Inbox Gmail Terbaru

Cara Membuat Akun Gmail Pribadi Yang Ringkas & Mudah? Bisa Langsung Praktek, Nih!

Beritahu yang lain
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Cara Membuat Akun Gmail Pribadi Yang Ringkas & Mudah? Bisa Langsung Praktek, Nih! – Hai pembaca setia Tanda Koma yang sedang membutuhkan akun email. Gmail sebagai salah satu raksasa teknologi mempunyai layanan email yang sangat aman dan memuaskan. Untuk membuat akun email sangatlah mudah. Yuk cek caranya dan langsung praktek di bawah ini ya!

Membuat Akun Gmail Pribadi
Membuat akun Gmail pribadi itu memang mudah, apalagi nanti ada banyak fitur yang bisa diakses dengan email barumu.

Di era digital sekarang ini, mempunyai Email adalah suatu keharusan. Karena banyaknya layanan digital yang kita gunakan mulai dari membaca berita terpilih, berinteraksi dengan teman-teman secara online, hingga menggunakan aplikasi tertentu.

Semua yang dilakukan tersebut akan mengharuskan kamu untuk mempunyai akun email demi proses verifikasi identitas sebelum bisa melanjutkan penggunaan layanan yang kamu pilih.

Tentunya, ketika kamu memilih untuk membuat akun Email untuk digunakan sehari-hari, kamu akan mempunyai banyak pilihan Email. Yang terbaik daripada yang lain salah satunya adalah Google Mail atau disingkat Gmail.

Sebagai salah satu raksasa teknologi, mempunyai akun Gmail akan memudahkanmu untuk mengakses layanan dari Google lainnya. Seperti Google Maps, Google News, Google PlayStore, dll. Disamping itu, ternyata Gmail juga salah satu penyedia layanan Email yang paling aman.

Yuk cek cara membuat akun Gmail yang sangat mudah dan ringkas di bawah ini!



Membuat Akun Gmail Pribadi 2021

Cara-cara yang disusun di bawah ini sangatlah mudah. Perhatikan dengan baik-baik dan kamu bisa langsung mencobanya dengan membuka Tab baru di browsermu di sebelah. Simak berikut ini:

1. Membuka Situs Gmail

Langkah pertama adalah dengan membuka situs Gmail terlebih dahulu. Bisa kamu klik di sini untuk mengarahkan kamu langsung ke halaman tersebut. Gambar perjelas ada di bawah ini.

Lalu klik “Buat Akun”

Buat Akun Gmail

2. Isi Detail Identitas

Langkah selanjutnya adalah tampilan formulir yang bisa kamu isi dengan identitas pribadi kamu. Untuk keterangan lebih lanjut mengenai kebijakan privasi Google, kamu bisa mengakses penjelasan tersebut di sini.

Setelah mengisi identitas diri, kamu bisa melanjutkan dengan memilih nama email pribadimu dengan akhiran xxx@gmail.com.

Tipsnya adalah, pastikan nama email adalah nama yang merefleksikan identitas diri sehingga ketika nanti kamu menggunakan alamat email tersebut untuk kepentingan formal (melamar kerja, misalnya) penerima email tidak akan terkejut karena mendapatkan inbox masuk dari “PendekarPedang15@gmail.com”. Hehhe

Buat Akun Gmail 2

Lanjutkan dengan mengisi kata sandi yang rumit, tapi mudah diingat. Kalau kamu menggunakan Smartphone, secara otomatis gawaimu akan menyimpan password yang telah kamu masukkan. Klik “Berikutnya”.

3. Verifikasi Nomer Telpon

Langkah berikutnya adalah dengan memasukkan nomer telpon. Untuk mencegah bot / program jahat membuat jutaan email palsu, maka Google menyediakan verifikasi untuk setiap usaha membuat akun Gmail pribadi dengan memasukkan nomer telpon.

Baca Juga:  Gabungan TV OLED 8K Versus PS5 (Playstation 5). Kombinasi EPIC PARAH!

Nomer telpon yang dimasukkan akan kemudian menerima SMS / Telpon dari Google yang menginformasikan kode masuk. Pastikan kode wilayah sudah sesuai dengan nomer telpon yang akan kamu masukkan.



Merah Putih untuk Indonesia dengan kode wilayah +62, dan seterusnya.

Buat Akun Gmail 3
Buat Akun Gmail 3

Lanjutkan dengan memasukkan kode verifikasi tersebut.

4. Masukkan Data Identitas Tanggal Lahir

Langkah selanjutnya adalah memasukkan data tanggal lahir. Ini juga merupakan upaya dari Google untuk membatasi akses informasi yang bisa didapatkan oleh orang dewasa atau anak-anak.

Setelah mengisi data identitas tanggal lahir, lanjutkan dengan memilih opsi untuk “Optimalkan Nomer Telpon”. Yang berarti, nomer yang telah kamu daftarkan akan bisa digunakan juga untuk mengakses layanan Google yang lainnya seperti Google Ads, menerima panggilan video dan pesan, dll.

5. Masuk Ke Inbox Gmail Pertama

Setelah menyetujui pop-up untuk privasi layanan dari Google yang akan menyimpan data-data pribadi kamu, kamu akan dialihkan langsung ke halaman pertama dari Inbox Gmail yang sekarang berisi email-email pribadimu.

Nah cukup mudah kan sebenarnya untuk membuat akun Gmail pribadi ini? Hanya dengan membutuhkan akses internet dan juga nomer telpon, kamu bisa membuat akun Gmail untuk kebutuhanmu. Untuk update per July 2021, kamu bisa membuat hingga 4 akun Gmail yang bisa dikaitkan dengan verifikasi 1 nomer telpon.



Kegunaan Akun Google Termasuk Gmail

Setelah kamu membuat akun Gmail pribadi perdanamu, mungkin kamu bertanya-tanya apa kegunaan email ini? Atau juga sebenarnya apa kelebihan Gmail yang sering dipakai oleh masyarat digital pada umumnya?

Ternyata, hasilnya sangat mengejutkan. Karena kelebihan-kelebihan dari Gmail sangatlah banyak sehingga itu menarik para pengguna layanan ini. Termasuk dari mereka adalah yang mencari kegunaan akun Google.

Penasaran lebih lanjut? Berikut adalah kegunaan dan kelebihan Gmail yang visioner!

1. Gmail Selalu Mempunyai Fitur Terdepan

Masihkah kamu ingat ketika Gmail adalah sebuah layanan email biasa? Yang ketika kamu pakai kemudian kamu disuguhkan dengan beragam fitur yang unik dan belum ada di provider Email lainnya?

Kegunaan Akun Google
Google dengan segala fiturnya pasti bersaing dengan baik dengan kompetitornya termasuk dalam layanan Email.

Untuk pengguna lama dari layanan Email, pasti ingat ketika Gmail meluncurkan fitur futuristik seperti penggunaan Voice-To-Text systems (VoIP) yang memudahkan kamu menulis Email hanya dengan menggunakan suara melalui mikrofon?

Baca Juga:  Macam Fitur Mobil Listrik Tesla. Mana Favorit Kamu?

Atau juga ketika layanan Gmail yang berbasis Web mempunyai fitur Autoreply yang kebanyakan dimiliki oleh Program semacam Outlook, dkk?

Kelebihan akun Google adalah mereka tidak main-main untuk selalu menambah fitur untuk mempermudah pengguna. Hal itu, juga bisa kamu rasakan di penggunaan Gmail nantinya.

2. Gmail Menghemat Waktu Lebih Banyak

Ketika kamu sering menggunakan Email untuk kerja dan juga untuk keperluan pribadi, pasti ada saatnya ketika inbox yang kamu miliki tertimbun dengan banyaknya Email yang masuk.

Dengan Gmail, kamu bisa meminimalisir waktu yang dibutuhkan untuk menjawab Email-Email tersebut. Karena salah satu kelebihan Gmail yang unik adalah Smart Compose Feature.

Inbox Gmail Terbaru
Gmail dengan semua fiturnya yang unik bisa mempermudah kamu untuk menyelesaikan pekerjaan surat-menyurat dalam sehari.

Smart Compose Feature yang dimaksud adalah ketika kita menulis Email di Gmail, setiap kita menyelesaikan satu kata Gmail akan secara otomatis menyelesaikan kata tersebut dengan kalimat yang sering kita pakai.



Cukup dengan menekan tombol Tab, maka satu kalimat penuh akan langsung diketikkan oleh Google. Hmm, mudah dan ringkas kan?

3. Gmail Lebih Aman

Untuk menghadapi SPAM yang terlalu banyak menyerang Inbox, Gmail mempunyai fitur penyaring yang lebih handal. Terlebih, ketika ada Email yang masuk dan termasuk di kategori ‘mencurigakan’, Gmail akan secara langsung memberitahumu bahwa Email tersebut adalah berpotensi SPAM.

Tentang privasi dan keamanan dari Gmail, selain menerapkan sistem keamanan 2FA (2 Factors Authentication) Google juga mempunyai dinding keamanan yang cukup tebal. Ketika ada seseorang yang ingin mendobrak akunmu, Google akan memperingatimu dengan memunculkan notifikasi di Smartphone.

Sangat mudah dan aman, kan?



4. Integrasi Dengan Layanan Google Lainnya

Selain itu, ketika kamu telah menggunakan Gmail, kamu juga akan mempunyai integrasi yang mudah dengan layanan Google lainnya.

Maka jangan salah, ketika kamu menggunakan Google Doc semisal, kamu akan mempunyai tambahan opsi untuk membagi sebuah dokumen yang penting ke dalam Email dan langsung menyediakan preview thumbnail yang menarik untuk itu.

Kelebihan Akun Google
Kemudahan untuk mengintegrasikan layanan dari Google adalah salah satu trik untuk pengalaman yang nyaman ketika menggunakannya.

Jadi, begitulah cara membuat akun Gmail pribadi dan juga kegunaan akun Google yang pastinya mempermudah penggunaan dalam sehari-hari. Terlepas nanti kamu lebih sering menggunakan Gmail ataupun layanan yang lain dari Google.

Kalau kamu menemukan kendala ketika membuat akun Gmail, coba share di kolom komentar di bawah ya. Mungkin juga ada yang menemukan cara untuk menemukan solusinya?

Selamat mencoba dan selamat bereksperimen! (ANP)


Beritahu yang lain
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Anggarda Putra

A long-lost traveler who enjoys a sip of cappuccino every morning.

Anggarda Putra has 103 posts and counting. See all posts by Anggarda Putra

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *