Daftar eHAC wajib sebelum berangkat.

eHAC? Panduan Mengisi Dan Menggunakannya Sebelum Kamu Traveling!

eHAC? Panduan Mengisi Dan Menggunakannya Sebelum Kamu Traveling! – Hai para pembaca Tanda Koma yang sudah tidak sabar untuk jalan-jalan! Dengan kondisi di beberapa destinasi yang mulai membaik, pastinya kamu sudah mulai mengintip rencana perjalanan perdana kamu untuk tahun ini kan? Disamping menjalani prosedur kesehatan, mari simak juga panduan untuk mengisi eHAC (electronic Health Alert Card) yang menjadi syarat wajib ketika kamu traveling nantinya!

Wajib Masker Di Bandara
Wajib memakai masker di bandara, sekaligus mengisi prosedur kesehatan sebelum berangkat ya!

Apa itu eHAC?

eHAC atau yang disebut sebagai Electronic Health Alert Card (Kartu Elektronik Kewaspadaan Kesehatan) adalah aplikasi yang diluncurkan oleh Kementerian Kesehatan Republik Indonesia untuk mengontrol kewaspadaan para pelancong setibanya mereka di destinasi manapun di Indonesia.

Oleh karena itu, aplikasi ini wajib digunakan dan diisi oleh semua travellers yang ingin bepergian di wilayah manapun di negeri kita ini. Terlepas dari mana mereka berangkat, eHAC nantinya akan diwajibkan untuk diisi dan diperiksa di poin kedatangan kamu – baik itu di bandara, pelabuhan, maupun perbatasan.

Pemeriksaan eHAC?

Telah menjadi syarat pemeriksaan wajib, Health Alert Card nantinya akan diperiksa begitu kamu sampai di tujuan atau destinasi yang kamu tuju darimanapun kamu bepergian. Beberapa aplikasi booking online juga telah memberikan informasi terkait pemeriksaan ini di laman booking mereka.

Baca Juga:  Mampir Ke Sini Yuk! Warung Nasi Ayam Bu Oki Nusa Dua Bali



Ketika kamu bepergian, di awal terminal berangkat tidak akan ada pemeriksaan Health Alert Card dan hanya ada pemeriksaan Rapid Test Antigen ataupun PCR / SWAB Test yang telah menjadi syarat mutlak untuk bepergian. Tergantung destinasi yang dituju, pastikan kamu tahu syarat kedatangan di daerah tujuan sebelum kamu berangkat ya karena di berbagai daerah mereka mempunyai syarat kedatangan yang berbeda satu sama lain.

Pemeriksaan eHAC di Bandara Juanda
Pemeriksaan Health Alert Card di Bandara Juanda Surabaya.

Cara Mendaftar eHAC

Setelah mendownload aplikasi eHAC baik di Google PlayStore maupun di AppStore, kamu tinggal menjalankan aplikasi tersebut. Di tahap awal, kamu akan diminta untuk mengisi pengisian data akun seperti nama lengkap dan pemilihan bahasa serta detail nomer hape dan juga email.

Kemudian kamu akan dibawa ke halaman utama mereka seperti berikut ini.

eHAC Halaman Utama
Halaman utama di eHAC.

1. Pilih Menu eHAC (Health Alert Card)

Di menu Akun, pilih opsi untuk HAC (Health Alert Card).

Menu Akun eHAC
Di menu Akun, pilih HAC



2. Pilih Tipe HAC (Health Alert Card)

Di opsi HAC yang telah kamu pilih, tentukan tujuan dan tipe yang kamu mau. Kalau kamu bepergian di dalam Indonesia maka pilih domestik eHAC. Jika bepergian ke luar negeri maka pilih internasional.

Daftar eHAC Domestik
Daftar eHAC di dua opsi untuk domestik dan internasional.

3. Isi Formulir eHAC (Health Alert Card)

Setelah memilih tipe HAC yang akan kamu buat, kamu tinggal mengikuti petunjuk berikutnya. Yaitu mengisi dengan detail tentang data sebagai berikut;

  • Nama Lengkap
  • Umur serta Jenis Kelamin
  • Nomer Paspor / KTP yang masih berlaku
  • Destinasi Tujuan (Provinsi, Kota, Kabupaten, Alamat Tinggal / Menginap Lengkap)
  • Destinasi Asal (Provinsi, Kota, Kabupaten, Alamat Tinggal Lengkap)
  • Detail Kendaraan (Pesawat, Kapal, dll) serta Nomer Penerbangan / Pelayaran & Nomer Kursi
Daftar eHAC Domestik
Pengisian data eHAC Domestik.

4. Isi Formulir Kesehatan (Health Alert Card)

Selanjutnya, kamu akan diberi beberapa pertanyaan yang berkaitan dengan kondisi kesehatan kamu seperti riwayat penyakit dan apakah kamu memiliki gejala sakit yang sedang berlangsung.

Baca Juga:  Rasa Ekor Buaya?! Youtuber Ini Makan Sajian Kuliner Semua Ekor Hewan!



5. Simpan Kode QR eHAC (Health Alert Card)

Kemudian, setelah mengisi kesemuanya dengan benar, kamu nantinya akan mendapatkan kode QR yang ditunjukkan di halaman akun. Kode ini nantinya akan digunakan dan di-scan oleh petugas di destinasi tujuan kamu nantinya sebelum kamu boleh meninggalkan bandara ataupun pelabuhan.

eHAC Domestik
Contoh Kode QR di HAC Domestik

Update Persyaratan Traveling 2021

Jika kamu telah memiliki eHAC dan telah mendaftar eHAC sesuai tujuan destinasi kamu, pastikan juga kamu telah melengkapi syarat dari perjalanan lainnya yang biasanya akan berubah-ubah sesuai regulasi pemerintah yang baru.

Pemeriksaan eHAC Bandara Ngurah Rai Bali
Setibanya di bandara tujuan, kamu pasti akan diperiksa untuk melihat kode QR dari eHAC yang telah kamu daftarkan sebelumnya.

Untuk di beberapa daerah seperti Bali, per Maret 2021 kamu wajib memiliki hasil rapid Antigen 1×24 jam yang berlaku sebelum kamu masuk wilayah Bali. Di kondisi daerah lainnya bisa merujuk ke beberapa info yang kamu temukan di laman akun Instagram bandara resmi seperti di bawah ini ya.

Nah itu dia rangkaian cara untuk mendaftar eHAC dan memakainya di pelabuhan atau bandara tempat kamu akan ber-traveling ria. Tetap jaga kesehatan ya, dan penuhi protokol kesehatan yang berlaku di daerah tujuan. Share pengalaman traveling kamu di kolom komentar di bawah ya! Stay safe! (ANP)

Anggarda Putra

A long-lost traveler who enjoys a sip of cappuccino every morning.

Anggarda Putra has 111 posts and counting. See all posts by Anggarda Putra

One thought on “eHAC? Panduan Mengisi Dan Menggunakannya Sebelum Kamu Traveling!

Leave a Reply

Your email address will not be published.