Jalan-jalan Ke Bali Bird Park? Yuk! [UPDATE 2021]

Beritahu yang lain
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Jalan-jalan Ke Bali Bird Park? Yuk! – Hai sahabat Tanda Koma yang suka jalan-jalan! Berwisata ke Bali pastinya menarik terlebih setelah pandemi ini berakhir tentunya kamu nanti akan menemui banyak destinasi yang baru refreshed dan segar karena telah lama tidak dikunjungi orang. Selain wisata alamnya, banyak atraksi wisata yang bisa kamu temuin di Bali termasuk di Bali Bird Park. Yuk simak perjalanan Tanda Koma di tempat yang menyimpan hampir 1000 burung ini!

Gerbang Bali Bird Park
Pas setelah masuk langsung disambut burung! Duh namanya aja Taman Burung Bali ya, hihi

Dibangun kurang lebih 20 tahun yang lalu, Bali Bird Park telah menjadi tempat atraksi dan juga rumah bagi hampir 250 spesies yang kesemuanya dirawat dengan memperhatikan kesehatan dan juga kelestarian hewan berbulu ini. Disebut kelestarian, karena di Bali Bird Park mereka mempunyai program konservasi untuk spesies langka termasuk 40 jenis burung yang dijaga dengan baik sebelum dilepas ke alam liar.



Tak juga itu, karena saking banyaknya jenis burung yang berumah di sini, pihak Bali Bird Park pun menyediakan lokasi yang terbagi menjadi beberapa sekmen tergantung dari daerah asal spesies burung tersebut. Sebelum melangkah lebih jauh, yuk kita lihat lokasinya dulu ya.

Lokasi dan Hotel Terdekat

Bali Bird Pak berada di daerah Singapadu di Sukawati. Atau mungkin lebih akrab jika disebut daerah luar Ubud. Kalau berangkat dari Bandara Ngurah Rai ataupun Sanur, pastinya melewati daerah Sukawati sebelum sampai ke Ubud.

Untuk pengguna Google map, bisa langsung menuju lokasinya di sini.



Menempun perjalanan kurang lebih 45 menit dari Bali Selatan, Sukawati mempunyai beberapa koleksi vila unik yang berlokasi di desa yang asri ini. Tanda Koma pun sempat menginap di salah satu vila yang luar biasa tersembunyi dan mempunyai kolam renang pribadi dengan harga yang murah.

Coba cek review kami di vila tersebut di sini ya. Tempatnya seru dan sangat nyaman apalagi berlokasi sangat dekat dengan Bali Bird Park.

Tiket Masuk 2021

Di masa New Normal, tiket masuk untuk 2021 dipatok di harga IDR 50.000 untuk pemilik KTP Bali dan IDR 70.000 untuk WNI ataupun pemegang KITAS. Sedangkan turis asing dari luar negeri dipatok harga IDR 192.500. Selebihnya kamu bisa memilih untuk membeli tiket-tiket tersebut melalui Traveloka seperti kami di link ini ya.

Pertama Kali Masuk

Untuk jalan penanda Bali Bird Park terpampang jelas. Tinggal mengikuti belokan kiri di seberang Nirmala dan masuk ke parkiran mobil ataupun motor. Setelah masuk dan parkir, kamu akan diarahkan untuk masuk ke tempat tiket setelah melewati gerbang disinfektan.

Baca Juga:  Apartemen Di Bali? Cek 5 Daftar Berikut Yang Mewah Dan Harga Terjangkau!



Tiket yang sudah kamu beli, nantinya akan ditukar dengan brosur peta dan juga jadwal event harian beserta kode kertas untuk bukti print kamu. Perlu kamu ingat, saking banyaknya spesies yang menghuni tempat ini, lebih akan menyenangkan untuk mengetahui jadwal event harian atau feeding dan atraksi mereka ya.

Tiket Masuk Bali Bird Park
Penukaran tiket di gerbang akan memberikan kamu brosur untuk dilihat jadwal dan lokasi beberapa pembagian wilayah penangkaran ya.
Peta Atraksi
Untuk mempermudah, kamu bisa menemukan peta denah Bali Bird Park dipajang di sebelah gerbang masuk ya.

Kondisi Area Pengunjung

Perlu dicatat, area Bali Bird Park mempunyai luas sekitar 2 hektar dan tidak ada fasilitas seperti buggy untuk mengelilingi sangkar kecuali dengan jalan kaki. Jadi pastikan jadwal yang kamu pegang sudah sesuai dan melihat lokasi supaya bisa melihat atraksi tersebut tepat waktu.

Jalan lebat di Bali Bird Park
Di Bali Bird Park, mereka juga menjadikan jalanan penuh dengan pepohonan yang lebat dan juga sesuai dengan habitat alami beberapa spesies. Bawa lotion anti nyamuk juga ya karena saking lebatnya dan musim hujan jadi banyak serangga!



Burung Bebas di Bali Bird Park
Jangan kaget, ketika jalan-jalan di Bali Bird Park kamu akan sering nemuin penghuni taman keluyuran – tidak cuman di dalam sangkar. Hehhe

Meskipun terasa sangat luas, mengitari jalanan di dalam area penangkaran berasa jadi pengalaman yang seru. Soalnya, ketika kamu jalan-jalan di sini pasti ditemani dengan beberapa spesies burung lucu dan cantik yang tau-tau sudah seliweran di kaki kamu.

Dari burung Merpati hingga burung Pelikan, pastikan kamu tidak menarik perhatian mereka dengan memberi makan secara tidak baik. Karena bisa jadi kamu nantinya malah diikutin atau bahkan dikejar.

Penetasan
Karena termasuk jaringan penangkaran burung langka, beberapa spesies yang disangkar dan menetas di sini di-update untuk dijelaskan kepada pengunjung. Banyak banget yang menetas nih bayi-bayi burung!
Iya, burung Pelikan setinggi hampir 1 meter ini bisa kamu temuin lagi nyantai di pojokan taman.



Burung Kakaktua
Tak lupa, ada burung Kakaktua yang lucu dan interaktif yang akan menyapa kamu tepat sebelum kamu masuk ke taman! Lucunyaa~

Area Penangkaran Bali Bird Park

Seperti yang kamu baca, beberapa spesies di Bali Bird Park ini dibebaskan untuk berjalan-jalan tanpa dipagari ataupun dihalangi. Bisa jadi mereka jadi teman mainmu nanti ataupun kamu bisa berfoto bareng sama mereka untuk oleh-oleh pulang.

Tapi tidak dengan beberapa spesies yang termasuk langka ataupun dilindungi. Beberapa spesies ini diberikan penangkaran khusus dan dijaga dengan baik di beberapa area tertentu termasuk zonasi habitat alami mereka.

Area Zonasi Bali Bird Park
Zonasi di Bali Bird Park akan mempermudah kamu untuk belajar beberapa spesies burung dan asal habitat alami mereka.
Penangkaran Burung
Salah satu contoh penangkaran spesies di Bali Bird Park.



Penangkaran Burung Hantu
Beberapa koleksi Burung Hantu di Bali Bird Park sangatlah menarik dan mencengangkan! Dari yang berukuran seperti kucing mungil hingga raksasa semuanya bersangkar di rumah adat ini.

Tapi, tidak semua penangkaran spesies hanya berupa kandang kecil seperti di atas. Ada beberapa yang ditaruh di penangkaran berukuran raksasa yang kita bisa masuk ke dalam dan merasakan habitat alami seperti hutan tropis Papua yang sangat lembab!

Di penangkaran burung zonasi Papua, kamu akan diberikan kesempatan untuk memasuki area dengan tumbuhan tropis yang tinggi dan rimbun sehingga cukup membuatmu berkeringat.

Tak lupa, beberapa spesies yang dikembangbiakkan di sini semuanya dilepas bebas. Kamu akan menemukan spesies seperti Merpati Afrika sampai burung surga si Cendrawasih yang berlarian di sela-sela semak rimbun.

Di area penangkaran Papua, kamu akan mendapati beberapa spesies burung yang tinggal di simulasi hutan tropis yang sangat lembab dan hangat.
Jembatan Goyang Bali Bird Park
Tepat di atas area penangkaran Papua, kamu bisa menikmati simulasi area pepohonan tinggi dari jembatan goyangnya! Waah seru!



Burung Nuri di Jembatan Goyang
Di area atas, kamu bisa mendapati burung Nuri yang berawarna-warni sedang menunggu waktu makan loh!

Jadwal Aktivitas Di Bali Bird Park

Menurut jadwal, beberapa aktivitas di Bali Bird Park terbagi ke 9 jadwal yang rutin dilaksanakan setiap hari. Jadwal tersebut tertulis juga di brosur setelah penukaran tiket ataupun bisa kamu lihat sebagai berikut:

  • Papua Rain Forest Feeding di jam 9.30 dan 17.30
    Pemberian makan di zonasi Papua yang diadakan setiap hari dengan memberi biji-bijian dan kita bisa ikut memberi makan.
  • Lory Feeding di jam 9.45 dan 12.45
    Pemberian makan burung Lory atau Nuri dengan biji-bijian setiap hari di jam tertentu. Kita juga bisa memberi makan.
  • Pelican Feeding di jam 10.00 dan 13.15
    Pemberian makan burung Pelikan dengan ikan Muzair kecil di setiap harinya dan kita bisa ikut memberi makan.
  • The Komodo Experience di hari Selasa jam 11.00 dan Jum’at di 14.30
    Pemberian makanan ke Komodo di hari tertentu dan jam tertentu – hanya staff Bali Bird Park yang bisa memberikan makan.

  • Basic Instinct – Bird of Prey Show di jam 11.30 dan 15.00
    Pemberian makan burung pemakan daging. Untuk alasan keamanan hanya staff Bali Bird Park yang memberikan makan.
  • Bali Rainforest – Free Flight Show di jam 10.30 dan 16.00
    Pertunjukan burung-burung terbang di setiap hari.
  • Meet the Bird Stars di jam 12.00, 13.30, dan 16.30
    Pertunjukan lucu burung-burung Kakaktua yang terlatih dengan baik.
  • Guyu-guyu Corner di jam 09.00 dan 17.30
    Pertunjukan burung-burung Kakaktua yang ramah dan bisa hinggap di tangan dengan instruksi pawang.
  • 4D Cinema Showtimes di jam 10.00, 11.00, 12.00, 12.30, 13.00, 13.30, 14.00, 14.30, 15.30, 16.30, 17.00
    Pertunjukan film pendek tentang dokumenter burung dengan kualitas 4D
Makan Burung PelikanBurung Pelikan Makan
Pemberian makan ikan kecil di penangkaran burung Pelikan. Siap-siap ikut melempar ikan-ikan ya ke paruh besar burung Pelikan!



Makan Burung NuriMakan Burung
Pemberian makan di penangkaran zonasi Papua, bikin semua burung akan nempel ke badan kamu. Siap-siap dipatok lucu dengan paruh yang kecil-kecil ya! Hihi~
Bali All Stars Bird Show
Meet The Bird Stars Show itu atraksi beberapa burung kakaktua yang sudah dilatih untuk berkomedi. Hmm!~
Guyuguyu Corner
Di Guyu Guyu Corner, kamu bisa menarik perhatian Kakaktua untuk hinggap di tangan kamu. Berani? Burungnya besar loh!

Persiapan Sebelum Pergi Ke Bali Bird Park

Jadi, setelah cukup berbasah-basahan di hutan Papua dan sedikit berlarian untuk mengejar jadwal pertunjukan, kira-kira ini yang bisa kamu persiapkan ketika siap-siap merencanakan untuk bermain dengan burung-burung di Bali Bird Park:

Baca Juga:  Masih Ingat Pesawat MH370 Yang Menghilang? Youtuber Ini Mengungkap Rahasianya (Bag. 2)

Berpakaian yang longgar. Karena area yang lumayan padat dengan pepohonan dan terasa sangat lembab serta agak panas, memakai pakaian yang terlalu ketat ataupun terlalu resmi sepertinya tidak akan cocok kecuali kamu ingin menikmati pemandangan dan pertunjukkan dengan bermandikan keringat karena kepanasan dan aktivitas yang banyak. Hehhe

Pastikan jadwal pertunjukkan dan lokasi. Ya, kami mungkin agak teledor dengan jadwal karena cukup kaget ketika masuk dan sudah disambut burung-burung yang berseliweran bebas di lokasi. Pastikan kamu tau rute yang ingin kamu tuju dan di jam berapa akan diadakan pemberian makan ataupun pertunjukkannya.

Hormati burung. Gak salah baca, karena memang burung-burung yang dikembangbiakkan di sini mempunyai sisi keakraban dengan manusia. Tapi jangan sampai karena burung-burung ini mudah mendekati kamu terus kamu bisa seenaknya memegang ataupun sampai mencabut bulunya ya! 🙁

Burung Nuri di Bali Bird Park
Kalau sudah siap, pastikan kamu bisa menikmati kunjunganmu ke Bali Bird Park dengan penuh hiburan dan waktu santai bersama keluarga!

Jadi, sudah siap untuk berangkat? Tulis pengalamanmu berkunjung ke Bali Bird Park di kolom komentar di bawah ya. Selamat berlibur dan tetap jaga kesehatan! (ANP)


Beritahu yang lain
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Anggarda Putra

A long-lost traveler who enjoys a sip of cappuccino every morning.

Anggarda Putra has 93 posts and counting. See all posts by Anggarda Putra

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *