Cara Merakit Komputer 2021 Secara Mandiri, Kamu Wajib Tahu Nih Sebelum Eksekusi!

Beritahu yang lain
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Cara Merakit Komputer Secara Mandiri, Kamu Wajib Tahu Nih Sebelum Eksekusi! – Hai pembaca setia Tanda Koma yang perlu banget tips merakit komputer sendiri di rumah. Sebelum merakit PC impianmu, coba baca dulu tips-tips berikut ya!

Merakit PC
Punya tips andalan baut ngerakit sendiri PC Desktop? Yang sesuai selere pastinya ya!

Banyak anak-anak muda di jaman sekarang ini rata-rata serba bisa. Bisa karena ada kemauan dan juga keinginan untuk melakukannya. Salah satunya adalah cara merakit komputer yang tiap orang pasti punya atau ingin bisa di hal ini.

Entah dengan kebutuhan akan spek tinggi, ataupun ingin merakit sesuai dana yang kamu punya, pastinya mempunyai PC Desktop impian bakal jadi hal yang bisa diharapkan loh kalau kamu bisa.

Bagi kalian yang akan merakit komputer secara mandiri atau sendiri di rumah, bisa banget nih buat ikutin tips atau cara yang bakalan dijabarkan di bawah ini buat panduanmu ya.

Apalagi untuk kamu yang tidak memiliki skill atau pun dasar teknik dalam perakitan. Jangan khawatir, karena kamu bisa dengan mudah dan cepat dengan langkah-langkah berikut.

Yuk ikuti pelan-pelan, semoga nanti kamu bisa merancang sendiri PC Desktop impianmu. Yuk dimulai!

Persiapan Merakit Komputer

Sebelum merakit komputer tentu saja kamu harus mempersiapkan beberapa komponen yang nantinya digunakan. Sehingga perjalananmu merakit akan lebih mudah, cepat dan lancar jika semua sudah tersedia. Kamu bisa dengan menyiapkan daftar komponen tersebut.

Dalam tahapan cara merakit komputer kamu perlu tahu bahwa hal ini harus dilakukan secara urut atau runtun ya. Agar nantinya tidak ada satu pun yang terlewat dan mengalami kesalahan perakitan.

Rakitan PC Gaming
Salah satu kemahiran merakit PC nanti bisa dilihat di tahap akhir ketika hasil rakitan bisa diselingi desain yang apik.

Setelah menyiapkan daftar tersebut, kamu perlu mengetahui rute ato cara kerja dan alur dari tiap komponen dari PC yang akan kamu rakit ini. Soalnya nanti, setelah perakitan selesai, maka kamu harus mengujinya sebagai tahapan akhir yang perlu dicoba.

Menguji ini bisa dimaksud dengan menyalakannya terlebih dahulu. Dengan begitu kamu harus melakukan testing terhadap komputer yang kamu rakit.Jika berfungsi secara normal maka tidak jadi masalah ya dan masuk proses booting dengan lancar.



Namun apabila menemui kendala dalam tahap akhir ini tentu saja akan menimbulkan permasalahan yang harus segera di atasi. Nah, cara mendeteksi ini nanti bisa dijelaskan lebih lanjut.

Mayoritas sih, kamu bisa mendengar bunyi beep bisa dari CPU yang bisa kamu dengarkan dengan baik dan memahami apa arti bunyi tersebut. Ataupun juga, bisa kamu lihat di tampilan monitor nantinya.

Tutorial Cara Merakit Komputer

Banyak cara dalam merakit komputer dan setiap orang tentu memiliki jalan pintasnya sendiri-sendiri. Namun harus diingat dalam perakitan ini kamu perlu menyusun sesuai dengan urutan dalam pemasangan.

Sehingga, pastikan kamu melakukannya dengan benar saat akan merakit komputer ya. Setidaknya kamu mengetahui dasar dan urutannya dalam merakit karena bisa memudahkanmu dan juga menjaga keamanan dan kestabilan komponen yang kamu rakit.

Baca Juga:  Cara Buat Facebook Page Dalam 10 Menit. Cepat Dan Ringkas, Guys!

Beberapa langkah berikut ini bisa membantu atau memudahkanmu dalam cara merakit komputer dengan urut, cepat dan benar. Ikuti panduan di bawah ini untuk lebih jelasnya.

1. Menyiapkan Casing Yang Sesuai

Langkah awal yang perlu dilakukan adalah dengan menyiapkan casing yang sesuai dengan kebutuhanmu. Mayoritas casing sekarang telah memiliki beberapa bulir baut yang bisa menerima tempelan Motherboard dan juga HDD yang siap tinggal pasang.

Kamu bisa mengambil casing komputer yang besar dan lenggang, atau memilih yang kecil dan compact. Tergantung kebutuhan dan juga dana yang kamu miliki ya. Pastikan di awal kamu tahu kalau casing kamu bisa menampung jumlah komponen yang ingin kamu tanam.

Casing CPU
Mayoritas Casing sekarang sudah menanamkan model yang keren dan transparan. Karena sudah dipasang lampu-lampu yang bisa menghias nyala dari CPU itu sendiri loh.

Hitung baik-baik jenis Motherboard, HDD, GPU, dan juga PSU. Apakah semua bisa masuk ke dalam casing yang kamu pilih tersebut. Berikutnya, coba buka dan kosongkan casing, tidak perlu semua dibuka cukup satu sisi saja.

Simpan dengan baik semua mur-mur yang ada di dalam box casing ya. Nanti ada saatnya kamu membutuhkan mur-mur tersebut untuk mulai menempelkan komponen ke dalam casing.



2. Buka Processor Pelan-Pelan

Kenapa aku bilang pelan-pelan, karena Processor ini adalah inti dari semua proses komputasi dari CPU. Dan juga, ada banyak transistor kecil-kecil yang ditanam di satu lempeng Processor.

Setiap Processor, mempunyai jenis soket yang berbeda-beda. Jadi pastikan Motherboard yang kamu beli bisa cocok dan compatible dengan Processor yang telah kamu siapkan juga.

Jadi, setelah membuka casing, kamu perlu memasang Processor di soketnya di Motherboard. Untuk tips yang pro, kamu bisa gunakan thermal paste sendiri yang sudah kamu siapkan supaya Processor awet dan tahan panas.

Soket Processor
Processor itu penting banget dan mahal. Jadi berhati-hati pas masangnya ya.

3. Siapkan Kipas atau Heatsink

Setelah memasang processor ke motherboard tadi, langkah selanjutnya adalah pemasangan kipas atau biasa disebut heatsink. Pasang kipas tepat di atas processor sesuai dengan soketnya tadi.

Pastikan semua terpasang dengan tepat dan kencang sampai ada bunyi klik, dan juga lihat di awal dengan cara memutar kipas. Apakah ada yang menghambat ato perputaran kipas terasa janggal.

Dan juga, tergantung dari jenisnya sih. Kalau kamu gak memakai kipas bawaan dan malah pakai watercooler, bisa jadi kamu membutuhkan ketelitian lebih di tahap pemasangan ini.

Heatsink Processor
Salah satu contoh heatsink, komponen yang dipakai untuk membuang panas dari hasil jalannya unit.

4. Pasang RAM

Memasang RAM (Random Access Memory) adalah tahap selanjutnya dalam cara merakit komputer. Kamu perlu menancapkan RAM pada Socket sampai terkuci dengan baik supaya bisa berfungsi dengan baik nantinya.



Cara memasang RAM adalah dengan membuka kait soketnya, lalu masukkan kepingan RAM sesuai soket dan kaitkan kembali hingga bunyi klik.

Pastikan kamu sudah menyiapkan RAM yang sesuai budget ya, kalau bisa ambil RAM keluaran model terbaru supaya nanti performa dari CPU yang sedang kamu rakit ini juga maksimal.

Soket RAM
Kepingan RAM yang bisa kamu persiapkan sebelumnya, harus masuk dan berbunyi klik ketika dimasukkan ke soketnya.

5. Hati-Hati Dengan Power Supply (PSU)

Setelah RAM terpasang, langkah selanjutnya adalah memasang power supply pada posisi yang tepat dan sesuai dengan jenis Casing yang kamu gunakan. Pastikan semua terpasang dengan tepat di posisinya dan pas ya.

Biasanya, melihat ukuran dari PSU kamu juga bisa melihat ke dalam slot pemasangan PSU di Casing yang biasanya juga terletak di bagian bawah. Kalau ukuran pas, memasang PSU tinggal memasukkan ke dalam slot dan pas.

Baca Juga:  3 Cara Hotspot Dari HP ke Laptop (Mudah & Dijamin Tersambung!)

Baru kemudian kamu bisa memulai mencocokkan dan mengurai kabel-kabel dari PSU ke arah Motherboard dan juga komponen lainnya yang membutuhkan tenaga listrik.

Power Supply CPU
Kabel Power dari PSU biasanya bulat dan berwarna-warni untuk membedakan dengan kabel data komponen. Pastikan sudah sesuai ya!

6. Memasang Motherboard Ke Casing

Cara merakit komputer selanjutnya adalah dengan melakukan pemasangan motherboard di dalam casing secara tepat. Pastikan baut sudah terpasang dengan benar agar tidak menimbulkan eror saat testing.

Kamu perlu meyakinkan diri terlebih dahulu dan berhati-hati, karena Motherboard memiliki tempat baut yang kadang susah ditangkap mata kalau belum terbiasa. Itu karena desain yang sekarang makin cantik, jadi menemukan lokasi baut pun kadang tersamarkan.



Pastikan kamu bisa memasang semua baut yang ada di Motherboard, ke dalam Casing dengan rapat dan sesuai. Kalau perlu, coba baca ulang petunjuk manual dari Motherboard-nya itu tadi.

Motherboard
Berhati-hati ya ketika mulai memasangkan Motherboard ke Casing, pastikan semua baut terpasang dengan baik.

7. Memasang HDD & GPU Ke Slot

Langkah selanjutnya setelah kamu memasang Motherboard adalah pemasangan Drive pada komputer. Perangkat ini dulu masih berupa Hard Disk biasa dengan kepingan besi yang memutar dan suka membuat suara berdengung.

Tapi sekarang, alangkah baiknya kamu memakai SSD atau Solid State Drive. Teknologi baru ini lebih cepat dari HDD dan mampu dipasang dislot yang disediakan dengan baik.

Selain ringkas dan kecil, kamu bisa memasang ini dengan baik di slot HDD. Casing yang terbaru keluaran sekarang juga punya slot SSD sendiri. Meskipun mahal, tapi dijamin deh kamu gak bakal rugi kalau ganti dari HDD ke SSD.

SSD Murah
Siapin budget buat upgrade ya, soalnya SSD lebih nyaman, cepat, dan mampu mendukung performance yang bagus.

Setelah itu kamu bisa melanjutkan dengan memasang Graphic Card Unit (GPU) yang telah kamu beli ke slot di Motherboard. Pastikan bagian akhir dari GPU tersebut bisa tertampilkan dengan pas di bagian belakang Casing ya supaya kamu bisa menancapkan kabel HDMI dari monitor ke sini dengan mudah.

8. Selesai! Kabel Tersambung Dengan Baik Dan Nyalakan!

Tahap akhir adalah testing atau pengujian. Saat semua sudah tersusun dengan benar dan urut maka kamu perlu mencobanya untuk mengetahui apakah berfungsi dengan baik atau tidak.

Pastikan semua kabel sudah terpasang, dari Power Supply ke HDD dan Motherboard, kabel data dari HDD ke Motherboard, dan kabel-kabel kipas RGB yang mungkin juga kamu pasang.



Setelah semua terpasang dengan baik, penutup casing kamu pasang lagi. Jangan lupa di pasang juga murnya. Setelah itu kamu tinggal pasangkan kabel monitor ke GPU. Dan coba nyalakan, jika berhasil maka kamu akan langsung melewati proses booting dan tersambung dengan loading Operating System yang kamu pakai.

Rakitan PC Sendiri
Ketika sudah terpasang dengan baik, kamu bisa langsung melanjutkan dengan memasang dan mendekorasi Desktop yang kamu sukai nih.

Nah, langkah-langkah di atas bisa kamu gunakan sebagai cara merakit komputer dengan benar dan cepat. Cara-cara di atas mudah dipahami dan digunakan terutama bagi kamu yang baru tahu cara merakit komputer.

Akan ada banyak slot yang berbeda-beda dari tiap komponen, tapi bisa kamu baca dari buku panduan dari box bawaan atau juga dari Google ya. Kurang lebih, cara dan tips di atas cocok untuk pemula atau yang baru saja akan memulai merakit komputer sendiri di rumah.

Jika kamu mau menambahkan tips atau cara lain dalam merakit komputer, boleh banget buat dibagi atau ditulis di kolom komentar ya. Semoga berhasil dan coba bagi spek PC favoritmu di bawah! (ANP)


Beritahu yang lain
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Anggarda Putra

A long-lost traveler who enjoys a sip of cappuccino every morning.

Anggarda Putra has 106 posts and counting. See all posts by Anggarda Putra

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *