Cara Beriklan Di TikTok Yang Mudah Dan Ringkas? Baca Di Sini Untuk Memulai!

Cara Beriklan Di TikTok Yang Mudah Dan Ringkas? Baca Di Sini Untuk Memulai! – Hai pembaca setia Tanda Koma yang ingin memasang iklan di TikTok. Sudah menyiapkan iklanmu tapi bingung bagaimana caranya? Baca terus di bawah ini dan ikuti petunjuk gambarnya ya!

Cara Beriklan Di Tiktok
TikTok telah menjadi tren baru di kehidupan digital kita sehari-hari. Sudahkah kamu meng-install aplikasi ini?

TikTok yang awal kali diluncurkan di tahun 2017 di pasar internasional terus merambah kesuksesan besar loh dengan pencapaian 6 milyar download secara global di tahun 2020 kemarin.

Semakin banyak yang memakai aplikasi ini, berarti juga exposure yang dihasilkan semakin banyak dan luas. Ini adalah salah satu alasan kenapa banyak Brand baik dari korporat maupun NGO serta organisasi lain mulai menjelajahi cara untuk memberikan exposure ke produk / servis yang mereka punya.

Karena itu lambat laun kita pun mulai mengenal influencer atau Seleb TikTok yang mempunyai ribuan atau bahkan ratusan ribu dan jutaan follower yang memberikan jasa endorsement melaluk video-video mereka yang viral.

Ternyata, selain endorsement dari Seleb TikTok ada juga beberapa cara untuk memberikan exposure ataupun spotlight untuk mengenalkan produk ataupun jasa yang kamu punya. Salah satunya adalah melalui iklan TikTok.



Iklan TikTok yang banyak bermunculan sekarang sering seliweran di FYP (For Your Page) di tampilan layar home kamu. Tahukah kamu cara beriklan di TikTok yang mudah? Ikuti terus panduan gambar berikut untuk belajar TikTok Ads dan juga memasang iklan TikTok dan mempraktekkannya langsung.

Belajar TikTok Ads

TikTok Ads atau iklan TikTok adalah salah satu cara untuk memberikan traffic yang lumayan potensial dari masyarakat luas dan mengarahkannya ke produk atau jasa yang kamu sediakan.

Mengingat animo publik juga masih tinggi, tak heran kalau banyak yang sekarang menengok salah satu platform berbagi video ini untuk dijadikan media dalam menaikkan brand awareness.

Tak heran, kan? Sekarang kamu mulai melihat banyak iklan-iklan yang muncul itu berasal dari brand kecil sejenis UMKM ataupun brand besar selevel Microsoft yang membagikan iklan dan juga beberapa trik video mereka di profilnya.

Beriklan Di TikTok
Jangan lupa untuk mengecek apakah akun tersebut resmi atau tidak, dengan melihat centang biru (verified) di sebelah akun mereka ya!

Ada 4 keuntungan untuk beriklan di Tiktok. Yuk simak keuntungan tersebut di bawah ini:

1. Target Iklan Secara Spesifik

Berbeda dengan memasang iklan di media konvensional, memasang iklan di TikTok akan memudahkanmu untuk menarget potensial buyer atau calon konsumen secara spesifik.

Kamu tinggal memilih variabel seperti; jenis kelamin, rentang usia, tempat tinggal, umur, dan lain-lainnya. Lumayan terfokus, kan?

2. Waktu Yang Flexibel

Mengingat mungkin kebutuhan jasa / produk yang kamu tawarkan memiliki rentang period yang diinginkan, seperti cafe yang hanya buka ketika weekend contohnya. Kamu juga bisa mengatur untuk menayangkan waktu iklan dengan promosi di periode waktu kamu inginkan.



Beriklan di TikTok sangatlah flexibel dan bisa mengkustomisasi kebutuhan kamu sebagai pengiklan mereka.

3. Budget Terjangkau

Berbanding dengan pelayanan iklan di media mainstream seperti TV / Radio, kamu akan terkejut mengingat harga untuk memasang iklan di TikTok sangatlah terjangkau. Tergantung dari variabel yang kamu pilih untuk setting iklan pertamamu, kamu akan mendapatkan budget iklan yang relatif lebih murah.

4. Jangkauan Luas

Dengan jumlah users yang semakin lama semakin naik, ditambah dengan tren TikTok yang seakan tidak ada habisnya, kamu akan mempunyai opsi untuk mengjangkau lebih banyak audiens untuk iklanmu.

Harga Iklan TikTok

Seperti yang sudah dijelaskan di atas, kamu mungkin bertanya-tanya seberapa mahal atau berapa budget yang kamu butuhkan untuk memasang iklan di Tiktok yang dipakai oleh banyak orang ini.

Baca Juga:  Testing Layar iPhone 12. Cek Di Sini Sebelum Beli!

Ada perbedaan dasar yang harus kamu pelajari tentang harga pasang iklan di TikTok. Yang pertama adalah memasang iklan dengan bantuan Seleb TikTok / endorsement. Yang kedua adalah memasang iklan secara langsung di aplikasi / platform TikTok itu sendiri.

Berikut adalah harga umum / pasaran tentang biaya endorse TikTok yang bisa kamu jadikan bahan pertimbangan. Ingat juga ya, setiap Seleb TikTok juga mempunyai rate card sendiri-sendiri.

Jumlah FollowerJumlah Video Endorsement Harga Rata-Rata
3.000 – 10.0001 videoIDR 300.000 – IDR 400.000
10.000 – 20.0001 videoIDR 400.000 – IDR 500.000
30.000 – 50.0001 videoIDR 500.000 – IDR 700.000
Ingat ya, setiap influencer terkadang memasang rate card sendiri-sendiri. Pastikan kamu bisa bernego dengan baik sebelum memasang iklan tersebut.

Untuk harga iklan TikTok yang kamu pasang langsung di aplikasi TikTok itu sendiri, kamu bisa mengikuti terus artikel ini.

Nah ketika kamu sudah menpelajari keuntungan yang kamu dapatkan dari beriklan di TikTok dan juga harga dasarnya, sekarang kamu waktunya belajar cara beriklan di TikTok dengan mudah dan ringkas. Ikuti terus pembahasan kami di bawah ini ya.

Cara Beriklan Di TikTok

Persiapkan dirimu dengan baik sebelum membaca, karena setelah ini kamu sudah tahu caranya untuk beriklan di TikTok secara langsung. Hehhe



Untuk mulai memasang iklan di TikTok, kamu perlu memiliki akun di TikTok Ads Manager. Ikuti langkah di bawah ini untuk memulai akun pertamamu di TikTok Ads Manager.

1. Buka Situs TikTok For Business

Pertama kali, kamu perlu untuk mengakses situs resmi TikTok. Ini penting, karena sekarang banyak situs non resmi yang menawarkan cara beriklan di TikTok yang tentu saja lebih mahal dari harga asli platform.

Lanjutkan dengan mengklik tombol Memulai.

Cara Memasang Iklan Di TikTok

2. Isi Detail Pendaftaran

Lanjutkan dengan mengisi detail data diri kamu. Bisa dengan memilih menggunakan Email atau juga nomer telepon yang kamu pakai sehari-hari. Opsi yang lain adalah untuk login dengan menggunakan akun TikTok yang sudah kamu miliki sebelumnya.

Lanjutkan dengan Next, atau untuk login memakai TikTok lanjutkan dengan Authorize.

Cara Memasang Iklan Di TikTok 2

Kalau kamu login dengan menggunakan akun TikTok, lanjutkan dengan opsi “I’ve never registered for TikTok For Business”.

Cara Memasang Iklan Di TikTok 3

3. Lanjutkan Dengan Verifikasi Email

Selanjutnya, TikTok akan mengirimkan verifikasi ke Email yang perlu kamu isi. Ini karena TikTok membuat prosedur keamanan khusus untuk para pengguna jasa iklan di platform mereka.



Setelah kamu mengisi alamat email, kamu akan diminta untuk mengisi juga captcha. Lanjutkan dengan mengisi “Send Code” ke Email yang kamu pilih. Masukkan kode verifikasi tersebut ke dalam halaman TikTok For Business.

Cara Memasang Iklan Di TikTok 4

4. Isi Detail Bisnis / Industri Yang Kamu Tekuni

Langkah selanjutnya di cara beriklan di TikTok dengan mudah adalah mengisi detail bisnis yang kamu tekuni. Di halaman ini kamu akan mempunyai beberapa detail yang harus kamu isi sesuai dengan industri yang kamu pilih.

Ini nantinya untuk memudahkan program iklan yang lebih sesuai untuk garis besar bisnis yang ingin kamu jalankan.

Cara Beriklan Di Tiktok 2

Lanjutkan dengan mengisi nomer telepon dan juga memverifikasinya sesuai petunjuk gambar di bawah ini.



Cara Beriklan Di Tiktok 3

5. Buka TikTok Ads Manager

Setelah selesai memverifikasi nomer telpon, kamu akan dilanjutkan ke halaman dashboard dari TikTok Ads Manager. Halaman ini adalah halaman untuk mengatur iklan termasuk juga memasang iklan dan men-setting untuk iklan supaya tampil published dengan syarat yang kamu kehendaki.

Lanjutkan mengisi detail, dan juga data billing / penagihan. Penagihan TikTok Ads dibuat untuk mengirimkan invoice dan beberapa dokumen legal lainnya. Tenang saja, kamu masih bisa melanjutkan meskipun bisnis kamu masih di tahap UKM / UMKM.

Cara Beriklan Di Tiktok 4

Untuk menghemat biaya di awal, kamu bisa menggunakan opsi Manual Payment.

Automatic Payment – akan mengharuskan kamu menggunakan kartu kredit untuk proses tagihan berjalan. Artinya, setiap iklan yang tayang sesuai syarat dan ketentuan yang telah kamu pasang, tagihan akan dikirimkan dan didebit langsung dari kartu kreditmu.

Manual Payment – akan mengharuskan kamu untuk mengisi saldo di awal kali memasang iklan. Ini lebih berguna dan hemat, jika kamu ingin mempunyai budget yang tetap untuk memasang iklan di TikTok.

Pada tahap ini, kamu telah mempunyai akun di TikTok Ads Manager yang siap untuk melakukan kampanye (campaign) dan memasang iklan di platform video TikTok. Lanjutkan tahap di bawah ini untuk mempelajari lebih lanjut tentang cara beriklan di TikTok.

Contoh Iklan TikTok

Berikut adalah cara untuk memasang contoh iklan TikTok yang bisa kamu jadikan referensi untuk memasang iklanmu sendiri nantinya. Ikuti terus panduan gambar berikut ya.



1. Memilih Mode Compaign Iklan TikTok

Di TikTok Ads Manager, kamu akan ditawarkan 2 opsi untuk menayangkan iklan perdanamu di aplikasi ini. Untuk awal-awal, kamu bisa menggunakan metode yang lebih simple dan serba otomatis seperti kami contohkan di bawah ini.

Baca Juga:  7 Cara Merawat MacBook Air/Pro Supaya Awet Digunakan!

Simplified Mode – Untuk menggunakan otomatisasi dari Campaign yang dijalankan oleh TikTok untuk iklan yang kamu pilih.

Custom Mode – Untuk menggunakan opsi lebih banyak dan menggunakan mode manual sehingga kamu mempunyai kontrol lebih.

Harga Iklan Tiktok

Setelah mempunyai pengalaman nantinya, kamu bisa mengganti mode yang kamu pilih dan sesuai dengan kebutuhan kamu sebagai pengiklan. Jadi tenang saja ketika memilih di awal nanti. Hehhe

2. Tentukan Objektif Iklan TikTok-mu

Langkah selanjutnya adalah menentukan tujuan dari iklan yang kamu tayangkan di aplikasi TikTok ini. Di halaman ini kamu akan mempunyai beberapa opsi untuk menentukan tujuan tersebut.

Website Conversions – Untuk mengarahkan viewer ke website-mu dan melakukan aksi seperti membeli barang dari website tersebut atau mendaftar di websbite, dan lain-lainnya.

Website Traffic – Untuk mengarahkan trafik viewer ke website / app yang kamu miliki.

App Installs – Untuk mengarahkan viewer ke install dari app yang kamu miliki. Termasuk juga di opsi ini adalah untuk melacak instalasi tersebut.

Lead Generation – Untuk mengarahkan viewer ke page khusus yang bisa kamu follow up setelah mereka mengisi detail form di halaman khusus tersebut (generating leads).

Harga Iklan Tiktok 2

3. Setting Ad Group

Langkah terakhir dari proses ini adalah memproses setting iklan sebelum tayang. Ada beberapa hal yang harus kamu persiapkan di awal yang juga akan mempengaruhi budget iklanmu. Hal ini juga akan mempengaruhi harga iklan TikTok yang kamu pilih nantinya.

TikTok Pixel – Adalah script kode dari TikTok yang harus kamu pasang di website-mu. Ini adalah untuk melacak traffic yang dihasilkan dari iklan yang tayang dari platform tersebut.

Placement Targeting – Adalah variabel target dari iklan yang ingin kamu capai (umur, lokasi, jenis kelamin, dll). Semakin umum dari range target yang kamu pasang, maka akan semakin luas iklanmu tayang di FYP mereka.

Audience Size – Di sebelah kanan atas, adalah cangkupan range dari target iklan yang telah kamu pilih. Ingat rumusnya, semakin luas cakupan target iklan makan semakin mahal biaya yang harus kamu keluarkan.



Harga Iklan Tiktok 3

Di bagian akhir dari halaman ini kamu akan melihat opsi untuk menentukan budget iklanmu. Di halaman ini kamu bisa menentukan budget minimal dari yang diterima oleh TikTok sebesar IDR 200.000 untuk dihabiskan perhari.

Dengan budget sebesar IDR 200.000 per hari, kamu bisa memilih untuk menayangkan iklan tersebut selama beberapa hari dan menarget dari variabel yang kamu tentukan di atas, dilanjutkan dengan otomatisasi conversion yang mereka sediakan untuk tujuan dari iklan tersebut.

Harga Iklan Tiktok 4

4. Selesai Dan Iklan TikTok Pun Tayang!

Setelah mengikuti langkah tersebut, video iklan bisa kamu upload di halaman berikutnya. Lanjutkan dengan mem-publish iklan tersebut dan jadilah iklan pertamamu yang tayang di FYP TikTok.



Semakin iklan kamu tayang di FYP, semakin juga tujuan kamu tercapai dari penayangan iklan tersebut!

Di bagian akhir, tentunya adalah laporan / report. Dengan budget iklan yang telah kamu ‘investasikan’ dengan memasang iklan di TikTok, tentunya kamu berharap mendapatkan hasil yang kamu harapkan, kan?

Mungkin dari beberapa orang yang ingin memasang iklan, terlihat cara beriklan di TikTok seperti panduan gambar di atas terlihat seperti terlalu ribet. Oleh karena itu sekarang tersedia beberapa agency iklan yang menawarkan jasa penayangan iklan tersebut.



Kalau kamu mempunyai tips untuk memasang iklan atau menggunakan viral video sebagai iklan, share juga tips tersebut di kolom komentar di bawah ya. Siapa tahu dengan sering berbagi, rejeki juga semakin terbuka kan?

Selamat mencoba dan tetap semangat, temans! (ANP)

Anggarda Putra

A long-lost traveler who enjoys a sip of cappuccino every morning.

Anggarda Putra has 111 posts and counting. See all posts by Anggarda Putra

Leave a Reply

Your email address will not be published.