Cara Daftar Visa USA 2022, Pengalaman Pribadi Dan Tips Buat Kamu!

Cara Daftar Visa USA 2022, Pengalaman Pribadi Dan Tips Buat Kamu! – Hai pembaca Tanda Koma yang setia menemani membaca dan berharap bisa segera jalan-jalan ke Amerika. Mungkin kamu sedang berencana untuk pergi ke negeri Paman Sam. Yuk baca artikel di bawah ya untuk mendapatkan informasi terbaru tentang visa ini.

Cara daftar Visa USA
Dari beberapa negara di dunia, WNI bisa mengajukan VOA untuk masuk ke negara-negara tertentu.

Sebenarnya, ini bukan cuman artikel sih. Karena saya sendiri memang kebetulan diberi tugas untuk mengikuti pameran di Amerika di bulan Maret 2022. Oleh karena itu, mau gak mau saya harus mengurus visa yang kata orang-orang termasuk yang paling sulit.

Karena selain background check yang benar-benar matang dan panjang, prosesnya juga tergolong rumit. Mulai dari permulaan pengumpulan berkas hingga verifikasi dokumen-dokumen penunjung.

Tapi ya alhamdulillah, penulis sendiri telah melalui tahapan itu semua dan sekarang telah memiliki visa US yang mempunyai validitas 5 tahun – iya, saya pergi ke US untuk urusan bisnis maka masa berlaku visa ini sendiri lumayan tergolong lama.

Ok, yuk kita mulai baca pelan-pelan ya untuk keseluruhan pengalaman saya sendiri yang akan saya tulis berikut ini. Jangan khawatir, nanti di akhir akan saya bagi tips-tips yang menurut saya jitu untuk mengabulkan permohonan visa ke Amerika.

Apa Itu Visa

Well, kenapa sih kita harus mempunyai visa sebelum berkunjung ke negara lain? Sebetulnya jawabannya simple. Istilahnya kalau kita mau mampir bertamu ke rumah teman, pastinya kita akan meminta ijin terlebih dahulu, kan?

Masak iya nyelonong masuk rumah dan tiba-tiba buka kulkas terus ambil susu dan ngemil kue di situ. Kecuali kamu pengen dibikin gedek sama temen-temenmu sih ya gapapa. Hahha



Tapi memang, seperti layaknya ijin, visa berlaku sebagai dokumen ijin masuk ke suatu negara yang dimana negara tersebut mempunyai hubungan bilateral dan juga memiliki konsulat jendral dengan negara asal.

Semisal USA telah bekerjasama dengan pemerintah Indonesia selama beberapa puluh tahun lamanya. Tentunya dengan adanya konsulat jendral Indonesia di negeri Amerika maupun konsulat jendral US di Indonesia, itu melengkapi adanya hubungan diplomasi yang baik antar dua negara.

Jadi ketika warganya ingin berkunjung ke negara tersebut, diperbolehkan tentunya dengan meminta ijin tersebut – dan dokumen ijin itulah yang nantinya disebut sebagai visa.

Jenis Visa

Ada 2 macam visa yang bisa kamu dapatkan sebelum melakukan perjalanan ke negara tujuan sebenarnya. Yaitu visa sebelum kedatangan dan visa setelah kedatangan.

Visa sebelum kedatangan (Visa Pre-Arrival) – adalah visa yang diurus sebelum kamu melakukan perjalanan ke negara tersebut.

Visa setelah kedatangan (atau layaknya disebut Visa On-Arrival) – adalah visa yang bisa kamu dapatkan ketika kamu telah sampai / mendarat di negara tersebut.

Yang paling membedakan biasanya adalah waktu yang bisa didapatkan untuk mendapatkan visa itu sendiri. Sebenarnya, Visa On-Arrival itu sangat mudah didapatkan. Tapi tergantung dengan kondisi geo-politik juga dan seberapa erat hubungan kenegaraan itu sendiri.

cara daftar visa USA 2
Tapi sejujurnya, Visa On Arrival (VOA) itu memang paling ringkas. Cukup bawa paspor dan datang di bandara buat stempel. Hahha

Di Indonesia sendiri, Visa On-Arrival bisa diperoleh untuk warga negara Indonesia ketika berkunjung ke negara-negara tertentu saja. Jadi sebelum kamu sampai semisal ke Thailand, kamu tidak perlu mengurus visa ini. Hanya perlu membawa paspor dan masuk ke negara tersebut dan melalui kloter imigrasi untuk mendapatkan stempel Visa On Arrival. Selesai.

Visa Pre-Arrival? Hmm, tunggu dulu. Ada proses yang panjang kak…

Cara Daftar Visa USA 2022

Untuk memulai, kamu musti tahu ada beberapa macam visa ke Amerika. Pada dasarnya, visa ke Amerika dikategorikan menjadi 2; Visa Non-Immigrant dan Visa Immigrant.

1. Memilih Kategori Visa USA

Visa Immigrant adalah untuk semua pengunjung ke Amerika dan kemungkinan untuk bermigrasi atau menetap dalam waktu yang lama. Bisa karena kamu menikah dengan warga negara US, atau mungkin ada hubungan darah (jauh atau dekat) dengan warga negara tersebut. Jika itu yang kamu tuju, berarti nanti kamu akan memilih Visa Immigrant di permohonan visa.

Sedangkan, Visa Non-Immigrant adalah untuk pengunjung ke Amerika dengan tujuan tertentu dan dalam batas waktu yang ditentukan. Baik itu untuk berkunjung sebagai turis, ataupun karena alasan bisnis tertentu.

Baca Juga:  Ide Hadiah Unik Untuk Teman Yang Baru Melahirkan. Anti Mainstream Banget!

Setiap kategori tersebut kuranglebih mempunyai persyaratan yang berbeda-beda. Tenang saja, kamu gak perlu khawatir untuk menemukan kategori visa mana yang nanti akan kamu ajukan. Kamu bisa menemukan jenis visa yang kamu butuhkan dengan bantuan tautan berikut ini – yang bersumber langsung dengan situs asli pemerintah Amerika ya:

2. Lanjutkan Pengisian Formulir Pendaftaran Visa USA

Setelah kamu menemukan jenis visa yang kamu butuhkan, kamu bisa memulai untuk melakukan pendaftaran. Pendaftaran untuk aplikasi visa ke USA ini disediakan secara daring atau online oleh kedutaan Amerika. Kamu bisa menemukan link tautan pendaftaran tersebut di bawah ini ya:

Tips sebelum kamu mulai mengisi formulir yang disediakan di platlform mereka:

  • Pastikan kamu mempersiapkan seluruh dokumen kependudukan (Paspor lama & baru, KTP, Akta Keluarga, dll) yang kamu punya. Usahakan tidak ada salah input ketika kamu memasukkan informasi pribadi ke dalam sistem pendaftaran.
  • Persiapkan juga CV yang kamu punya. Ini nantinya akan digunakan ketika kamu harus menuliskan riwayat pekerjaan selama 5 tahun terakhir beserta orang yang bisa dihubungi untuk verifikasi employment dari pihak embassy.
  • Siapkan dokumen pendukung, kalau untuk kerja kamu bisa mendapatkan surat keterangan kerja yang ditandatangani oleh manajemen / HR kantor. Kalau untuk berwisata, kamu pasti akan mendapatkan surat keterangan juga dari tempat kamu booking trip.
  • Setelah semua kamu siapkan, isi pelan-pelan keseluruhan beberapa halaman yang juga kamu bisa simpan untuk dilanjutkan di kemudian waktu.



Kalau dari pengalaman pribadi ketika mengajukan visa untuk keperluan kerja / bisnis, saya mengajukan aplikasi visa dengan formulir Non-Immigrant Visa DS-160. Formulir ini mempunyai beberapa bagian halaman yang harus kamu isi seperti berikut:

Personal, Address, Phone, and Passport/Travel Document Information. Halaman ini kamu bisa isi dengan semua informasi yang sesuai dengan data pribadi diri kamu ya. Termasuk juga tentang akun sosial media yang kamu pegang.

Travel Information. Selanjutnya, di halaman ini kamu nanti akan mengisi data tentang tujuan perjalanan kamu ke negeri Paman Sam. Kalau kamu mengisi tentang tujuan kerja / wisata, akan ditanya apakah kamu sudah pernah ke USA dan semacamnya sih.

U.S. Contact Information. Di halaman berikutnya, kamu akan ditanya tentang kontak dari Amerika yang bisa dihubungi untuk verifikasi keperluan tujuan kamu pergi ke negera tersebut.

Family Information. Selanjutnya, adalah halaman dimana kamu mengisi tentang informasi keluarga. Pertanyaannya hanya berupa nama ayah dan ibu, nama alias / nama kecil, tempat tanggal lahir, dan pasangan kamu.

Work/Education/Training Information. Berikutnya, adalah informasi tentang riwayat kerja / edukasi selama 5 tahun terakhir. Pastikan informasi yang kamu tulis dan benar ya supaya jaga-jaga kalau seandainya diverifikasipun nantinya akan sesuai dengan keterangan yang kamu tulis.

Security and Background Information. Nah ini yang termasuk penting. Ketika kamu mengisi sampai di sini, kamu akan ditanya beberapa hal yang akan menjadi dasar untuk pemeriksaan latar belakang. Ada keterangannya kalau kamu memberikan informasi yang tidak benar, kamu bisa malah dilarang / banned untuk masuk ke Amerika. Waduh..

Setelah kamu mengisi semua informasi yang dibutuhkan, kamu nantinya akan mendapatkan konfirmasi bahwa kamu menyelesaikan langkah ini. Simpan baik-baik halaman konfirmasi ini karena nantinya kamu akan diminta untuk membawanya ketika wawancara.

Begitu dapat konfirmasi ini, saya save sebagai PDF. Jaga-jaga kan, kalau di-print duluan takut hilang. Mending disimpan di Google Drive atau media penyimpanan lainnya yang kamu punya.

Konfirmasi Visa USA
Contoh halaman konfirmasi untuk menyelesaikan langkah awal. Saya sensor beberapa informasi penting demi privasi, hehhe.

3. Pembayaran Visa USA

Setelah kamu menyelesaikan langkah di atas, cara daftar visa USA dan langkah berikutnya adalah pembayaran visa. Betul, kamu diharuskan untuk membayar Visa terlebih dahulu sebelum melanjutkan ke sesi wawancara.

Untuk biaya sih selalu tetap karena fee ditagihkan dalam mata uang dollar. Bermacam jenis visa juga berbeda-beda nominal yang ditagihkan. Untuk jenis visa non-immigrant yang saya daftarkan dikenakan biaya $160 atau dikonversikan secara otomatis oleh sistem mereka menjadi Rp. 2.400.000.



Kamu akan mendapatkan email notifikasi untuk melakukan pembayaran melalui CIMB Niaga dan mendapatkan virtual account number yang khusus dikaitkan dengan nomer pengajuan visa.

Kamu bisa langsung ke bank tersebut untuk melakukan transfer dan menerima slip transfer yang bisa kamu simpan, atau bisa juga melakukan pembayaran melalui mBanking / internet banking manapun dengan memasukkan tujuan bank CIMB Niaga dan nomer rekening dengan virtual account number tadi.

Konfirmasi Pembayaran Visa
Slip petunjuk pembayaran visa.

3. Wawancara Visa USA

Langkah berikutnya adalah memilih waktu wawancaramu. Ketika kamu menyelesaikan pembayaran, nantinya kamu akan memasukkan Virtual Account Number tadi untuk sebagai kode yang diperlukan untuk memilih jadwal wawancara.

Baca Juga:  Lembah Indah Malang? Yuk Mampir Ke Destinasi Glamping Indah Nan Seru Di Malang Nih!

Jadwal wawancara sih, tergantung dari ramainya pendaftar. Di Indonesia ada pilihan antara Jakarta dan Surabaya. Teman kerja saya yang juga mengajukan pendaftaran visa US dengan tujuan yang sama, memilih Kantor Kedutaan Jakarta. Saya sendiri karena lahir di Surabaya, memilih Konjen Surabaya.

Ternyata, wawancara di Surabaya mempunyai slot kosong lebih banyak. Kurang lebih saya bisa mengajukan waktu wawancara 2 bulan setelah selesai menyelesaikan proses di atas. Teman saya? Harus menunggu 5 bulan 🙂

Wawancara biasanya dimulai dari jam 9 sampai jam 4 sore. Kamu bisa memilih di antara jam-jam tersebut. Setelah menentukan pilihan waktu wawancara, kamu akan menerima konfirmasi lewat email untuk jadwal tersebut.

Konfirmasi Wawancara Visa
Bukti konfirmasi pembayaran visa sebagai salah satu cara daftar visa USA.

Tips Wawancara Visa Ke USA

Well, mengingat ribetnya proses wawancara dan harus melalui proses yang panjang, berdasarkan pengalaman pribadi kamu bisa mengikuti tips wawancara visa berikut ini:

  • Bawa print semua dokumen. Itu termasuk, Passpor (Baru & Lama), Surat Keterangan (Kantor / Travel), Lembar Konfirmasi Wawancara, Lembar Konfirmasi Pengisian Formulir, Bukti Slip Transfer Pembayaran, dan juga bawa KTP.
  • Datang 1 jam sebelum waktu wawancara. Karena sebelum masuk ke kedutaan, kamu harus menunggu antrian masuk untuk pemeriksaan keamanan. Belum antrian wawancaranya ya.
  • Ketika masuk, kamu akan diminta untuk untuk meninggalkan KTP dan juga alat elektronik untuk dimatikan semua. Hanya boleh masuk membawa kertas tanpa ada benda tajam / cair di kantong atau tas yang di bawa.
  • Setelah masuk area kedutaan, kamu harus menunggu lagi nomer antrian untuk dipanggil oleh petugas.

Bagaimana proses wawancara tersebut? Here’s the interesting fact. Wawancara hanya butuh waktu 10 menit, tapi semua prosedur keamanan untuk masuk dan antri dan lain-lain bisa menghabiskan waktu sampai 2 jam 🙂

Saya datang jam 7 pas untuk wawancara jam 8.30. Baru dapat dipanggil oleh pewawancara jam 10.45. Jam 11 sudah selesai. Wkwkk



Apa Yang Ditanyakan Ketika Wawancara Visa Ke USA?

Sebenarnya pertanyaan mudah. Hanya menanyakan ulang apa yang telah kamu tulis di formulir tadi. Oh iya, kamu juga perlu menampilkan beberapa dokumen yang diperlukan untuk menguatkan alasan kenapa visa kamu harus disetujui. Bisa menggunakan dokumen yang telah kamu siapkan sebelumnya.

Dan juga, meskipun pewawancara bisa berbahasa Indonesia, tapi mayoritas percakapan akan menggunakan bahasa Inggris. Jadi ya, persiapkan juga beberapa kosakata yang mungkin akan kamu gunakan untuk menjelaskan maksud tujuanmu bepergian ke Amerika.

Setelah selesai wawancara, kamu akan diberikan konfirmasi saat itu juga apakah visamu disetujui atau ditolak. Jadi pastikan kamu tidak grogi dan juga menjawab seperlunya untuk pertanyaan-pertanyaan dari pewawancara tersebut ya!

4. Selesai! Visa USA Disetujui!

Nah ketika kamu selesai wawancara dan menerima kabar saat itu juga, akan ada lembar pemberitahuan kalau visamu disetujui.Ternyata, beda Konjen beda juga lembar tersebut.

Kalau di Jakarta, menurut teman yang juga mengajukan disitu ketika selesai wawancara dan disetujui maka akan diberikan lembar kertas putih. Sedangkan kertas warna merah jamu / pink untuk penolakan visa.

Kalau di Surabaya, lembar persetujuan tersebut merupakan secarik kertas kecil yang bertuliskan bahwa visa telah disetujui. Berikut penampakan kertas pembawa berita gembira tersebut.

Visa Disetujui
Kertas ini sebagai tanda jerih payah kamu mengajukan visa telah selesai.



Pengiriman / Pengambilan Visa

Nah, setelah semua telah selesai dan visa yang telah kamu usahakan telah disetujui, kamu akan mendapatkan notifikasi di dashboard yang telah kamu punya itu. Buat yang memilih opsi untuk mengambil visa di Kedutaan, akan ada instruksi yang menyusul.

Buat yang memilih opsi untuk diantar ke alamat tertentu dan telah membayar biaya, nantinya visa dan paspor akan dikirim langsung ke alamat yang ditentukan. Biasanya kurir pengantaran adalah RPX.

Dari selesai wawancara sampai ke pengiriman kurang lebih 1 Mingguan. Alhamdulillah kelar!

Jadi begitu teman-teman semuanya, cara daftar Visa USA yang berlangsung kira-kira 2 bulan. Kalau kamu sedang mengajukan proses semoga berhasil ya! Yang mengalami penolakan visa, kamu masih bisa mengajukan lagi koq. Semoga lain waktu bisa disetujui ya!

Kalau kamu mau bertanya atau meninggalkan komentar untuk menambahkan, silahkan menulisnya di bawah ini. Sehat selalu orang baik! (ANP)

Anggarda Putra

A long-lost traveler who enjoys a sip of cappuccino every morning.

Anggarda Putra has 111 posts and counting. See all posts by Anggarda Putra

Leave a Reply

Your email address will not be published.