Laptop bersih dan awat lama, bisa menemani kamu sampai minimal 3 tahun loh.

7 Tips Merawat Laptop Supaya Awet &Tahan Lama. Yuk Baca Sebelum Membeli!

Beritahu yang lain
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

7 Tips Merawat Laptop Supaya Awet &Tahan Lama. Yuk Baca Sebelum Membeli! – Hai penggiat teknologi di Tanda Koma! Laptop telah menjadi kebutuhan sehari-hari yang berfungsi sangat baik untuk memudahkan pekerjaan kita maupun rutinitas santai di waktu lenggang. Tapi tahukah kamu beberapa tips untuk merawat laptop kesayanganmu bisa awet dan tahan lama? Yuk simak berikut ini.

tips merawat laptop
Laptop yang nyaman dipakai, bisa membuat kita mengerjakan apapun dengan posisi paling pewe banget!

Jaman sekarang yang membuat kita harus selalu terkoneksi dengan pekerjaan ataupun kebutuhan sosial sehari-hari pastinya berdampak ke penggunaan teknologi yang intens. Selain hape, salah satu gawai yang selalu kita pakai adalah laptop. Dengan berbagai macam upgrade dan fitur yang ditambah ke laptop-laptop beberapa tahun berakhir, kesemuanya mempunyai kesamaan. Penggunaan berlebihan jika tidak dirawat akan membuat cepat rusak.

Berikut adalah 7 tips merawat laptop yang bisa kamu terapkan sehari-hari untuk membuat usia laptopmu bisa panjang umur dan sanggup menemanimu mengerjakan tugas dan kerja ataupun nantinya digunakan untuk bersantai.

Alasi Laptop

Keseringan memakai laptop dengan menggunakan bantal, karpet, ataupun kasur akan membuat bagian bawah laptop terasa lebih cepat panas. Itu karena bahan-bahan empuk seperti di atas biasanya membuat panas yang dikeluarkan oleh laptop menjadi tertahan lebih lama.

laptop di kasur
Sering menggunakan laptop di atas kasur? Berhati-hati dengan panasnya ya!

Ada baiknya jika kamu menggunakan laptop, alasi dengan menggunakan sesuatu yang keras seperti meja ataupun buku yang tebal kalau kamu menggunakannya di atas kasur. Panas yang dikeluarkan akan langsung terdistribusikan ke bagian luar laptop dan tidak tertahan.

Dengan demikian, suhu di bagian dalam laptop akan terjaga stabil dan membuat setiap komponen bekerja dengan lebih baik. Kalau kamu punya budget lebih, mungkin bisa mengecek beberapa alas laptop yang menghantarkan panas dengan baik dan membuat kamu nyaman ketika menggunakannya di posisi apapun. Cek di bawah ini ya.

Matikan Laptop

Kebiasaan buruk lainnya yang mungkin kamu kerjakan dan tidak tahu akan berakibat buruk ke durability laptop kamu adalah tidak mematikan laptop. Ketika selesai menggunakan laptop, kebanyakan langsung menutup laptop tanpa tahu ketika dalam posisi sleep ataupun ketika layar tertutup bisa saja beberapa komponen laptop kamu masih menyala.

Baca Juga:  Cara Memperbaiki File Corrupt Di Android. 3 Aplikasi Ini Akan Membantumu, Gan!



Ketika masih menyala diam-diam, bisa jadi bateri akan dipaksa untuk selalu bekerja dan menggunakan daya. Software yang masih menyala dan operating juga bisa membuat beberapa komponen laptop melepaskan panas yang kamu tidak ketahui.

Jauhkan Dari Air / Kelembapan

Kebanyakan komponen elektrik membutuhkan kondisi yang stabil dan kering untuk berfungsi dengan baik. Itulah kenapa laptop dibuat dengan menggunakan desain airflow yang memungkinkan untuk pendinginan bagian dalam laptop serta menghindari kelembapan yang tersimpan.

Itu karena kelembapan bisa merusak beberapa bahan kimia dari komponen yang dipakai dan juga menumbuhkan jamur atau bahkan membuat korslet yang mengakibatkan pendeknya usia laptop.

tugas kuliah di laptop
Seringkali kita menggunakan laptop dengan membawa makanan atau minuman. Berhati-hati supaya gak tumpah ya.

Pemakaian Bateri

Setiap laptop modern kini menggunakan batere dengan berbagai macam bahan utama. Kesemuanya mampu menahan daya untuk digunakan laptop ketika sedang tidak terhubung dengan listrik.

Meskipun beberapa batere digadang bisa bertahan lama, tapi sebenarnya kebiasaan menggunakan yang buruk akan memperpendek usia batere tersebut. Salah satunya adalah dengan mencolokkan laptop ke steker listrik tapi digunakan sekaligus. Itu akan menyebabkan arus yang masuk dan seharusnya tersimpan di batere, malah digunakan langsung oleh laptop. Batere pun bisa terkuras dan mengalami penurunan daya penyimpanan.

tips merawat laptop 2
Ketika menonton film di waktu yang panjang, ada baiknya untuk tidak menggunakan batere tapi langsung dicolok ke steker.

Melepas batere untuk kemudian dipake langsung dengan kabel ke steker bisa memperpanjang umur batere. Tips lainnya adalah langsung mengecas batere ketika mencapai 20% dan tidak menunggu drop.

Awas Guncangan

Saking banyaknya komponen yang dimasukkan secara teliti dan menggunakan desain ergonomis di dalam ruangan yang kecil, itu membuat kebanyakan laptop menjadi rawan guncangan. Sekali guncangan terjadi, bisa jadi ada komponen yang patah ataupun misplaced dan membuat laptop tidak berfungsi.

tas laptop
Penggunaan tas laptop yang baik akan mengamankan laptop dari goncangan berlebihan yang berpotensi merusak.

Pastikan tas laptop yang kamu punya mempunyai bantalan spons dan kedap air untuk melindungi laptop kesayanganmu dari goncangan dan juga kondisi lembab ataupun basah ketika bepergian.

Baca Juga:  Cara Membuat Akun Gmail Pribadi Yang Ringkas & Mudah? Bisa Langsung Praktek, Nih!

Cek beberapa pilihan tas laptop yang menarik dan sesuai budget-mu di sini.

Rajin Dibersihkan

Ketika menggunakan laptop di waktu senggang, pastinya kita bisa menikmati film yang panjang dan menarik ataupun sambil bermain game favorit. Tentunya momen seperti itu lebih lengkap jika ditemani snack untuk ngemil. Tapi berhati-hati dengan beberapa rempahan makanan yang bisa jatuh dan terselip di sela-sela keyboard ataupun port.

laptop kerja
Laptop yang bersih terawat pastinya bisa naekin mood kamu buat produktif nih.



Cara membersihkannya juga cukup mudah. Kamu bisa menggunakan lilin malam atau sikat kecil untuk membersihkan sisi keyboard. Sedangkan bagian layar yang berminyak bisa dibersihkan dengan cairan khusus dan diusap. Cukup mudah kan?

Jaga Layar LCD

Layar LCD adalah salah satu komponen yang sangat penting mengingat fungsinya untuk menampilkan hasil komputasi apapun dari dalam internal laptop. Selain harganya yang mahal jika kamu musti meng-service, terkadang kerentanan layar LCD juga membuat kamu mudah berganti laptop jika sudah terlampau kotor dan rusak.

Untuk menjaganya, selain dibersihkan kamu juga harus memastikan tidak ada benda apapun yang bisa saja keselip ketika melipat laptop mu dan memasukkannya di tas atau lemari.

laptop bersih
Laptop bersih dan awat lama, bisa menemani kamu sampai minimal 3 tahun loh.

Jadi, sudah tau kan cara dan tips merawat laptop dengan baik? Kira-kira laptopmu sudah menemanimu seberapa lama? Kalau kamu punya tips lainnya share di kolom komentar ya. Laptop yang baik, adalah investasi guys! (ANP)


Beritahu yang lain
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Anggarda Putra

A long-lost traveler who enjoys a sip of cappuccino every morning.

Anggarda Putra has 103 posts and counting. See all posts by Anggarda Putra

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *