawah dan dijamin kamu akan mempunyai pengalaman meeting dan video call yang berbeda!

Fitur Kumospace

Mencoba untuk merealisasikan pengalaman yang sangat berbeda dan juga menyeimbangkan interaksi virtual dengan pengalaman bermain dan juga berhadap-hadapan dengan lawan bicara selayaknya bertemu secara fisik, layanan Kumospace mempunyai beberapa fitur sebagai berikut:

1. Pengalaman Imersif Dan Kustomisasi

Dengan mengandalkan beberapa pengalaman ketika bermain game online dimana kita bisa berbicara secara online juga dengan teammate, kamu juga bisa mempunyai pengalaman yang serupa ketika sedang bersama rekan kerjamu ataupun teman-teman di ruang Kumospace.

Itu berarti, kamu bisa melakukan banyak hal yang tak terbatas ketika sedang berada di ruang Kumospace ini. Entah itu sedang mendengarkan seseorang, atau sedang mengisi waktu luang jikala bosan dengan add-on menarik di ruang space-mu.



Kustomisasi semenarik mungkin dengan menambahkan meja, kursi, serta interior lainnya. Tak lupa, masukkan juga beberapa permainan yang seru seperti bilyard dan banyak macamnya. Duh seru banget!

2. Mempunyai Layar

Betul, Kumospace juga mempunyai layar yang bisa berfungsi sebagai whiteboard untuk dikerjakan oleh Presenter yang mengisi meeting, ataupun menggunakan layar yang disediakan untuk sharing video Youtube.

Bisa ditonton beramai-ramai dan juga mengajak siapa saja? Bisa jadi gak untuk meeting kerja aja nih, hehhe.

3. Fitur Voice Range Interaktif

Ketika sedang berada di dalam Kumospace, kamu sebagai pembuat ruang pertama kali bisa menentukan setelan voice range yang bisa kamu ubah tergantung kebutuhan. Yang pasti, semakin jauh kamu berada dari orang yang sedang berbicara, semakin juga suara tersebut terdengar.

Jadi kalau mau ngobrol sejenak tentang hal yang sensitif, kamu bisa mengajak orang tersebut untuk memilih pojok ruangan dan ngobrol. Penasaran, kan?

4. Accessibility Setiap Saat

Sangat berbeda dengan Zoom yang wajib untuk mendaftarkan dan diterima oleh host, di Kumospace kamu bisa menyetel untuk membuat ruang yang telah kamu buat di awal kali menjadi open dan available untuk siapa saja dengan tautan (link) dan kapan aja.

Baca Juga:  Terhenti Di Layanan Terblokir? Cek Cara Setting DNS Di Google Chrome Untuk Kemudahan Aksesmu!

Cocok untuk kamu yang ingin sekedar mempunyai keinginan untuk membuka reunian dengan teman-teman, kan? Tinggal buat ruangan kemudian bagikan link tersebut ke teman-temanmu.



5. Gratis!

Betul! Dengan banyaknya fitur yang telah dimiliki dan juga pengalaman yang berbeda dengan meeting virtual pada umumnya, ternyata Kumospace itu bisa diakses dengan gratis!

Fitur paling menarik nih! Bisa dicoba dengan mengundang sampai 1000 orang tanpa biaya apapun alias gratis! (Sumber Gambar: Kumospace.com)

Koq bisa? Menurut pendirinya sih, mereka ingin menyebarkan Kumospace sebagai tempat yang menarik untuk membantu orang ketika WFH dan harus membatasi jarak fisik dengan orang lain. Tapi, tidak menutup kemungkinan kalau sekarang mereka menyediakan fitur berbayar untuk klien enterprise.

Nah kalau kamu sudah mulai tertarik dan ingin mencoba segera, simak lebih lanjut untuk tahu cara mendaftar Kumospace dan menggunakan layanan Kumospace dengan baik. Ikuti panduan gambar berikut ini ya!

Cara Daftar Kumospace

Berikut adalah langkah sederhana untuk mendaftar dan menggunakan Kumospace untuk pertamakalinya.

1. Buka Situs Kumospace

Ketika awal membuka situs Kumospace.com kamu bisa langsung memilih Get Your Space dan lanjutkan dengan memilih opsi untuk sign-up melalui email atau akun sosial mediamu lainnya.

cara daftar Kumospace



2. Lanjutkan Dengan Membuat Ruang

Setelah memilih opsi untuk login, kamu akan langsung dibawa ke halaman profil. Di sini kamu mempunyai opsi untuk membuat ruang atau Space pertamamu. Lanjutkan dengan mengklik Create A Space.

cara daftar Kumospace 2

3. Isi Dengan Detail Ruang

Kamu akan diminta untuk mengisi detail ruang yang sedang kamu buat. Tergantung tujuanmu ya, kamu bisa menggunakannya untuk meeting resmi kantor, atau sekedar berkumpul dengan teman-temanmu di kalan PPKM. Kegunaanya sangat luas sih!

Mempunyai ruang di fitur meeting

4. Setting Video & Mic

Nah sebelum memulai, kamu akan diminta untuk mengakses kamera dan mic sebelum join. Lanjutkan dengan setting yang kamu punya di device apapun baik hape ataupun PC.

Kumospace 5



5. Selamat Datang Di Kumospace!

Selesai! Kamu telah memasuki ruang virtual pertamamu di Kumospace! Di sini kamu akan mempunyai banyak hal yang bisa kamu lakukan loh. Di setiap awal masuk anggota baru, akan terdengar bunyi bel pintu. Seperti punya ruang beneran, kan?

Di sini kamu sebagai host punya kelebihan ketimbang user lainnya. Kamu bisa meng-edit Space mu supaya terlihat lebih akrab. Kamu juga bisa menambah video yang ingin kamu putar, atau kalau kamu bekerja bisa juga menggunakan whiteboard yang sudah disediakan.

Jadi, nunggu apa lagi? Yuk buruan join space sekarang dan rasakan sendiri perbedaannya ya! Share pengalaman kamu mencoba Kumospace di kolom komentar di bawah. Stay safe, and have fun! (ANP)

Anggarda Putra

A long-lost traveler who enjoys a sip of cappuccino every morning.

Anggarda Putra has 111 posts and counting. See all posts by Anggarda Putra

Leave a Reply

Your email address will not be published.