(Sumber Foto: Instagram @rakaontrip)

Bukit Tjampuhan Ubud, Pesona Jalan Setapak Dengan Pemandangan Hijau Yang Teduh!

Beritahu yang lain
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Bukit Tjampuhan Ubud, Pesona Jalan Setapak Dengan Pemandangan Hijau Yang Teduh! – Hai pembaca setia Tanda Koma yang lagi pengen banget liburan sehat dimasa pandemi ini! Tahukah kamu jalan pintas di Ubud yang terkenal dengan jogging track dan suasana pagi yang tenang?

Bukit Tjampuhan Ubud
Tersembunyi banget nih di Ubud, jalan kaki di pagi hari pas banget kan buat memulai hari di tengah pulau Bali! (Sumber Foto: Instagram @eyesofnomad)

Liburan ga melulu cuma santai-santai atau tiduran di pantai kan? Tapi olahraga juga tetep harus dijalanin biar abis liburan badan masih tetep fit dan terjaga terus sampai liburannya selesai.

Walaupun melelahkan fisik kalau olahraga dimasa liburan, tapi bisa me-refresh pikiran kalian dari hiruk pikuknya kerjaan dan kegiatan sehari-hari kalian lho. Misalnya nih berenang, jogging, bersepeda, dan bahkan yoga itu jenis-jenis olahraga yang bisa bikin pikiran kalian seger lagi.

Nah ngomong-ngomong soal jogging dan bersepeda, Bali punya nih tempat buat jogging yang bisa banget nenangin tubuh dan jiwa kalian. Ini nih namanya Bukit Tjampuhan yang ada di Ubud.

Bukit Tjampuhan Ubud

Udah ga asing pastinya kalau kalian denger yang namanya Ubud. Daerah ini jadi pusatnya wisatawan lokal maupun internasional yang nyari pemandangan lain selain pantai kalau lagi liburan ke Bali.

Ubud juga dikenal sebagai desa seni yang juga erat hubungannya dengan alam karena letaknya yang ada di perbukitan jadi punya banyak wisata alam yang wajib banget buat didatengin kalian yang mau liburan disini.

Joging Di Tjampuhan Ubud
Bersantai dengan jogging di daerah yang teduh pasti sehat dan menyegarkan banget! (Sumber Foto: Instagram @kabutipis)

Nah, salah satunya Ubud punya Bukit Tjampuhan ini nih. Daerah perbukitan yang masih asri banget dan dihiasi dengan rumput ilalang yang mempercantik keindahan jogging track yang ada.

Yuk kita baca lebih jauh dan ngajakin kalian buat lihat lebih dalam soal Bukit Tjampuhan Ubud dan mungkin bisa jadi pertimbangan kalian buat datengin tempat ini ketika main ke Bali nanti.



Lokasi Bukit Tjampuhan Ubud

Sebelum kita kasih tau lebih soal Bukit Tjampuhan, kalian mesti tau dulu nih posisi tepatnya bukit Tjampuhan Ubud atau yang sering juga disebut sebagai Bukit Cinta ini berada.

Baca Juga:  South Shore Jogja, Beach Club Ala Bali Di Gunung Kidul Yang Menawan!

Ga salah baca kok, penduduk lokal didaerah ini memang ada juga yang memanggil bukit ini sebagai Bukit Cinta karena suasananya yang ga terlalu rame dan lembah dengan rumput ilalang yang menambah nilai romantis buat kalian habisin sama pasangan kalian yang cuma mau duduk-duduk santai disini. Ahaay!

Bukit Tjampuhan Ubud 2
Selain dengan teman, kamu juga bisa mampir ke sini bareng temen akrab buat ngobrolin apa aja di pagi hari ataupun sore hari nih. (Sumber Foto: Instagram @rakaontrip)

Kalau kalian udah punya rencana untuk nginep didaerah Ubud, dari pusat Ubud ke bukit ini cuma sekitar 17 menitan aja. Kalau dari Denpasar sekitar 50 menitan atau sejam aja tergantung tingkat kemacetan di jam-jam tertentu. Tempatnya ga terlalu susah buat ditemuin kok.

Jalan masuk buat sampai ke Bukit Tjampuhan ini berdekatan sama Ibah Suites & Villa. Dibawah plangnya Ibah Villa, ada plang “Going to Hill” kalian tinggal ikutin jalan turunan dan bakal ketemu tempat parkir buat mobil dan motor sebelah kiri.

Darisana kalian lanjutin buat ikutin jalan turunan dan bakal nemuin tanda panah ke arah bukit ini. Kalian akan lewatin jembatan yang dialiri sungai, denger suara sungai aja udah mulai bikin kalian rileks nih.

Apa Aja Yang Ada Di “Bukit Cinta”?

Sebelum kalian nemuin jalan setapak utama dari Bukit Tjampuhan ini, kalian akan melewati daerah persawahan milik masyarakat lokal disana. Kalian bisa mengunjungi warung kecil yang ada disana untuk kalian beli perbekalan minuman atau makan sebelum menuju ke jogging track.

Itu karena di daerah jogging track kalian ga akan nemuin apa-apa selain rumput ilalang yang ada. Jadi ada baiknya kamu bersiap-siap dengan membawa bekalmu sendiri sebelum mampir ke sini ya.



Kalian juga akan melewati beberapa penginapan yang mungkin jadi pilihan akomodasi kalian yang mau punya pengalaman baru menginap ditengah daerah persawahan dan dekat dengan Bukit Tjampuhan ini.

Di penginapan-penginapan ini juga kalian akan menemukan sewa sepeda yang bisa kalian pakai sepuasnya dengan harga 15 ribu aja lho!

Joging Ubud
Jangan takut buat jadi gelap, jalannya teduh koq main di sini! (Sumber Foto: Instagram @faradillaadih)

Nah, setelah akhirnya kalian sampe di jogging track-nya, lagi-lagi yang sudah kita sebut diatas kalau kalian bakal liat jalan setapak yang cantik sepanjang 2 km dihiasi dengan rumput ilalang yang memperindah. Lebar jalan setapak itu pun sebesar 1,5 meter yang cukup nyaman buat kalian jogging atau pun bersepeda.

Baca Juga:  3 Hal Yang Perlu Kamu Tahu Sebelum Mampir Ke Alun-Alun Kidul!

Bukit Tjampuhan ini karena dikenal dengan kecantikannya, selain enak dipakai buat berolahraga ga jarang orang berlama-lama disini untuk berfoto-foto lho. Bukit ini terkenal karena disebut-sebut instagrammable!

Kalian yang mau menikah juga bisa banget nih bikin foto prewedding disini. Tapi pilih waktu yang tepat ya, karena kalau dimusim kemarau rumput ilalangnya juga kering.



Tips Untuk Mengunjungi Bukit Tjampuhan

Oya, gak lupa ngasi tau kabar gembiranya nih, tapi Bukit Tjampuhan yang cantik ini ga dipungut biaya apapun lho alias gratis, tis, tis. Kalian bisa sepuasnya juga kalo kesini karena tempat ini buka 24 jam.

Eitss, tapi ada beberapa hal nih yang perlu kalian tahu kalo kalian mau kesini. Apa aja sih? Baca dibawah ini ya:

1. Walaupun tempat ini buka 24 jam, perlu kalian inget kalau tempat ini tuh ga ada penerangan sama sekali terutama jogging track-nya. Jadi waktu yang tepat buat kesini yaitu pas pagi hari dan sore hari, mengingat ga ada tempat buat berteduh juga disini. Pulang juga sebelum matahari bener-bener tenggelam ya, kecuali kalian bawa senter dan mau gelap-gelapan pulang.

2. Bawa perbekalan seperti minum dan makanan kecil kalau kalian mau nyantai disini disore hari karena kalau kalian kehausan pas ditengah jogging track ini lumayan jauh juga buat balik ke warung atau tempat makan didaerah persawahannya.

3. Dan yang terakhir, udah pasti bawa kamera kalian ya buat mengabadikan momen di bukit cinta ini. Apalagi kalau kalian kesini bareng pasangan kalian. Ga usah ragu minta tolong orang buat fotoin kalian atau kalau mau selfie juga masih oke banget sih.

Bukit Tjampuhan
Di Bukit Tjampuhan, kamu bisa mengambil banyak foto seru dan tentunya instagrammable ya! (Sumber Foto: Instagram @christynoviana)



Jangan lupa buat masukkin destinasi ini di daftar liburan kalian di Bali ya! Kapan lagi bisa jalan sehat gratis tapi bisa pulang dengan foto-foto cantik juga di Instagram. Stay safe & have fun! (MAY)


Beritahu yang lain
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *