divamartinaa

Garuda Wisnu Kencana Bali Yang Megah! Yuk Baca Spot Foto Apik Di Sini!

Beritahu yang lain
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Garuda Wisnu Kencana Bali Yang Megah! Yuk Baca Spot Foto Apik Di Sini! – Halo pembaca Tanda Koma yang lagi nyari tempat liburan baru yang keren buat foto-foto dan bersantai bareng keluarga di Bali! Kalau kalian terbang ke Bali pasti kelihatan ini dari kejauhan, yuk simak salah satu ikon kota Bali yang satu ini!

Garuda Wisnu Kencana Bali
Salah satu destinasi paling megah nih di Bali. Udah pernah mampir? (Sumber Foto: Instagram @wardanijalanjalan)

Berbagai tempat wisata di Nusantara pasti mempunyai ikon-ikon yang menarik. Sebagai tanda pengunjung dan pengenal dari ciri khas daerah tersebut, ikon-ikon ini termasuk menjadi landmark yang paling berkesan untuk dikunjungi.

Di pulau Dewata sendiri, yang sering dikunjungi oleh turis mancanegara, juga mempunyai salah satu ikon paling spektakuler dan megah dan dibangun oleh seniman lokal loh. Yuk baca terus di bawah ya.

Garuda Wisnu Kencana Cultural Park

Ini dia nih Garuda Wisnu Kencana Bali. Yaps! Tempatnya patung besar Dewa Wisnu dan tunggangannya yaitu burung garuda. Bertahun-tahun kalau mungkin kalian sudah pernah kesini pasti cuma nemuin 3 patung aja kan?

Patung awal berupa patung Dewa Wisnu setengah badan tanpa tangan, kepala burung garuda dan juga potongan tangannya Dewa Wisnu yang kesemuanya berdiri megah di daerah Jimbaran, Bali.



Sekarang sudah lengkap nih! Dan sudah diresmikan juga sama Bapak Presiden Joko Widodo pada tahun 2018. Patung ini jadi patung tertinggi di Indonesia bahkan dunia lho! Alasanny karena tingginya 121 meter mengalahkan patung Liberti yang tingginya 93 meter. Keren banget kan?

Tapi, pada aslinya informasi kalau sebenernya ide Garuda Wisnu Kencana ini sudah dari tahun 1989, tapi baru terealisasi tahun 1997 dan berbagai macam kendala yang bikin patungny baru selesai tahun 2018 dengan beberapa perubahan rencana didalamnya.

Gagahnya patung GWK berdiri di sore hari bisa kamu tonton sambil menunggu malam di Bali nih.
(Sumber Foto: Instagram @gwkbali)

Tiket Masuk Garuda Wisnu Kencana Bali

Sebelum berangkat, kamu musti tahu dulu ya apa aja yang perlu disiapkan. Salah satunya tiket masuk dan juga lokasi parkirnya sendiri yang memang di jalan Uluwatu tersebut suka macet kalau lagi musim liburan dan ramai.

Per Oktober 2021, Taman Garuda Wisnu Kencana ini buka dari jam 10 pagi sampai jam 6 sore. Tiket masuk taman Garuda Wisnu Kencana ini memang lumayan mahal karena mereka menarik tarif Rp 125,000 / orang.

Kalau buat anak 5 – 12 tahun seharga Rp 85,000 / orang. Sejak selesainya patung utuh Garuda Wisnu Kencana, tempat ini sekarang juga punya museum yang dapat biaya tambahan Rp 200,000/orang.

Garuda Wisnu Kencana Bali 2
Berlibur ke Bali gak lengkap kalau belum mampir ke sini, guys! (Sumber Foto: Instagram @mydreambali)

Lokasi Garuda Wisnu Kencana

Sebelum kita lihat isi dari Garuda Wisnu Kencana ini, kita mau kasi tau nih dimana sebenernya tempat ini berada. Tepatnya taman Garuda Wisnu Kencana ini ada di Bukit Ungasan, Kuta Selatan. Kalau dari Bandara Ngurah Rai kira-kira 20 menit pakai mobil, tapi kalau kalian nginep daerah Jimbaran lebih deket nih sekitar 15 menitan aja.

Baca Juga:  Youtuber Ini Masak Burung Unta Bakar. Karena Ayam Bakar Terlalu Mainstream, Sob!

Lebih lengkap nya kamu bisa ikuti tautan Google Map di bawah ini ya!

Area Taman Garuda Wisnu Kencana

Nah buat kamu yang mau berburu spot foto menarik dan feeds Instagram yang keren, kamu bisa bersenang hati loh. Karena venue dari GWK Bali ini memang sangat luas dan bisa kamu ambil foto-foto darimana saja.



Saking luasnya, Taman Garuda Wisnu Kencana Bali ini punya luas 217 hektar! Ada 6 bagian taman dengan kegunaan dengan luas masing-masing misalnya Lotus Pond, Plaza Garuda, Plaza Wisnu, Indraloka Garden, Street Theater, Plaza Kura-Kura, dan Tirta Agung.

Coba lihat deh foto-foto spot yang bisa kamu ambil ketika mampir di sini.

Lotus Pond

Langit sore dari area Lotus Pond yang bikin pengen berlama-lama disini (Sumber foto: Website www.gwkbali.com)

Taman ini adalah main venue atau pusatnya dari taman Garuda Wisnu Kencana karena taman yang paling luas ini hingga sering diadakan acara-acara besar seperti konser bahkan acara internasional.

Letaknya juga dekat dengan patung kepala garuda yang biasanya jadi latar belakang tiap acara diadain. Jadi bisa buat backdrop yang apik! Kalau lagi tidak ada acara, biasanya juga digunakan untuk pengunjung yang bawa keluarga duduk-duduk di rumput hijau yang ada sambil menikmati angin sepoi-sepoi.

Plaza Garuda

Salah satu bagian dari GWK, Patung Garuda yang megah!
(Sumber Foto: Instagram @shytravel)

Ini taman adalah tempat dimana patung kepala Garuda diletakkan. Taman ini biasa dipakai untuk prewedding photoshoot atau juga acara dalam skala kecil. Kamu bisa ambil foto di sini dan lihat deh ukuran kepala Garuda yang super besar dibanding manusia yang kecil!



Kelihatan kan gimana besar dan megahnya? Ini baru kepala Garudanya saja loh. Belum bagian utama dari patung raksasa Garuda Wisnu Kencana Bali ini. Dijamin makin tertarik kamu untuk tahu lebih lanjut!

Plaza Wisnu

Kurang banget kalau ke GWK ga fotoan didepan patung Dewa Wisnu. Keren kan? (Sumber foto: Instagram @rikarahdani)

Patung yang wajib banget didatengin kalau kesini juga yaitu patung Dewa Wisnu. Walaupun ini potongan patung yang belum selesai tapi tetep keren dan wajib juga nih buat dijadiin tempat foto-foto.

Bukan cuma itu, dibalik patung ini juga ada mata air Parahyangan Somaka Giri. Mata air ini dipercaya adalah air suci dengan beragam manfaatnya. Seperti misalnya buat awet muda, buat kesehatan dan lainnya.

Konon katanya, air mata ini ga pernah kering walau musim kemarau jadi ga sembarangan juga orang yang jaga air mata ini.Mata air ini juga sering jadi tempat sembahyang umat Hindu dan mengadakan upacara kecil setiap ada hari raya.

Indraloka Garden

Indraloka Garden ini adalah bagian yang seringnya dipakai hanya untuk acara-acara dalam skala medium atau menengah seperti misalnya pesta pernikahan atau acara bisnis lainnya.

Baca Juga:  The Great Asia Africa Lembang, Wisata Fantastis 7 Negara Di Satu Tempat!

Memang sih, Garuda Wisnu Kencana terkenal juga sebagai tempat acara untuk MICE di Bali. Mice sendiri itu artinya adalah Meeting, Incentives, Conference, dan Exhibition.



Street Theater

Street Theater ini terletak disebelah kanan setelah gerbang masuk dari Garuda Wisnu Kencana. Disini tempatnya pengunjung bisa cicip-cicip makanan nusantara yang dijual disini. Ada juga toko merchandise yang bisa dibeli buat oleh-oleh. Ada juga pertunjukkan tari yang diadakan disini saat siang hari.

Luas banget memang ini tempat. Dijamin kamu bisa menghabiskan waktu hampir setengah hari loh buat jalan-jalan di sini dan sambil belajar tentang sejarah di museumnya, kamu bisa juga mengambil foto-foto menarik.

Suasana di Street Theater saat malam hari (Sumber foto: Website GWK Bali)

Plaza Kura-Kura

Plaza Kura-Kura ini terletak diantara Street Theater dan Plaza Wisnu. Terdapat kolam ikan yang pastinya bisa jadi spot kamu buat foto-foto dan bersantai nih! Awas kecemplung ya guys, hehhe

Kolam ikan dengan pepohonan yang rimbun, kurang sejuk apa ya kan? (Sumber Foto: Website GWK Bali)

Tirta Agung

Kalau area ini terletak persis setelah gerbang masuknya. Saat kamu masuk gerbang, kamu bakal disuguhin sama deretan tembok tinggi dari bebatuan yang pastinya keren banget buat jadi latar foto-foto kamu.

Tembok batu ini ga asal dibuat karena masih berhubungan tentang garuda wisnu kencana dari lahir sampai akhirnya jadi tunggangannya Dewa Wisnu. Jadi memang ada nilai sejarahnya tentang asal muasal dari Garuda Wisnu Kencana Bali itu sendiri.



Tembok bebatuan ini nih asalnya dari tebing yang dikikis lho! (Sumber Foto: Website GWK Bali)

Aktivitas di Garuda Wisnu Kencana

Ga cuma foto-foto sama patung dan di taman aja nih yang kalian bisa lakuin disini. Disini kalian juga bisa kelilingin area taman pakai segway lho! Pastinya ada biaya tambahannya nih mulai dari 60 ribu aja per orang.

Juga ada jadwal beberapa tarian di area-area yang tadi Tanda Koma sebutin lho! Yuk, langsung dateng aja ke GWK Cultural Park biar bisa cari tahu dan lihat sendiri penampilan yang diadain oleh Garuda Wisnu Kencana. Jangan lupa juga ya beli souvenir nya biar ada bukti kalau kalian udah pernah ke tempat megah di Bali!

Satu lagi yang jadi rahasia umum di Bali, kamu juga bisa mengambil beberapa jalur masuk yang tersembunyi buat dapetin foto epik dengan backdrop GWK dari kejauhan.

GWK Bali
Spot seru bisa juga kamu ambil loh. Jadi jangan bosan buat main ke Bali ya! (Sumber Foto: Instagram @divamartinaa)



Jadi gimana nih, guys? Sudah siap kan buat main ke Bali dan mampir ke salah satu ikon paling spektakuler di sini. Bawa perlengkapan foto kalian, juga persiapkan batere power bank dan pakai sun screen.

Yuk ambil foto yang banyak dan tulis pengalaman berlibur kalian di bawah ya! Sampai ketemu di Bali nanti! (MAY)


Beritahu yang lain
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *