7 Cara Merawat MacBook Air/Pro Supaya Awet Digunakan!

Beritahu yang lain
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

7 Cara Merawat MacBook Air/Pro Supaya Awet Digunakan! – Hai pembaca setia Tanda Koma yang lagi cari cara buat ngerawat Macbooknya dengan mudah dan dapat dilakukan di rumah. Banyak orang menganggap bahwa dengan memilih memiliki MacBook yang terbayang adalah perawatannya pasti makan biaya banyak nih. Tapi ternyata ada yang bisa kamu lakukan sendiri di rumah. Penasaran? Yuk baca terus di bawah!

Apple Macbook Air 2020
Apple Macbook Air 2020 yang memang terkenal dengan desain elegan dan performa yang apik.

Kekhawatiran yang suka muncul ketika ingin merawat tersebut entah karena harga servis mahal atau sparepart yang susah, sebetulnya bisa aja cuma perasaan kamu aja lho. Karena cara merawat MacBook sebetulnya bisa kamu lakukan dengan mudah dan murah. Ada banyak cara, namun kamu perlu banget tips dan trik yang tepat dan bisa membantu kamu dalam merawat MacBook.

Mengenal Kelebihan Dan Kekurangan MacBook Apple

Nah, sebelum bahas cara merawat MacBook, sebaiknya kita harus tahu dong ya kelebihan dan kekurangan dari produk besutan Apple yang satu ini. Katanya tak kenal maka tak sayang, maka kita kenali dulu kelebihan dan kekurangan dari MacBook.

Cara Merawat MacBook
MacBook dengan logo Apple yang menjadi ciri khas.



Kelebihan Dari MacBook:

  • Daya tahan mesin yang kuat

Memang harga tak pernah mengkhianati kualitas ya, sama halnya dengan produk-produk dari Apple seperti MacBook ini. MacBook memiliki mesin dengan daya tahan kuat dibandingkan dengan kompetitor lain.

  • Sistem keamanan operasi yang baik

Jika dibandingkan dengan produk seperti windows, produk MacBook lebih kuat tingkat keamanannya dan juga tidak perlu lagi memasang software antivirus tambahan. Sehingga space memori terjaga baik serta sangat minim terkena gangguan dari luar.

  • Design yang elegan dan keren

Siapa sih yang gak bakal tertarik dengan produk-produk Apple, terutama MacBook yang memiliki design elegan, simple dan keren. Walaupun ada pepatah mengatakan dont judge book by its cover, namun kalau perihal teknologi tentu aja banyak orang melihat tampilannya dulu.



  • Hardware dengan kualitas tinggi

Saat menggunakan MacBook kita akan dibuat nyaman karena MacBook dibekali oleh hardware dengan kualitas tinggi, diantaranya dalam penggunaan trackpad, keyboard hingga sound yang jernih yang jauh lebih unggul dibandingkan dengan produk lain.

Kekurangan Dari MacBook:

  • Cepat panas
Baca Juga:  Cara Buat Facebook Page Dalam 10 Menit. Cepat Dan Ringkas, Guys!

Jika kalian sering menggunakan MacBook dengan aktifitas yang berat seperti edit video, streaming, render 3d dan lain sebagainya, MacBook akan cepat panas dan hal ini tentu aja sangat mengganggu ya. Solusinya bisa dengan meminimalisir panas dengan aksesoris tambahan.

  • Dukungan pada Software dan game kurang

Buat kamu yang pecinta game, jangan berharap banyak ya dari MacBook. Karena dukungan pada software dan game memang langka atau kurang di MacBook. Hal ini dikarenakan biaya dan sistem operasi belum tentu bisa berjalan pada Mac OS.

Studio Creator Facebook
Kemudahan dan kelancaran performa MacBook seringkali menjadi acuan untuk Content Creator memakai produk ini dalam pekerjaannya.
  • Repair terbilang mahal

Kita harus tahu, jika mempunyai produk besutan Apple seperti MacBook ini maka kita harus siap dengan resiko jika terjadi kerusakan, karena biaya perbaikan memang terbilang cukup mahal ya. Misalnya aja terjadi kerusakan pada layar atau keyboard Mac kamu, maka biaya perbaikan pun akan mencapai jutaan rupiah.

7 Cara Merawat MacBook yang Tepat

Berikut ini adalah 7 cara merawat MacBook terbaik yang Tanda Koma rangkum untuk kamu, diantaranya sebagai berikut:

  1. Hindari penggunaan di atas kasur

Hayo, siapa yang sering melakukan kebiasaan laptop-an di atas kasur? Pasti banyak ya, karena hal tersebut memang bikin mager atau malas gerak, apalagi jika lagi ngerjain deadline kerjaan ya kan.

Langkah awal yang bisa kamu lakukan untuk merawat Mac kamu adalah dengan menghindari penggunaan di atas kasur ya. Karena seperti yang sudah disebutkan di atas bahwa MacBook cepat panas, maka saat menggunakannya di atas kasur maka sirkulasi udara dari Mac akan tertutup dan membuatnya semakin panas dan membuatnya cepat rusak.

  1. Bersihkan secara berkala

Jangan males bersihin MacBook ya! Biar penggunaan Mac kamu bisa tahan lama atau awet, sebaiknya dibersihkan secara berkala untuk menghindari debu yang menumpuk di dalam mesin. Kamu bisa aja gunain jasa pembersih yang cukup terjangkau, kisaran Rp 100.000 hingga Rp 200.000.

Dibandingkan dengan kerusakan akibat jarang dibersihkan, membersihkan secara berkala cukup terjangkau dan bisa membuat Mac kamu awet untuk digunakan jangka panjang.



  1. Membersihkan layar dengan kain lembut
Baca Juga:  Cara Hapus Gmail Permanen Dengan Mudah Dan Cepat Di 2021!

Kamu bisa lakukan pembersihan layar pada Mac kamu dengan mudah, yaitu dengan menggunakan kain atau tisu lembut yang sudah dibasahi sedikit agar lembab kemudian usapkan perlahan.

Pastikan kain atau tisu hanya lembab saja ya, hindari terlalu basah karena bisa merugikan layar. Lakukan hal tersebut minimal 1 minggu sekali dalam menjaga bagian layar dan luar dari Mac kamu tetap terjaga kebersihannya dari debu.

  1. Memperhatikan kondisi peletakan Mac

Kamu perlu banget lho memperhatikan saat meletakan MacBook kamu. Pastikan kamu menaruhnya di tempat yang aman. Karena jika kamu menempatkannya di tempat yang rawan maka sangat mungkin terbentur atau terkena air. Hal ini salah satu hal penting yang bisa kamu lakukan dalam merawat MacBook agar tetap awet dan aman digunakan.

  1. Gunakan aplikasi tambahan

Dalam cara merawat MacBook kamu ini, kamu perlu untuk menambahkan aplikasi ke dalam MacBookmu untuk membantu perawatan. Yaitu dengan menambahkan aplikasi yang bisa membantumu dalam memonitor seperti baterai, kipas pendingin dan pembersih Mac.

Menginstall aplikasi tambahan juga bisa jadi cara loh untuk memperpanjang umur Mac-mu.



  1. Menjaga kesehatan baterai MacBook

Banyak orang lalai akan hal yang satu ini, yakni menjaga kesehatan baterai. Masih ada yang suka lupa buat ngecharge atau cabut charge. Jadi yang perlu kamu hindari agar kesehatan baterai Mac kamu terjaga adalah jangan sampai baterai habis dan hindari juga overcharge.

Sebaiknya isi bateraimu jika sudah menunjukan angka 20% – 30%. Hindari overcharge, jadi jika sudah 100% maka sebaiknya cepat dilepaskan chargenya. Menjaga kesehatan baterai menjadi langkah penting dalam merawat Mac kamu tetap prima dan tahan lama.

  1. Istirahatkan MacBook dengan baik

Maksud dari mengistirahatkan MacBook dengan baik di sini adalah berikan jeda istirahat pada MacBook kamu meskipun perangkat Mac kamu bisa digunakan seharian full. Namun komponen pada perangkat Mac tentu aja punya batas waktu penggunaan ya guys!

Pastikan agar Mac kamu tidak terlalu panas dan juga tidak over penggunaan, maka bisa kamu beri jeda untuk mengistirahatkannya. Hal ini tentu menjadi cara merawat MacBook kamu supaya awet untuk digunakan. Semoga Mac-mu awet dan tahan lama, temans! (MEL)


Beritahu yang lain
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Melina

Penikmat dongeng dan jendela.

Melina has 23 posts and counting. See all posts by Melina

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *