Penggunaan Bateri Iphone

Cara Merawat iPhone Battery Supaya Awet & Tahan Lama? Cek Di Sini!

Beritahu yang lain
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Cara Merawat iPhone Battery Supaya Awet & Tahan Lama? Cek Di Sini! – Hai pembaca Tanda Koma yang memakai iPhone dan cukup bosan dengan pemakaian batere yang selalu cepet habis. Kini ada cara jitu buat merawat battery iPhone kamu supaya awet dan tahan bertahun-tahun. Yuk baca terus di bawah ini ya!

Battery iPhone
Battery sebagai pengisi daya untuk gawa canggih seperti iPhone mempunyai kapasitas yang besar, namun kelalaian memakai seringkali mengurangi umur komponen tersebut.

Peluncuran produk terbaru dari iPhone yang menjadi tren pengguna gadget di kalangan masyarakat luas pastinya menimbulkan antusias yang tinggi. Terlebih dari berbagai macam fitur yang diunggulkan demi kenyamanan user, setiap fitur tersebut diluncurkan dengan keunggulan masing-masing.

Meskipun seringkali dipakai dan digunakan sehari-hari, salah satu komponen paling vital yang dibutuhkan oleh iPhone adalah batere yang sekarang bisa diisi dengan fast-charging ataupun dengan metode wireless.

Terlepas dari penggunaan yang intens, ternyata salah memakai ataupun lalai dalam merawat bisa memperpendek umur batere tersebut dan terkadang mengharuskan untuk menggantinya kurang dari 1 tahun pemakaian. Wuih cepetnya!

Tips Battery Health 100%

iPhone mempunyai salah satu fitur yang bisa memonitor penggunaan batere sepanjang pemakaian sejak awal kali kamu membelinya. Ketika pertama kalu meng-unboxing kamu akan menemukan kesehatan bateremu di angka 100%.

Itu berarti kapasitas daya bateremu maksimal dan bisa digunakan semaksimal mungkin untuk bermain game, menelfon, ataupun penggunaan lainnya. Tapi seringkali, setelah beberapa bulan, angka persentase tersebut menurun. Koq bisa?

iPhone Battery 1
Pengguna yang awet dan mengerti cara merawat iPhone bisa mempertahankan Battery Health hingga 100% meski dipakai selama setahun lebih. Keren banget! (Sumber Foto: Twitter @BanyuSadewa)

Untuk penggunaan yang awet dan bisa menjaga kesehatan umur batere yang kamu gunakan, kamu bisa menggunakan tips berikut yang juga di-share oleh user Twitter, kak Banyu Sadewa.

Charging Segera iPhone Battery Di 20%

Ketika memakai iPhone, seringkali kita mendapatkan notifikasi untuk penggunaan yang melebihi di bawah 20% dari kapasitas batere itu sendiri. Jangan diabaikan ya, begitu kamu mendapatkan notifikasi tersebut bahwa iPhone Battery sedang low segerakan untuk mengisi daya dengan charger yang kamu punya.

Baca Juga:  Penghargaan Smartphone Terbaik 2020 (plus harga). Punya Kalian Yang Mana Nih?



Lepaskan Charging Ketika Melebihi 80%

Begitu juga dengan selepas pengisian. Ketika sudah melebihi 80%, jangan sampai masih terhubung dengan charging dan melebihi batas 100% dan masih terkoneksi.

Itu membuat aliran charging masih masuk ke batere dan bisa juga membuat kapasitas batere yang digunakan untuk menyimpan daya menurun dan memperpendek usia iPhone battery tersebut.

Penggunaan Bateri Iphone
Penggunaan Bateri Iphone yang awet akan memudahkan penggunaanmu ketika bekerja ataupun bersantai, ya kan?

Kenapa harus 80% ketika pemakaian? Itu karena iPhone mempunyai opsi untuk Optimized Battery yang dimana ketika batere kamu Low dan sedang kamu isi daya, secara tidak langsung iPhone akan mengisi dari 0% hingga 80% dengan menggunakan Fast Charge yang akan mengisi secara terus menerus.

Ketika memenuhi di kapasitas 80% dan menuju ke 100%, iPhone Battery akan diisi pelan menggunakan pengisian normal supaya battery tetep terisi dan teroptimasi dengan baik.

iPhone Fast Charging
Mode optimisai pengisian daya batere akan menghentikan pengisian daya Fastcharging selewat 80%. (Sumber Foto: Twitter @BanyuSadewa)

Menghindari Pengisian Semalaman

Sesuai dengan yang dijelaskan di atas, pengisian semalaman akan mempengaruhi usia batere yang kamu gunakan. Ingat ya, iPhone selalu menggunakan daya dengan cermat, maka cermati juga penggunaan batere yang kamu isi ya.

Charge 100% Hanya Ketika Butuh

Tapi bukan berarti kamu tidak bisa mengisi daya batere hingga 100% ya. Pastinya bisa menggunakan iPhone secara maksimal adalah tujuan kamu membeli iPhone ini.

Penggunaan pengisian hingga 100% bisa kamu terapkan ketika kamu akan membawa gawaimu pergi keluar ataupun ketika ingin sibuk sehingga akan menggunakan batere iPhone hingga berlama-lama.



Menggunakan WiFi Ketimbang Mobile Data

Betul, menggunakan internet melalui WiFi ternyata lebih bisa hemat daya ketimbang menggunakan internet dari mobile data (cellular). Jadi ketika kamu sampai di tempat umum dan mempunyai fasilitas WiFi yang aman dan kamu percayai, segera aktifkan WiFi-mu dan login ya!

Dengan tips di atas, yang mungkin sedikit repot adalah kapan kamu tahu ketika charging iPhone Battery tersebut waktunya diisi ataupun dilepas. Sekarang, kamu bisa menggunakan salah satu fitur automation atau menggunakan alarm dari iPhone. Simak caranya berikut ini:

Baca Juga:  Kepo Dengan Tiktoker? Begini Cara Mencari Akun Tiktok! [DENGAN PANDUAN GAMBAR]

Cara Setup Automation Alarm iPhone

Automation ini bisa berguna untuk memberitahu kalau sudah waktunya kamu mencabut charger dan menyelesaikan pengisian daya di 80%. Caranya adalah dengan membuat Automation di Shortcut.

Setup Alarm iPhone
Setup Automation Alarm di iPhone untuk membantumu mengingat. (Sumber Foto: : Twitter @BanyuSadewa)

Buka App Shortcut, Klik “Personal Automation”

Setup Alarm iPhone 1
(Sumber Foto: : Twitter @BanyuSadewa)

Scroll Ke Bawah Dan Pilih “Battery Level”

Setup Alarm iPhone 2
(Sumber Foto: : Twitter @BanyuSadewa)



Geser Battery Level Ke “Equals 80%”

Setup Alarm iPhone 3
(Sumber Foto: : Twitter @BanyuSadewa)

Selanjutnya Klik “Next” dan Pilih “Clock”

(Sumber Foto: : Twitter @BanyuSadewa)

Pilih “Start Timer”

(Sumber Foto: : Twitter @BanyuSadewa)



Sesuaikan “Start Timer” Di 5 Seconds

Setup Clock iPhone 3
(Sumber Foto: : Twitter @BanyuSadewa)

Setelah kamu menyeting seperti petunjuk di atas, yang terjadi adalah ketika iPhone Battery yang sedang kamu isi ulang menyentuh 80%, iPhone akan secara otomatis menyalakan timer 5 detik and setelah 5 detik selesai, iPhone akan membunyikan Alarm Timer untuk mengingatkanmu agar segera mencabut daya charger di kapasitas 80%.

Cukup mudah bukan? Kalau kamu mempunyai tips lain untuk memperpanjang umur batere dan menggunakannya dengan baik, share di kolom komentar di bawah ya! Siapa tahu tips juga berguna juga untuk pengguna iPhone lainnya. Stay safe, good people! (ANP)


Beritahu yang lain
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Anggarda Putra

A long-lost traveler who enjoys a sip of cappuccino every morning.

Anggarda Putra has 106 posts and counting. See all posts by Anggarda Putra

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *