Cara Cek Link Phising Dengan Mudah Dan Cepat? Kamu Perlu Tahu Nih!

Beritahu yang lain
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Cara Cek Link Phising Dengan Mudah Dan Cepat? Kamu Perlu Tahu Nih! – Hai pembaca setia Tanda Koma yang sering banget seluncuran di internet! Selain kemudahan mendapatkan informasi, kamu juga harus berhati-hati ya karena bisa jadi salah klik dan kamu yang menjadi sasaran sumber informasi pribadi yang diambil malah!

Cara Cek Link Phising
Waspada ancaman phising ya!

Setiap orang pasti pernah mendapatkan kiriman spam yang sangat mengganggu yang berisi link yang ternyata mencurigakan ini. Saat kamu mendapatkan kiriman tersebut, jangan buru-buru buat membukanya ya, bisa jadi itu hanya link phising yang biasa digunakan oleh penipu.

Mudahnya dalam berselancar di dunia maya, kerap kali membuat kita lebih dekat dengan bahaya penipuan online ini. Penting sekali buat kita untuk berhati-hati dalam berselancar di dunia maya, karena ancaman dari penjahat cyber yang sering memanfaatkan kondisi pengguna internet kapan saja.

Untuk itu, kamu perlu banget lho buat bisa lebih bijak dalam mengakses situs-situs yang aman dan lebih kredibel. Karena kemunculan situs sebuah web dari kartu prakerja palsu tentu saja bisa menjadi pembelajaran yang sangat penting bagi kita. Karena di era internet yang semakin masif ini tentu akan banyak domain palsu yang bisa memanfaatkan layanan publik dan tentunya itu sangat berbahaya.



Apa Itu Link Phising?

Phising sendiri diambil dari kata bahasa fishing yang berarti memancing atau mengail ikan. Dan biasanya tujuan dari dikirimkannya link phising ini adalah untuk memancing seseorang membuka halaman tertentu, bisa aplikasi atau pun sebuah website.

Link phising bisa diartikan hanyalah sebua kedok untuk menipu korbannya untuk terpancing hingga mengarahkannya pada suatu gerbang, aplikasi maupun website tertentu. Biasanya kedok dari pengirim phising link ini berupa tautan pendek atau shorter link untuk mengelabui penerimanya.

Baca Juga:  Cara Membuat Company Page Di LinkedIn? Ikuti Panduan Mudah Berikut Ini!

Umumnya, link phising ini hanya mengkamuflase sebuah alamat URL sehingga memancing orang untuk membukanya agar mengetahui arah sumber link itu sendiri. Dan terkadang bisa menyerupai sebuah website resmi sehingga bisa mengelabui korbannya dengan sangat mudah.

Akses Digital Dengan Mudah
Dibalik link phising yang tersebar, ada pihak yang siap mengambil informasi-informasi pribadi yang tersimpan.

Misalnya, penipu mengirimkan sebuah link yang menyerupai sosial media seperti facebook padahal kelebihan huruf o satu, bagi korban yang tidak jeli tentu saja akan dengan mudahnya klik link tersebut dan memasukkan username serta password. Dari sini penipu online bisa mendapatkan korban yang banyak.

Berbeda dengan perusahaan-perusahaan yang jelas dan besar, mereka akan menggunakan domain seperti .com, .id, .org, co.id dan .co. Karena membangun kepercayaan konsumen dengan domain yang jelas dan aman merupakan sebuah kunci.

Bahaya Link Phising

Segitu mudahnya orang tertipu, kita sebagai peselancar dunia maya tentu saja harus berhati-hati jika mendapatkan sebuah kiriman link yang tidak jelas. Bahkan jika link tersebut dikirim oleh anggota keluarga mau pun teman-teman kita. Karena kamu wajib untuk verifikasi terlebih dahulu kebenaran dari link tersebut.



Selain bisa mencuri data informasi pribadi, situs-situs penipuan online ini tentu akan mampu menyebarkan malware dengan sangat cepat. Bahkan sampai pada pencurian dana melalui akun perbankan atau pun kartu kredit yang kamu miliki. Sangat berbahaya dan merugikan banget, kan?

Lalu langkah seperti apa sih yang perlu kita lakukan sebelum klik tombol membuka link yang kita terima tersebut?

Tips Cara Menghindari Link Phising atau Penipuan Secara Online

Banyak cara bisa kamu gunakan untuk memastikan bahwa link yang kamu terima itu aman atau tidak. Kamu bisa lakukan cara cek link phising dengan beberapa langkah mudah, aman dan cepat seperti yang sudah dijelaskan secara ringkas oleh @Dynbnyy melalui akun twitter miliknya:

  • Cara Cek Link Phising
Baca Juga:  Cara Mengganti Icon Aplikasi di Android? Begini Cara Simpelnya! [PANDUAN GAMBAR]

Cara pertama dan yang paling mudah adalah dengan cara mengecek sebuah situs yang kamu terima tersebut apakah palsu atau sah dengan melihat URL situsnya. Kamu bisa melakukan pengecekan melalui https://wheregoes.com/ atau bisa juga melalui https://urlscan.io/ untuk mengetahui secara spesifik sumber link yang kamu terima.

Cukup dengan memasukkan tautan yang akan kamu telusuri. Nantinya akan muncul detail dari link tersebut hingga ke detail sumbernya. Dengan begitu kamu akan lebih mudah mengetahui apakah link tersebut link penipuan atau links resmi.

  • Tidak Sembarang Klik

Jika kamu memiliki kebiasaan seperti klik sembarangan sana sini, maka perlu banget nih buat lebih bijak dalam mengunjungi situs berbahaya yang bisa kapan saja menyerangmu. Karena dengan kita lebih waspada untuk tidak sembarang klik link dari orang asing tentu akan menghindarkan kita dari bahaya link phising ini.

  • Cek domain melalui ‘Who Is’

Tips yang satu ini juga sangat membantumu terhindar dari link-link bodong yang mencoba menipumu. Cara cek link phising bisa menggunakan situs kredibel seperti ‘Who Is’ ini. Kamu bisa mengetahui pemilik domain tersebut asli atau palsu dengan memasukan link ke www.whois.net tersebut.

Misalnya sudah terlihat nama pendaftar dan alamat email yang digunakan oleh pengguna link, kamu bisa cek secara langsung keaslian dari tautan link tersebut. Sehingga meminimalisir penipuan yang akan terjadi padamu.

Pengirim Link Phising
Berhati-hati ya bisa saja link yang kamu klik malah ternyata membuka celah keamanan device yang kamu pakai!

Jadi sekarang kamu sudah tahu kan bagaimana cara cek link phising dan cara menghindarinya? Tetap berhati-hati ketika berselancar di internet ya. Setiap link yang kamu terima di sosial media itu beresiko!

Semoga data-datamu selalu aman, guys! Stay safe! (MEL)


Beritahu yang lain
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Melina

Penikmat dongeng dan jendela.

Melina has 23 posts and counting. See all posts by Melina

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *