Cara Hapus Akun Prakerja 2021 Mudah Dan Terbaru Dengan Beberapa Langkah Ini!

Beritahu yang lain

Cara Hapus Akun Prakerja 2021 Mudah Dan Terbaru Dengan Beberapa Langkah Ini! – Hai pembaca setia Tanda Koma yang berniat untuk menghapus akun prakerja tapi bingung mau memulainya dari mana, simak artikelnya sampai kelar ya untuk tahu jawabannya!

cara hapus akun prakerja
Diluncurkan oleh pemerintah untuk membantu persiapan dalam mencari kerja nih, kamu sudah punya akunnya?

Sejak pertamakali diluncurkan, program pemerintah yang satu ini memang banyak sekali yang menggunakannya. Karena dalam hal ini, pemerintah ingin mengembangkan kualitas para pencari kerja ataupun yang sudah bekerja apabila membutuhkan untuk meningkatkan kompetensi diri sebelum bekerja.

Memang sih, ketika masa pandemi kemaren kan kita kebanyakan pada tinggal di rumah saja. Sedang tidak mungkin untuk beraktivitas di luar rumah, sedangkan pandemi juga diyakini akan berakhir juga.

Makanya pemerintah memang berniat untuk meningkatkan produktivitas serta daya saing individu yang disiapkan sebelum masuk ke dunia kerja. Hal ini untuk menumbuhkan kualitas yang baik dari dalam diri para pekerja agar mampu berwirausaha.

Dengan begitu pengembangan kompetensi ini akan banyak melahirkan anak-anak muda dengan jiwa yang kuat untuk bisnisnya. Jadi ketika masa tidak bisa keluar, belajar dulu dengan teori yang mumpuni sebelum nanti terjun bebas di dunia kerja langsung, kan!

Apa Itu Kartu Prakerja?

Kartu Prakerja merupakan sebuah kartu yang diprogram pemerintah untuk rangka pembinaan serta pelatihan untuk rakyat Indonesia pada pemerintahan Presiden Joko Widodo. Sehingga saat kamu mendaftarkan diri maka kamu akan mendapatkan pelatihan dan pembinaan.

Jika kamu berniat untuk mendaftarkan diri ke akun Prakerja, caranya cukup mudah, kamu hanya perlu memenuhi persyaratan seperti bahwa kamu WNI atau warga Negara Indonesia, usia minimal adalaj 18 tahun dan tentunya tidak sedang dalam menempuh suatu pendidikan formal.

Baca Juga:  Cara Membuat Akun Gmail Pribadi Yang Ringkas & Mudah? Bisa Langsung Praktek, Nih!

Apabila syarat di atas sudah kamu penuhi maka kamu bisa melanjutkannya ke tahap pendaftaran ya. Cara mendaftar ke akun prakerja 2021 antara lain sebagai berikut:

  • Buka https://dashboard.prakerja.go.id/daftar untuk langkah pertama
  • Kemudian masukkan email kamu yang aktif dan juga password
  • Lalu, klik bagian persetujuan pada syarat, ketentuan dan kebijakan Prakerja yang muncul
  • Kemudian klik bagian untuk buat akun
  • Lanjutkan dengan mengecek email untuk konfirmasi serta mengaktifkan akun prakerjamu

Langkah di atas bisa kamu lakukan untuk daftar ke akun prakerja. Jika sudah berhasil kamu bisa melakukan beberapa persyaratan lainnya yang sudah diprogram oleh pemerintah. Oleh karena itu, meskipun sudah mendaftar namun belum tentu kamu lolos seleksi pada program prakerja ini.



Tidak heran jika kemudian banyak yang mencari cara hapus akun prakerja pasca tidak lolos tahapan selanjutnya. Namun ada beberapa alasan lain yang bisa membuat beberapa pendaftar prakerja ingin menghapus akunnya secara permanen.

Namun apabila kamu gagal dan berniat untuk mengikuti test di bulan berikutnya, maka kamu tidak perlu untuk menghapus akun prakerja tersebut. Karena sebenarnya, bisa kamu gunakan kembali tanpa perlu mendaftar lagi ke akun prakerja.

Cara Hapus Akun Prakerja 2021

Akan tetapi jika kamu sudah yakin dan berniat tidak akan mendaftarkan prakerja, maka kamu bisa melakukan penghapusan secara permanen melalui beberapa langkah yang bisa kamu coba dalam cara hapus akun prakerja di bawah ini.

Dikarenakan tidak ada pilihan menu untuk me-non-aktifkan atau delete akun prakerja maka kamu perlu untuk melakukan permohonan hapus akun melalui bantuan CS prakerja. Inilah cara hapus akun prakerja yang paling mudah dan cepat.

1. Buka Situs Prakerja

Pertama-tama kamu perlu untuk masuk atau membuka situs prakerja dulu:

cara hapus akun prakerja
Masuk dulu ke situsnya. Sumber foto: Prakerja.go.id

2. Pilih Formulir Aduan

Lalu setelah itu kamu bisa gulir atau scroll ke bawah dan klik bagian gambar email aduan pada situs prakerja seperti gambar di bawah:

cara hapus akun prakerja
Lanjutkan dengan memilih formulir pengaduan. Sumber foto: Prakerja.go.id



3. Form Pengaduan

Kemudian kamu akan diarahkan untuk mengisi form data diri pada ‘form pengaduan’. Kamu bisa mengajukan permohonan untuk menghapus akun dari formuliar pengaduan di sini ya!

cara hapus akun prakerja
Tulis alasanmu di sini ya. Sumber foto: Prakerja.go.id

4. Klik Send Message

Lalu setelah selesai mengisi data diri maka kamu bisa kirim pesan dengan klik tombol ‘kirim pesan’, tapi sebelumnya kamu perlu untuk mencentang bagian yang ditandai seperti di bawah ini ya untuk melanjutkan:

cara hapus akun prakerja
Centang dulu sebelum mengirim formulir tersebut. Sumber foto: Prakerja.go.id

5. Email Konfirmasi

Setelah itu kamu akan mendapatkan email konfirmasi pada akun email milikmu, silakan ikuti petunjuk yang dikirimkan melalui email tersebut ya. Jangan lupa untuk memastikan kalau pengirim notifikasi email tersebut beneran datang dari prakerja supaya kamu bisa menghindari scam!



6. Selesai! Akun Prakerjamu Telah Dihapus

Tahap akhir setelah kamu mengirimkan email permohonan penghapusan akun prakerja, kemudian kamu hanya perlu menunggu kurang lebih 7×24 jam untuk proses dari pihak prakerja dalam menghapus akunmu secara permanen.

Baca Juga:  Cara Hapus Gmail Permanen Dengan Mudah Dan Cepat Di 2021!

Setelah kamu tunggu dan ikuti cara yang dijelaskan, selesai deh. Akun Prakerjamu telah terhapus!

Cara Hapus Akun Prakerja
Gak harus pusing dengan akun Prakerjamu, karena kamu masih bisa berkesempatan untuk mengikuti gelombang berikutnya ya!



Nah, cara hapus akun prakerja di atas sangat mudah dan cepat dilakukan ya. Jadi buat kamu yang berencana hapus akun bisa gunakan cara di atas. Semoga bermanfaat dan membantumu dalam menghapus akun prakerja ya.

Jika kamu punya saran atau cara lain dalam penghapusan akun prakerja, kamu boleh kok berbagi di kolom komentar. Siapa tahu membantu pembaca lain dalam mencari cara hapus akun prakerja ini. Jaga kesehatan dan patuhi prokes selalu. Selamat mencoba ya! (MEL)


Beritahu yang lain

Melina

Penikmat dongeng dan jendela.

Melina has 30 posts and counting. See all posts by Melina

Leave a Reply

Your email address will not be published.