Cara Setup Outlook Email Yang Mudah? Simak Panduan Gambar Di Sini!

Beritahu yang lain
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Cara Setup Outlook Email Yang Mudah? Simak Panduan Gambar Di Sini! – Hai pembaca setia Tanda Koma yang otak atik Outlook buat masang E-mail. Mungkin kamu sedang membutuhkan panduan gambar yang ringkas dan mudah buat setup E-mail di Outlook. Kalau iya, terusin membaca sampai bawah ya karena panduan ini disusun semudah mungkin. Cus!

Outlook Email
Begitu kamu bisa men-setup Outlook Email, pekerjaan kantor berasa lebih mudah banget sih.

Menggunakan Email sudah menjadi kebutuhan kita sehari-hari. Terlebih dengan dunia digital yang seringkali menjadi gaya hidup buat kawula muda sekarang dengan terkoneksi di kantor maupun di rumah.

Buat kamu yang sering menggunakan Email di kantor, ataupun dengan aktivitas lain yang membutuhkan koneksi Email, bisa men-setup Outlook di rumah ataupun di gawai favoritmu adalah suatu kemudahan tersendiri.

Karena kamu bisa menggunakan semua fitur Microsoft Outlook yang sangat memudahkan penggunaan Email untuk keperluan sehari-hari. Seperti menggunakan signature, kemudahan interface untuk reply / forward, dan macam-macam lainnya.

Untuk memulai melakukan setup pertama kamu dengan Outlook, kamu perlu membaca dengan pelan dan mengikuti panduan gambar yang dirangkum di bawah ini ya!

Menyiapkan Mail Client Settings

Bagi kamu yang sudah mempunyai Mail Client Settings yang mungkin dibantu oleh orang IT untuk pekerja kantoran, kamu bisa skip step ini. Tapi buatmu yang ingin menggunakan fasilitas Outlook untuk keperluan bekerja dan membantu semangat entrepeneur-mu, yuk mari lanjutkan di bawah.



1. Login Ke C-Panel – Pilih “Email Accounts

Awalkali, masuk ke C-Panel dan pilih opsi Email Accounts seperti contoh di bawah ini.

email accounts

2. Klik “Connect Devices”

Setelah itu, kamu akan menemukan beberapa opsi untuk akun email yang akan kamu pilih.

Baca Juga:  Cara Cek IP Address Di HP & Komputer Dengan Mudah. Langsung Praktek Bisa Koq!

“Check Email” adalah opsi yang kamu pilih untuk memeriksa inbox dan dibuka melalui Web Browser. “Manage” adalah opsi untuk mengatur dan membuka opsi setup.

Yang kamu pilih adalah opsi “Connect Devices”. Pilih tab tersebut.

email accounts 2

3. Catat “Mail Client Manual Settings”

Langkah selanjutnya adalah menyimpan / mencatat (terserah pilih yang mana, hehhe) detail Mail Client Manual Settings. Kamu bisa mencatat dengan tetap membuka tab ini dan meng-AltTab windows yang lain.

Atau, mengirim detail tersebut melalui Email ke alamat Email yang kamu pilih.

email accounts 3

Setelah memiliki detail untuk Mail Client Manual Settings, kamu bisa melanjutkan dengan langkah berikutnya.



Membuka Outlook, Pilih “File”

Buka Outlook, sebenarnya tidak membedakan antara kamu memilih Outlook dari Office 365 ataupun dari paket Microsoft Office yang lain. Hanya saja ketika kamu mengandalkan menu setup otomatis dari Outlook, yang terjadi adalah error yang muncul terus-terusan.

Saya sendiri sudah mencoba berkali-kali dan mengotak-atik, cara paling ringkas dan mudah adalah seperti yang digambarkan di bawah ini.

Buka Microsoft Outlook, lalu pilih File.

Outlook 1

Lanjutkan Dengan Memilih Account Settings

Kemudian, masuk ke tab Info dan memilih Account Settings. Ini adalah opsi untuk membuka manual dari opsi setup Outlook Email yang paling mudah dan anti error.

Itu karena kita akan memasukkan secara manual semua input dan detail setting yang akan memudahkan pembukaan inbox pertamamu di Outlook. Tetap sabar ikuti panduan di bawah ya!

Lanjutkan dengan opsi Manage Profiles.

Outlook 2
Catatan: Jika ada notifikasi UAC, lanjutkan dengan OK / Allow.

Pilih “Email Accounts”, Lalu Klik “New

Setelah pop up kecil muncul, kamu tinggal memilih “Email Accounts” lalu pilih “New” seperti yang ditunjukkan oleh gambar di bawah ini.

Di “Add Account” Setup, Pilih Opsi Manual Settings

Pop Up ini adalah yang kita tunggu. Karena opsi ini akan memudahkan kita untuk membuat akun Outlook Email dengan mudah dan tanpa error karena kita memasukkan semua detail dengan seksama. Klik “Next”

Pilih Tipe Akun Email IMAP / POP

Lalu, ada 3 opsi Email yang muncul. Kalau dari saya sendiri, lebih memilih opsi untuk IMAP karena apa yang nanti di-download oleh Outlook akan menjadi offline data dari server.

Baca Juga:  Yuk Baca 10 Tips Copywriting Yang Jitu Dan Mudah Dipraktekkan!

Untuk beda POP dan IMAP, adalah nanti ketika kita mendapatkan Email di Inbox dengan IMAP, entah kita mau membaca / menghapus Email tersebut, di dalam server nanti masih ada back-up Email tersebut.



Berbeda dengan POP, yang dimana ketika kita melakukan perubahan dengan Email ketika sudah di-downlaod Outlook di Inbox, segala perubahan akan juga ditimpakan ke server. Berarti ketika menghapus Email tersebut di Outlook, Email yang sama akan juga dihapus dari server.

Untuk tutorial ini, saya melanjutkan dengan IMAP.

Masukkan Detail “Mail Clients Setting”

Masukkan detail yang sudah kamu simpan di awal. Jangan lupa untuk mencentang 2 poin berikut dan juga melanjutkan ke menu “More Settings”.

Menu “More Settings”

Di Menu ini, kamu akan mempunyai 3 tab. Pilih untuk memasukkan detail di Tab Outgoing Server dan Advanced seperti dicontohkan di bawah ini dengan seksama dan berhati-hati.

Lanjutkan dengan mengklik “Next”.



Selesai! Inbox Outlook Email Barumu Telah Terpasang

Setelah menunggu beberapa saat, kamu bisa melihat kalau inbox dengan alamat email yang kamu pilih telah terpasang! Kamu bisa langsung mengecek di Inbox tersebut kalau ada 2 email setting dari Outlook email yang terkirim secara otomatis.

Nah Inbox sudah dipasang, langsung siap bekerja dengan baik nih!

Itu juga berarti, kamu sudah bisa membuat Email baru maupun menerima Email dan mulai pekerjaanmu dengan segera.

Selamat ya, kalau kamu mempunyai kendala lain bisa kamu share di kolom komentar. Tetap semangat dan sukses selalu! (ANP)


Beritahu yang lain
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Anggarda Putra

A long-lost traveler who enjoys a sip of cappuccino every morning.

Anggarda Putra has 106 posts and counting. See all posts by Anggarda Putra

3 thoughts on “Cara Setup Outlook Email Yang Mudah? Simak Panduan Gambar Di Sini!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *