Air Terjun Di Bali Yang Instagrammable? Cek Top 10 Bali Waterfall Berikut Ini!

Beritahu yang lain
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Air Terjun Di Bali Yang Instagrammable? Cek Top 10 Bali Waterfall Berikut Ini! – Hai pembaca setia Tanda Koma yang mau berpetualang di Bali! Berkelana di pedalaman Bali pastinya membawa sebuah kesan terputus dari kehidupan bingar di kota yang ingin kita tinggalkan sejenak. Yuk simak top 5 air terjun di Bali yang musti kamu kunjungi karena keindahan alam yang satu ini beneran instagrammable!

Air Terjun di Bali Instagrammable
Air terjun di Bali itu gabungan paling seru antara trekking di jalur hijau dan pesona air di akhir perjalananmu! (Sumber Foto: Instagram @mochilamonkeys)

Kalau kamu tahu Bali hanya pantai dan hotel yang menarik, pastinya kamu sudah tertinggal jauh! Banyak pesona alam dari Bali yang belum tergali, terutama di daerah Denpasar sebelah Utara dan makin kamu pergi ke Utara makin kamu menghindar dari keramaian untuk memulai petualangan seru.

Terlepas dari banyak pesona air terjun di Bali yang sudah kamu ketahui dari beberapa foto selebgram favoritmu, Tanda Koma kali ini akan memberikan 10 air terjun di Bali yang menjadi favorit untuk mengambil foto instagram yang super epic! Yuk simak daftar berikut:

1. Sekumpul Waterfall – Buleleng

Sudah tidak asing di telinga traveler, air terjun yang satu ini mempunyai reputasi yang menarik. Itu karena, di lokasi yang sama tidak hanya terdapat satu air terjun tapi ada 7 air terjun! Sesuai dengan namanya, sekumpul = satu rombongan berkumpul, di lokasi ini kamu akan menemukan air terjun yang berketinggian kurang lebih 50 meteran.

Tapi pastikan, dengan lokasi yang sedikit menantang dengan bebatuan yang licin dan trekking menembus area yang lebat, kamu harus menyiapkan guide ataupun bawa teman yang sudah pernah ke sini supaya lebih mudah untuk mencapai air terjun yang indah semampai ini.

Sekumpul Waterfall di Bali
Pesona air terjun yang menjulang dengan keindahan alami hutan di sekitarnya menambah sensasi petualanganmu! (Sumber Foto: Instagram @sutarahady)

2. Leke Leke Waterfall – Baturiti

Terletak di daerah Tabanan, air terjun yang satu ini mempunyai akses yang lebih mudah ketimbang beberapa air terjun lainnya. Hanya beberapa menit untuk trekking dan kamu bisa menikmati curahan air yang terjun bebas dari 20-an meter.



Di sekitar air terjun ini juga sudah dikembangkan sedemikian rupa untuk mengakomodir traveler. Kamu bisa menemukan cafe ataupun tempat makan dengan banyak pilihan sebelum kamu masuk ke area. Tak lupa, ada beberapa tambahan swing atau ayunan yang bisa kamu nikmatin sebelum mencapai air terjun atau sesudahnya.

Leke Leke Waterfall di Bali
Keindahan air terjun ini bisa kamu nikmati ketika pagi hari dan masih sedikit yang berkunjung. (Sumber Foto: Instagram @__vaily__ & @sebastiansavoyslife)

3. Kanto Lampo Waterfall – Gianyar

Konon baru tercipta di beberapa tahun terakhir, air terjun Kanto Lampo memilik daya magis tersendiri untuk memikatmu. Selain air terjun yang merupakan percikan air terjun kecil-kecil dari atas bukit, kamu juga akan menemukan beberapa spot foto yang menarik di pesona alam yang bisa digapai dari Gianyar ini.

Kanto Lampo Waterfall di Bali
Air terjun Kanto Lampo tidak memiliki satu curah air tapi beberapa yang terbagi ke puluhan air terjun mini. (Sumber Foto: Instagram @khamusya)

Terdapat beberapa ukiran unik di jalan setapak yang harus kamu lewati untuk menuju ke lokasi air terjun. Juga, berjalan menyusuri sungai akan membuatmu menemukan beberapa keindahan lainnya seperti sungai yang terhiasi dengan bebatuan besar. Cocok buat kamu yang ingin mengambil spot sedikit lebih sepi tapi tetap instagrammable.

Sungai di Kanto Lampo Waterfall
Menyusuru sungai tempat air terjun Kanto Lampo mengalir untuk menemukan spot yang asyik! (Sumber Foto: Instagram @galuhpandu)

4. Sumampan Waterfall – Gianyar

Masih di daerah Gianyar, air terjun Sumampan mempunyai akses yang relatif mudah. Hanya berjalan sekitaran 400-an meter melalui sawah dan tangga buatan untuk mencapai anak sungainya, kamu akan menemukan air terjun yang sangat unik ini. Meskipun tidak terlalu tinggi, air terjun Sumampan mempunyai beberapa kolam natural yang bisa kamu gunakan untuk berendam di sekitaran jatuhan air.

Baca Juga:  Test Antigen Di Bandara Juanda Surabaya. Panduan Gambar Dan Harga [UPDATE 2021]!



Meskipun terkadang tidak ada yang menjaga untuk menarik biaya masuk kalau lagi sepi, tapi siapin juga beberapa donasi untuk desa ketika main ke sini ya!

Sumampan Waterfall di Bali
Sumampan Waterfall sering menjadi tempat untuk paling nyaman berendam bersama teman-teman, apalagi kondisi yang masih terbilang sepi. (Sumber Foto: Instagram @dikyalf)

5. Tukad Cepung Waterfall – Bangli

Berlokasi di Bangli, air terjun di Bali yang satu ini mempunyai keunikan tersendiri. Dengan pesona dinding batu yang menutupi sungai tersembunyi, kamu akan menemukan secercah cahaya dari sela-sela dinding batu dari atas dan menemukan air terjun yang merupakan curahan sungai yang mengalir dari atas.

Tukang Cepung Waterfall di Bali
Tukad Cepung, taukah kamu kalau Tukad berarti sungai di bahasa Bali? (Sumber Foto: Instagram @explorerssaurus_)

Masih tergolong air terjun yang belum banyak diketahui, berhati-hatilah ketika menuju tempat ini ya. Pastikan kondisi air dari sungai terlihat aman untuk dilalui karena curahan air dari atas bisa tiba-tiba datang mendadak. Kalau sudah melakukan pengecekan, lanjutkan petualanganmu dan ambil foto yang paling seru!

Trekking ke Tukad Cepung Waterfall
Trekking ke Tukad Cepung Waterfall akan membawamu ke sensasi penemuan pesona alam yang memukau, seperti serpihan cahaya matahari dari balik bebatuan. (Sumber Foto: Instagram @_trifrm)

6. Gitgit Waterfall – Sukasada

Sebagai jawaban untuk kamu yang suka berpetualang dan mau tantangan, Gitgit Waterfall akan membawamu ke impian terbesarmu. Terletak di Sukasada dan masih di area Sekumpul (agak jauhan dikit, hehhe), air terjun di Bali yang satu ini mempunyai ketinggian hampir 60 meter dan dikelilingi oleh hutan tropis yang lebat!

Gitgit Waterfall di Bali
Dengan keindahan hutan di sekitar, Gitgit Waterfall mempunyai keindahan yang air terjun yang kontras di tengah rimbunnya pepohonan. (Sumber Foto: Instagram @sallyhadin)

Masih di area yang sama, kamu akan menemukan atraksi seperti turun tebing, swing, dan juga kolam natural untuk sekedar bersantai. Pastinya kamu tidak akan bosan untuk berpetualang di Gitgit Waterfall dengan teman-temanmu karena menghabiskan waktu di sini tidak cukup kalau hanyar sekedar 2 / 3 jam!



Gitgit Waterfall and Pond
Gitgit Waterfall itu tempat paling favorit buat kamu yang suka adventure dan gak mau tinggal diam. Hehhe (Sumber Foto: Instagram @markwumitchell)

7. Tegunungan Waterfall – Gianyar

Berbeda dari kebanyakan air terjun, Tegunungan Waterfall mempunyai panorama sawah dan sungai yang pastinya tidak akan terasa sukar untuk mencapai tempat ini. Terlebih ketika air terjun ini memiliki kolam yang lebih luas dan sedikit dalam, kamu gak akan sabar buat masuk langsung ke kolamnya!

Tegunungan Waterfall
Tegunungan Waterfall di Gianyar mempunyai kolam yang relatif lebih luas. Siapkan baju renangmu karena berenang di sini sungguh menyegarkan! (Sumber Foto: Instagram @anastasenok)

8. Aling-aling Waterfall – Buleleng

Terletak di daerah Bali Utara yang cukup jauh dari keramaian, Aling-aling Waterfall atau yang disebut sebagai air terjun kembar mempunyai ciri khas yaitu curahan air yang terbagi dua – sehingga dibilang kembar. Meskipun begitu, si air terjun kembar ini mempunyai 2 arus yang berbeda. Yang tercepat akan membuat pemandangan air terjun setinggi 35 meter ini menjadi mendebarkan, tapi di sisi sebelahnya mengalir lamban pun masih berjatuhan.

Aling Aling Waterfall Air Terjun di Bali
Aling-Aling Waterfall, cukup memberikan kamu keindahan dari dua air terjun yang mempunyai kecepatan yang berbeda satu sama lain. (Sumber Foto: Instagram @dedik_prawira)

Kalau kamu mengikuti arus dari air terjun ini, ada kolam yang menjadi daya tarik favorit tersendiri karena mempunyai perosotan natural dari batu yang cukup licin sehingga dipakai oleh banyak pengunjung untuk meluncur dan bermain air seru!

Baca Juga:  Promo Pochajjang Alias Makan Korean BBQ Sepuasnya Hanya Dengan 99,000 Rupiah!



Kolam Air Perusutan
Kolam air perosotan dari bebatuan yang cukup menggiurkan. Mau dicoba? (Sumber Foto: Instagram @the_essentialist_)

9. Goa Raja Waterfall – Bangli

Baru terekspos akhir-akhir ini, Goa Raja Waterfall sebenarnya masih bisa dicapai dari Tukad Cepung dengan jarak kurang lebih 45 menitan. Menjadi daya tarik tersendiri adalah dinding bebatuan yang tertutup lumut lebat dan air terjun kecil yang bergemericik dari atas tepat dengan suasana persawahan khas dari Bali.

Goa Raja Waterfall
Goa Raja Waterfall, masih sangat sepi loh. Dengan keindahannya kamu bisa menemukan diri kamu sendiri dibalik pesona air terjun yang satu ini. (Sumber Foto: theworldtravelguy)

Meskipun aliran airnya tidak deras, setidaknya kamu bisa bersantai dengan kolam natural yang terbentuk dari sisi luaran ‘goa’ air terjun Goa Raja ini. Pastikan juga kamu membawa baju ganti dan ingat masih belum ada fasilitas yang memadai ya di sini.

Goa Raja Waterfall dengan kolam
Kolam kecil berair jernih di Goa Raja Waterfall – cus berendam dan menyegarkan pikiranmu dari hingar bingar kota! (Sumber Foto: Instagram @soesantowawan)

10. Bunutin Waterfall – Kintamani

Nah masih dalam explorasi untuk yang belum banyak diketahui, air terjun di Bali yang satu ini benar-benar tersembunyi loh. Belum terdaftar di peta juga! Untuk mencapai ke sini kamu masih harus bertanya ke orang sekitar, dan untuk kerepotan yang sedemikian itu pastinya terbayar dengan keindahan air terjun yang belum terjamah!



Bunutin Waterfall
Air terjun yang ini belum masuk radar instagram, hehhe. Pastikan kamu menjaga keasriannya ya! (Sumber Foto: Instagram @made_bonc)

Yang Musti Kamu Persiapkan

Mengingat perjalanan yang baik adalah perjalanan yang memberikan pengalaman seru dan juga aman serta nyaman, pastikan ketika kamu berkunjung ke air terjun di atas selalu melihat dan mematuhi peraturan yang tertera dari penduduk lokal ya. Itu karena untuk mengunjungi tempat-tempat tersebut terkadang kamu harus melakukan trekking atau melalui jalan yang berbatu, licin, dan pastinya lembab.

Selalu sedia P3K dan juga persiapan bekal makanan yang cukup, jangan meninggalkan sampah karena kita gak mau berkontribusi ke kotornya lingkungan yang sangat kita cintai ini bukan?

Kalau kamu merasa sudah siap dan ingin berangkat, jangan lupa nanti share pengalaman kamu berkunjung di kolom komentar di bawah dan bagi tips seru yang kamu dapati ketika berpetualang di air terjun di Bali. Stay safe and have fun! (ANP)


Beritahu yang lain
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Anggarda Putra

A long-lost traveler who enjoys a sip of cappuccino every morning.

Anggarda Putra has 106 posts and counting. See all posts by Anggarda Putra

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *