Bunyi Beep Pada Komputer? Simak Ini 5 Artinya!

Beritahu yang lain
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Bunyi Beep Pada Komputer? Simak Ini 5 Artinya! – Hai pembaca setia Tanda Koma yang bingung dengan bunyi beep di komputer. Ketika komputer yang sering menemani kamu kerja ataupun bersantai mengeluarkan bunyi-bunyi, ada saatnya kamu harus tahu apa artinya. Yuk telaah lebih lanjut tentang 5 arti dari bunyi beep di komputermu!

Bunyi Beep Pada Komputer
Mempunyai PC desk impian pastinya seru dan menyenangkan, tapi bagimana kalau tiba-tiba ada bunyi beep?

Awal kali bunyi mungkin pertanda kalau sebaiknya kamu jangan asal sembarangan pakai. Sebaiknya juga, kamu peka dengan kondisi komputer seperti adanya bunyi beep pada komputer selama beberapa waktu. Karena jika dibiarkan berlama-lama tanpa adanya perbaikan, bisa jadi justru merusak komputer itu sendiri.

Pada kenyataannya, bunyi beep tersebut memang punya arti tersendiri. Bahkan, setiap BIOS pun yang berbeda-beda tiap pabrikan juga berbeda-beda suara beep yang dihasilkan.



Dengan kita menjadi peka terhadap suara beep pada komputerkita bisa menentukan langkah selanjutnya dalam memperbaiki komputer tersebut. Biasanya, masalah bisa tampak dengan kita dapat mengetahui berapa banyak suara beep berbunyi. Namun untuk keterangan lebih lanjut, kita simak penjelasan berikut ini dengan contoh dari BIOS AMI.

5 Arti Bunyi Beep Pada Komputer

Sebelum kamu mengartikan beberapa bunyi beep tersebut, pastikan bunyi beep tersebut berasal dari dalam CPU atau kotak besar komputer tempat motherboard dan komponen-komponen lainnya berada.

Soalnya ada kalanya juga, bunyi beep berasal dari suara UPS yang ternyata kehabisan bateri ataupun sedang error dan mengeluarkan bunyi beep-beep yang berulang.

Baca Juga:  Penghargaan Smartphone Terbaik 2020 (plus harga). Punya Kalian Yang Mana Nih?

Jika sudah dipastikan, berikut 5 arti bunyi beep pada komputer.

1. Bunyi Beep Pendek Sebanyak 1 Kali

Jika kamu mendapati bunyi beep sebanyak 1 kali dengan suara yang pendek, bisa jadi itu adalah salah satu tanda jika sistem tersebut normal. Artinya, kita tidak perlu berpikir keras untuk menghilangkan bunyi beep tersebut.

Cukup kita tahu saja jika tanda tersebut bukanlah tanda suatu bahaya ataupun error melainkan hanya penanda bahwa komputer dan sistem sedang berjalan normal tanpa kendala dan tidak terjadi apa-apa dengan komputer kita.

2. Bunyi Beep Pendek Sebanyak 2 Atau 3 Kali

Masalah bunyi beep pada komputer sebanyak 2 atau 3 kali bisa menjadi pertanda jika terdapat suatu masalah dengan RAM (Random Access Memory). Langkah awal yang harus dilakukan ketika ada masalah RAM ialah memeriksa posisi slot RAM tersebut.

Ram Komputer
Slot RAM yang kotor juga bisa menjadi salah satu penyebab bunyi beep di komputer.

Kamu juga bisa mengeluarkan RAM tersebut dan mencoba membersihkannya. Pastikan kain yang kamu gunakan untuk membersihkan dan menyeka komponen RAM dan slot Motherboard adalah kain yang kering dan halus.

3. Bunyi Beep Pendek Sebanyak 4 Kali

Jenis bunyi beep pada Komputer memang berbeda-beda jika dilihat dari jumlahnya. Untuk bunyi pendek sebanyak 4 kali sendiri bisa menjadi salah satu arti jika ada masalah terhadap Motherboard.



Kondisi ini biasanya memperlihatkan jika ada suatu kesalahan dalam tanggal maupun waktu dalam sistem yang ada pada komputer dan berbeda dengan tanggal / waktu yang ada. Kamu bisa coba cek lebih lanjut dengan mengecek tanggal dari BIOS dan dibandingkan dengan sistem.

4. Bunyi Beep Pendek Sebanyak 5 Kali

Kita memang harus jeli untuk mengetahui apa penyebab bunyi beep pada Komputer yang berbunyi sebanyak 5 kali. Sebaiknya, jika semakin banyak jumlah bunyi beep tersebut, segera mengatasinya akan menjadi lebih baik.

Baca Juga:  Cara Mencari Uang Lewat TikTok? Simak 5 Cara Jitu Ini Untuk Menghasilkan Jutaan!

Untuk bunyi sebanyak 5 kali ini, biasanya sudah menyangkut kerusakan pada Prosesor atau yang sering kita kenal dari dua brand terkenal (Intel atau AMD). Kamu bisa mencoba mengecek slot yang digunakan apakah ada kelelehan karena terlalu lama menyala ataupun kerusakan lainnya seperti bau gosong?

Soket Prosesor
Soket Prosesor yang memang terdiri dari ratusan jarum sangatlah sensitif. Berhati-hatilah ketika memeriksa soket tersebut dan pastikan Prosesormu tidak longgar ataupun ada kendala yang lain?

5. Bunyi Beep Pendek Sebanyak 6 Kali

Jika PC bunyi beep sebanyak 6 kali, bisa menjadi pertanda jika ada kerusakan pada Keyboard. Coba pastikan dengan betul apakah masalah ini benar terjadi atau tidak dan sebaiknya lakukan penanganan segera. Kamu bisa bersihkan pada sekitar Keyboard terlebih dahulu, siapa tahu salah satu penyebab kerusakan ialah Keyboard kotor atau ada makanan yang tersangkut diantara tuts Keyboard.



Itulah arti dan cara mengatasi bunyi beep pada komputer pendek sebanyak 1 sampai 6 kali. Apa kamu pernah mengalaminya? Cobalah untuk menangani sendiri terlebih dahulu. Namun jika tidak yakin, bawa pada ahlinya supaya kerusakan tidak semakin parah. Semoga bermanfaat ya!


Beritahu yang lain
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *