Belajar SEO Youtube? Tonton 5 Video Ini Untuk Memulai!

Beritahu yang lain
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Belajar SEO Youtube? Tonton 5 Video Ini Untuk Memulai! – Hai penggiat digital di Tanda Koma! Di era digital ini, kurang rasanya jika hanya bertindak sebagai konsumen dan hanya duduk di kursi penonton dimana setiap orang bebas melakukan apa yang dikehendaki dan dimau. Terlebih jika apa yang bisa dilakukan itu ternyata bisa menghasilkan uang. Mau menjadi Vlogger jalan-jalan? Atau membuat review produk? Unggah semua videomu di Youtube dan berharap mendapatkan uang dari Adsense sepertinya terasa kurang jika tidak tahu prinsip kerjanya. Simak urutan tutorial yang sudah dikemas Tanda Koma berikut ini!

Jumlah View Youtube
Menarik atensi dari penonton bisa berimbang ke jumlah iklan yang ditayang. Semakin viral semakin banyak uang?

Apa Itu SEO

SEO sendiri merupakan singkatan dari Search Engine Optimization yang merupakan optimisasi yang dilakukan untuk memaksimalkan mesin pencari sehingga produk yang kita jual ataupun jasa yang kita tawarkan bersinergis dengan mesin pencari seperti Google, Bing, dll. Optimisasi tersebut juga berarti nantinya jika seseorang melakukan pencarian terhadap keywords (kata kunci) tertentu nantinya produk atau jasa kita lah yang ditawarkan oleh mesin pencari tersebut di peringkat paling atas.

Dari hal itu sendiri, menunjukkan sebuah upaya yang dilakukan dengan mengenal cara kerja Search Engine dengan baik sebelum memulai melakukan trik jitu untuk menarik Search Engine supaya menampilkan produk / jasa yang kita tawarkan.



Di era digital sekarang, SEO tidak hanya dioptimasisasi untuk berjualan. Ada banyak yang menggunakan SEO untuk eksposur sehingga membuat sebuah konten yang paling banyak dilihat orang apalagi video.

Youtube sebagai salah satu platform hiburan terbesar untuk menikmati video-video yang diunggah, juga mempunyai search engine tersendiri yang harus diketahui cara kerjanya jika ingin menggunakan platform ini untuk memberikan eksposur ataupun meningkatkan brand awareness terhadap produk ataupun jasa yang ditawarkan.

Baca Juga:  Cara Membuat Akun Gmail Pribadi Yang Ringkas & Mudah? Bisa Langsung Praktek, Nih!

Simak 5 video di bawah ini untuk memulai memahami cara kerja dan belajar SEO Youtube:

1. DEN JC

Telah memulai Youtube sejak 2008, Den JC menyelami seluk beluk Youtube dan gencar belajar sekaligus mempraktikan ilmu yang telah dikuasainya ini dalam-dalam. Selain menorehkan prestasi yang luar biasa banyak dan ikut serta di Youtube Space London – Inggirs 2019 silam, beliau telah berkontribusi banyak dengan beragam video yang selalu diunggahnya di Youtube channel miliknya.

Dari awal kali memulai Youtube, hingga memahami cara kerja SEO di Youtube sekaligus trik untuk penerapannya, Den JC juga rajin membuat kelas interaktif dan LIVE melalui komunitas yang dibentuknya. Simak salah satu pengenalan terhadap SEO yang diolah langsung oleh Den JC di bawah ini:

2. TIMON ADIYOSO

Youtuber yang berasal dari Samarinda ini memulai akun Youtube-nya di tahun 2018. Namun, kegigihannya untuk belajar dan menerapkan ilmunya membuat channel yang dimulai 3 tahun lalu kini telah memiliki 245K subscribers. Wah selamat!



Selain mengulas bisnis dan tutorial dengan pendekatan yang sederhana namun penuh konten bermanfaat, Mas Timon juga membahas lebih jauh tentang penggunaan SEO di Youtube serta mengajak para penonton untuk mengikuti pelajaran yang dibagi di video-video tersebut. Tak berhenti disitu, Mas Timon juga membantu channel Youtube lain yang dikelola dan berhasil mendapatkan monetisasi pertamanya di bulan Desember 2020 kemarin.

Penasaran dengan cara kerja dan tips apa yang diberkan? Simak di salah satu video Mas Timon berikut ini:

3. NIAGAHOSTER

Iya, selain menjadi salah satu provider hosting terbesar di Indonesia, Niagahoster juga ikut membahas salah satu topik menarik di dunia digital ini. Tidak hanya tentang SEO secara umum, tapi mereka membahas SEO On Page yang juga merupakan salah satu percabangan SEO sendiri tapi terfokus di halaman website yang kamu miliki atau kelola.

Baca Juga:  Cara Verifikasi Whatsapp Business Dengan Jitu Dan Tepat. Coba Dan Berhasil!

Tips yang diberikan juga bisa diterapkan di video-video yang nanti akan kamu unggah untuk menerapkan SEO di channel Youtube kamu nantinya. Simak tips dan juga beberapa konten menarik dari mereka di sini:

4. SAHLAN RIDWAN

Dengan tagline “Sharing nambah uang, jajan lewat jualan, ala generasi rebahan”, Sahlan Ridwan memulai Youtube di Juli 2020 dan telah mengumpulkan total view hingga 3 juta lebih ketika artikel ini ditulis. Di channel-nya, dia memberikan tips jitu tentang SEO dan meningkatkan jualan ala online shop maupun dropshipper serta menggunakan digital marketplace seperti Shoppee, Tokopedia, dll.



Kolom komentar dari beberapa videonya pun berisi testimoni dari beragam penjual yang mengaku telah menerapkan videonya dan berhasil meningkatkan penjualan. Simak tips apa yang dikasih dan juga bagaimana penerapan SEO di marketplace di video berikut ini:

5. ARIEF DWI LAKSONO

Sebagai salah satu SEO Specialist dan Konsultan SEO Professional, Arief Dwi Laksono yang berdomisili di Yogyakarta ini telah menjalankan usahanya dan menarik beragam testimoni menarik dari perusahaan yang menggunakan jasanya. Terlihat dari isi blog-nya, beliau selalu memaparkan case review dari suatu masalah yang terjadi secara fakta dan bagaimana cara solutif untuk mengatasinya dengan baik.

Dengan jelas, mas Arief juga membagikan ilmu tentang SEO yang digarap di blog pribadi miliknya maupun di video Mau Kerja seperti di bawah ini:

Jadi, bagaimana denganmu? Sudah siap untuk mendalami SEO dan mendapatkan traffic organic untuk website ataupun memudahkan pekerjaanmu? Berbagi tips SEO lainnya yuk di kolom komentar! (ANP)


Beritahu yang lain
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Anggarda Putra

A long-lost traveler who enjoys a sip of cappuccino every morning.

Anggarda Putra has 93 posts and counting. See all posts by Anggarda Putra

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *