Sampo memberikan nutrisi yang cukup selain juga membersihkan. Pilih sampo yang cocok dengan rambutmu ya!

Cara Mengatasi Rambut Kering Secara Alami? Yuk Simak Di Sini!

Beritahu yang lain
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Cara Mengatasi Rambut Kering Secara Alami? Yuk Simak Di Sini! – Hai sobat Tanda Koma. Rambut adalah mahkota yang bila terawat dengan baik, akan menunjang penampilan dan menambah kepercayaan diri kamu. Namun, bagaimana bila kamu sudah merawat rambut dengan baik, menggunakan shampoo yang sesuai, dan mengaplikasikan vitamin rambut, tapi tetap saja rambut terasa kering, kusam dan mudah rontok? Yuk simak penyebabnya dan cara memberikan sentuhan yang sesuai dengan tipe rambut kamu!

Rambut Lemas Terurai
Rambut sehat membuat mood lebih baik dan meningkatkan confidence kamu buat menghadapi hari kan?

Air Sadah (Hard Water)

Banyak penyebab rambut menjadi kering dan kusam. Salah satunya kemungkinan adalah adalah air keran yang kamu gunakan. Ya, salah satu faktor yang cukup sering merusak rambut adalah air yang terlalu sadah yang digunakan ketika keramas.

Air yang sadah, atau dalam bahasa Inggris sering dikenal sebagai hard water, adalah air yang mengandung mineral yang terlalu tinggi, contohnya kalsium dan magnesium. Cara mengenalinya cukup mudah, apabila ada bercak putih di sekitar keran air kamu, mungkin itu adalah salah satu gejala bahwa sumber air kamu memiliki kandungan mineral yang terlalu tinggi. Apabila mineral ini menumpuk di rambut, maka ia akan menyebabkan lapisan yang menyelimuti rambut dan menghalangi kelembaban masuk ke rambut kamu.



Lalu, bagaimana cara mengatasi masalah ini dan memperbaiki rambut rusak akibat hard water?

Rambut Sehat
Kala rambut sehat, mau dirawat dan dimodel seperti apapun pastinya bisa.

1. Pasang Filter “Pelembut” Air Di Shower

Soft water adalah lawan dari hard water, sehingga konsentrasi mineral yang dikandung tidak setinggi air sadah. Air yang sudah disaring kesadahannya, akan lebih sehat dan lebih bersih untuk rambut kamu. Nah, apabila rumah kamu memiliki banyak kamar mandi, kamu dapat memasang sistem penyaring kesadahan air. Sayangnya, harga yang dibutuhkan cukup mahal.

Baca Juga:  Santorini Jogja Di Kaki Bukit Merapi? Kenalin Spot Rekreasi Paling Seru Buat Keluarga!

Namun, apabila kamu ingin lebih irit, ada filter penyaring kesadahan yang cukup compact dan praktis yang bisa langsung dipasang di shower kamu.

Rambut Sehat Keriting
Rambut yang terlalu kering karena air sadah seringkali mengembang dan kusut, tidak mudah untuk dibentuk.

2. Gunakan Sampo

Jenis sampo yang bisa kamu gunakan untuk memperbaiki mengembalikan kesehatan rambut kamu adalah clarifying shampoo, yakni sampo khusus yang dapat membersihkan rambut kamu dari penumpukan mineral setelah terpapar air sadah yang cukup lama. Kamu dapat menggunakan sampo ini seminggu sekali atau lebih sering sesuai kebutuhan.



Baru setelah terasa bersih dari mineral, kamu bisa menyesuaikan sampo yang ingin didapatkan manfaatnya. Dari pelembut hingga pemberi efek hitam dan tebal.

Sampo Sehat Untuk Rambut
Sampo memberikan nutrisi yang cukup selain juga membersihkan. Pilih sampo yang cocok dengan rambutmu ya!

3. Pilih Masker Rambut

Kembalikan kelembutan rambutmu dengan menggunakan masker rambut secara rutin, sebaiknya dua kali seminggu. Masker rambut dapat membantu kutikel rambut menutup sehingga kelembaban rambutmu terkunci dan tidak mudah terbentuk penumpukan mineral.

Manfaat masker rambut umumnya lebih bersifat jangka panjang, dan cocok digunakan bergantian setelah menggunakan sampo. Kelebihan dari masker rambut adalah efeknya yang terasa tahan lama dan juga:

  • Melembapkan dan menjaga kelembapan rambut.
  • Memperkuat rambut hingga ke akarnya agar tidak mudah patah maupun rontok.
  • Mendorong petumbuhan rambut agar lebih tebal.
  • Melembutkan rambut dan menjadikannya tidak mudah kusut.
  • Mengembalikan kilau alami rambut.
  • Memperbaiki rambut yang rusak dan menjaganya tetap sehat.
Sampo Rambut Sehat
Penggunaan masker dan serum rambut yang cocok membuat rambut memiliki ketebalan yang sempurna dan tidak mudah rontok.

4. Bilas Rambut Dengan Cuka Atau Jeruk Nipis

Cuka dan adalah larutan yang sangat baik untuk menghapus tumpukan kotoran. Saat kamu membilas rambut dengan larutan cuka, pH asam dari cuka akan membilas tumpukan kalsium yang menempel di rambut.



Kamu dapat menggunakan jenis cuka apapun, tapi yang paling bagus adalah cuka apel, larutan cuka dapat dibuat dengan mencampur air dan cuka sebanyak 1 bagian cuka dibanding 2 bagian air. Bilaskan larutan ini setelah selesai menggunakan sampo, biarkan lima menit, lalu bilas dengan air seperti biasa. Oh ya, jangan gunakan terlalu sering, ya. Cukup satu kali saja dalam seminggu.

Baca Juga:  Susu UHT Untuk MPASI? Simak Berikut Merek Yang Baik Dan Anjuran Dari Dokter

Selain cuka, kamu juga dapat melakukan hal yang sama menggunakan jeruk nipis atau lemon dengan perbandingan 1 jeruk : 3 air.

Vitamin Rambut
Untuk extra care, kamu bisa memilih serum yang cocok dengan kebutuhan rambutmu atau bisa menggunakan resep tradisional seperti cuka dan jeruk nipis.

Nah itu dia tips untuk mempercantik rambutmu dan memperindah dengan tips yang bisa kamu terapin di rumah. Jangan lupa untuk me-review produk yang akan kamu beli sebelum memakainya ya. Kebanyakan memakai dulu baru tau apakah produk itu ataupun cara yang dicontohkan sesuai dengan kebutuhan rambutmu sendiri yang terkadang berbeda-beda di setiap orang.

Begitulah cara mengatasi rambut kering secara alami. Atau kamu punya resep untuk mengatasi rambut yang kering dan kusam dan cocok dengan kondisi rambut? Share di kolom komentar di bawah ya! (ANP)


Beritahu yang lain
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Dr. Tasiah N. Nur

Those who wander are never lost.

Dr. Tasiah N. Nur has 10 posts and counting. See all posts by Dr. Tasiah N. Nur

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *