Dengan peraduan langit yang tak terbendung, sunset di Melasti terasa sangat indah nan luas megah.

5 Hal Yang Kamu Perlu Tahu Sebelum Sunset Di Pantai Melasti

5 Hal Yang Kamu Perlu Tahu Sebelum Sunset Di Pantai Melasti – Hai para penikmat senja di Tanda Koma! Kamu yang suka menikmati sebuah lukisan langit ketika malam mulai mengetuk hari dan sejenak merehatkan pikiran dengan beberapa deburan ombak yang menghampiri pikiranmu, pasti mempunyai beberapa spot sunset favorit di Bali kan? Tanda Koma kali ini mencoba melangkah ke sebuah pantai yang sedikit tak umum di daerah Bali Selatan namun memiliki keunikan tersendiri.

Sunset di Pantai Melasti
Dengan peraduan langit yang tak terbendung, sunset di Melasti terasa sangat indah nan luas megah.

1) Lokasi & Parkir

Meski tak seterkenal tetangganya si Pantai Pandawa, Pantai Melasti ternyata menyimpan keindahan tersendiri untuk kamu yang lebih menyukai pantai yang sedikit lebih “sepi” namun penuh dengan fasilitas yang memadai. Berlokasi di sebelah hotel Jumana Bali Ungasan Resort, ikuti arah jalan dan ambil kiri sebelum masuk jalan ke hotel tersebut. Nantinya kamu akan disambut sebuah jalan yang sepanjang kamu menulusurinya akan menemukan dinding batu kapur yang terlihat merupakan galian mesin.

Tiket Masuk Pantai Melasti
Pantai Melasti mempunyai layanan tiket masuk yang sangat praktis, menerima pembayaran digital juga loh!

Setelah membayar tiket masuk, ikuti jalan yang menikuk tajam dan kamu akan langsung disambut dengan horizon lepas dari Samudra Hindia berwarna biru gelap dan langit yang membentang. Jangan ternganga dulu ya, tetap ikuti jalan dan ambil parkiran yang agak masuk melewati gerbang berupa pura hitam karena parkir yang tersedia di sebelah kanan dekat dengan jalan turun itu terlalu jauh dari pantai yang harus kamu tempuh lewat jalan kaki. Apalagi kalau kamu berencana membawa barang-barang untuk menebar tikar dan duduk santai nantinya.

Baca Juga:  Warung Bubble Di Bali Ini Bisa Jadi Solusi Bagi Kalian Yang Protektif Banget Sama Korona



Parkir Pantai Melasti
Sedikit lebih masuk, kamu nantinya bisa parkir tepat di pinggir Pantai Melasti.

2) Warung & Beach Club

Buat kamu yang nantinya merasa jajan di tempat lebih ringkas, ketika sudah memasuki kawasan parkir bisa langsung memilih beberapa warung yang tersedia dan dikelola oleh orang lokal. Ada beberapa pilihan termasuk warung makan dan suvenir yang menawarkan cinderamata dan makanan / minuman dengan harga yang bersahabat.

Warung di Pantai Melasti
Ketika masuk, beberapa warung siap menyambut kamu yang ingin rehat sambil nikmati kelapa muda segar. Hmm

Atau, kalau kamu mau mencari tempat yang lebih chic lengkap dengan hiburan musik full bass dan nuansa kolam renang yang instagrammable, tersedia juga beach club di Pantai Melasti ini. Lokasinya tepat di seberang jalan parkir yang agak masuk dan menuju jalan menukik nantinya akan melihat pintu masuk utama dari beach club Palmilla Bali. Tergantung budget dan apa yang kamu cari nih buat liburan di Pantai Melasti yang terkenal dengan pantai bertabur pepasir lembut nan putih.

Pantai Melasti Yang Gak Ramai
Dengan lokasi yang masih mempunyai potensi keindahan, sepertinya kamu harus menempuh agak jauh ke dalam supaya bisa melihat pesona sunset yang agak jauh dari keramaian.

3) Toilet & Kamar Mandi

Dengan pengelola lokal yang betul-betul memperhatikan kenyamanan pengunjung dalam pelayannya, nampaknya tiket yang kita bayar sangat digunakan dengan bijak. Untuk fasilitas toilet yang pasti dicari oleh banyak orang terutama sehabis mandi di pantai, tersedia dengan lokasi yang bersih dan terawat serta pancuran air tawar yang tentunya bisa kamu gunakan untuk membilas bersih semua pasir yang menempel. Oh iya, toilet-toilet ini tersedia gratis dan menyebar di beberapa spot. Tapi yang bisa kamu pakai bebas dan lebih mudah tercapai adalah toilet di sebelah kanan jalan setelah memasuki gerbang masuk.

Toilet di Pantai Melasti
Lokasi toilet yang disediakan sangatlah memudahkan pengunjung yang ingin berbilas dan menikmati sunset dengan badan kering dan bersih.



Lifeguard Pantai Melasti
Di tengah Pantai Melasti kini berdiri menara Lifeguard untuk menjamin keselamatan para pengunjung. Wah apalagi ketika air surut dan kamu ingin berenang santai, pasti ingin nyebur kan?

4) Spot Foto

Banyak tempat dari Pantai Melasti yang bisa menjadi spot foto yang untuk dan menarik. Terutama buat kamu yang ingin mengabadikan memori dan kenangan berkunjung di pantai berpasir putih ini. Dari awal masuk pantai pastinya kamu sudah menemukan beberapa area yang memang dibangun dan diperuntukkan untuk foto. Mulai dari taman buatan hingga beberapa spot natural yang membentang di pantai ini.

Taman Buatan di Pantai Melasti
Taman buatan di Pantai Melasti ini menjadi sasaran empuk untuk foto unik loh! Jadi gak cuman foto sunset di Pantai Melasti saja ya.



Tanda Pantai Melasti
Lokasi parkir pertama yang sangat luas dan dilengkapi ukiran nama pantai menjadi spot foto tersendiri yang menarik buat para pelancong nih.

5) Pantai dan Senja

Setelah berkeliling, tentunya kamu ingin menemukan sebuah lokasi yang pas untuk menebar tikar atau alas kain untuk duduk sebelum senja. Menjadi sebuah ciri khas dari pantai ini, adalah "ukiran" di dinding batu kapurnya yang menandakan Pantai Melasti ini dulunya tidak seluas sekarang dan diperlebar dan dikelola lebuh lanjut.

Ukiran Pantai Melasti
Tersebar di sepanjang jalan, bekas galian yang menjadi ciri khas Pantai Melasti.

Lebih tepatnya, kalau ingin mendapatkan lokasi yang santai dan jauh dari keramaian coba parkir kendaraan agak jauh di barat dan dilanjutkan dengan jalan kaki. Karena semakin menuju arah yang sukar ditelusuri pastinya membuat hanya beberapa orang yang mau untuk duduk di sini.

Sebelum Ujung Pantai Melasti
Sedikit sebelum ujung, dinding batu kapur semakin menjadi keunikan tersendiri. Sudah membawa bekal sunset kamu belum?

Begitu selesai membentangkan alas kain, tak lupa kamu harus menyiapkan diri untuk berbasah kuyup. Kenapa? Karena area berenang di sini sangatlah ramah dan banyak terdapat lagoon kecil dengan kedalaman air yang cetek - cocok buat kamu yang hanya ingin berendam santai ketika air surut tepat sebelum sunset di pantai Melasti.



Pantai Melasti Berenang
Dengan kondisi pantai yang mendatar hingga beberapa puluh meter ke dalam laut, kamu bisa menikmati senja dengan bermain air di salah satu lagoon atau berenang di pantainya sendiri.
Sunset di Pantai Melasti
Ketika sudah saatnya, senja bakal menyambut kamu dari kejauhan. Tak lupa, gelap malam juga akan menanti setelahnya.

Kalau sudah menikmati senja, apa yang paling sering melintas di benakmu? Apa keindahannya yang sangat mempesona? Ataukah kenangan yang kembali terulang di tiap detik kamu menikmati lukisan langit yang maha indah? (ANP)

Anggarda Putra

A long-lost traveler who enjoys a sip of cappuccino every morning.

Anggarda Putra has 118 posts and counting. See all posts by Anggarda Putra

One thought on “5 Hal Yang Kamu Perlu Tahu Sebelum Sunset Di Pantai Melasti

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *