Kripto Dan Bagaimana Menambangnya? Baca Caranya Di Sini!

Beritahu yang lain
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Kripto Dan Bagaimana Menambangnya? Baca Caranya Di Sini! – Hai pembaca Tanda Koma yang berminat dengan investasi. Akhir-akhir ini Bitcoin, Ethereum, dll. telah menjadi stok investasi yang sangat menarik. Tapi tahukah kamu bagaimana cara menambang mata uang kripto tersebut? Simak bareng Tanda Koma di sini ya!

menambang kripto
Buat kamu yang mungkin terlalu pusing dengan trading, bisa mencoba untuk menambang kripto.

Apa Itu Kripto?

Seringkali seliweran di sosial media atau bahkan obrolan temen-temen kamu ketika nongkrong di cafe, Kripto sering digagas sebagai bahan investasi. Tapi tahukan kamu apa itu Kripto atau mata uang Kripto?

Menurut Wikipedia, Kripto adalah aset digital yang mempunyai nilai atau value yang bisa digunakan untuk bertransaksi barang ataupun jasa. Mengingat adanya nilai dari aset ini, pastinya ada konsep keamanan yang menjaga nilai tersebut. Sistem tersebut bernama blockchain yang mencatat setiap nilai transaksi yang dilakukan.

Blockchain tersebut bukan dimiliki oleh suatu organisasi atau individu tertentu. Melainkan, bersifat publik sehingga setiap blockchain bisa memverifikasi transaksi yang transparan. Itu yang membuat nilai dan keamanan tersebut menjadi salah satu hal yang menarik dari Kripto ini sendiri.

bentuk kripto
Berbeda dengan mata uang lainnya, Kripto tidak mempunyai bentuk fisik.

Berawal dari sebuah ide dari pengguna anonim Satoshi Nakamoto yang menciptakan sistem transaksi menggunakan blockchain yang tersebar di seluruh komputer untuk verifikasi dan mencatat transaksi, hasil olahan ekuasi matematika yang tercipta dinamakan Bitcoin pertama.

Untuk penyebarannya, berbeda dengan sistem Bank yang terpusat, Bitcoin dan mata uang Kripto lainnya mencatat semua transaksi (ledger) ke publik dengan sistem blockchain.



Karena sedikitnya orang yang mempunyai Bitcoin tersebut, kelangkaannya membuat nilai dari Bitcoin dan mata uang Kripto lainnya mencuat. Tercatat per April 2021, satu Bitcoin dihargai sebesar USD 63.000 atau setara dengan 886 juta! Wah menggiurkan banget kan?

Menambang Kripto

Berbeda dengan mata uang fisik yang dicetak dan dikelola oleh Bank, mata uang Kripto bisa “ditambang” dengan memecahkan ekuasi matematika dan mengikuti sistem blockchain untuk memverifikasi transaksi mata uang tersebut di dunia digital.

Dalam penggunaannya, terbukti dengan menggunakan GPU (Graphic Processor Unit) atau kartu grafis seperti Nvidia, AMD, dll. bisa memecahkan ekuasi-ekuasi tersebut dengan sangat efisien.

Baca Juga:  Cara Mengatasi Rambut Kering Secara Alami? Yuk Simak Di Sini!

Karena alasan yang sama, para penambang-penambang digital ini seringkali memborong GPU dalam jumlah yang besar hingga ratusan juta!

GPU menambang Kripto
Karena saking efisiennya, GPU seringkali dipakai untuk menambang Kripto ketimbang CPU.

Tak hanya dengan menyiapkan kartu grafis, kamu juga harus tahu bagaimana caranya menambang dari awal. Yuk simak cara-cara berikut yang sudah dirangkum oleh Tanda Koma.

1. Mendaftar Di Nicehash

Banyak sekali terdapat aplikasi ataupun software penambang mata uang Kripto. Tapi kamu harus berhati-hati dengan memilih yang terbaik tanpa melibatkan privasi komputermu atau malah salah install dan ternyata meng-install virus.

Untuk aplikasi yang akan kita gunakan kali ini, adalah Nicehash yang sudah dibuktikan penulis sendiri. Pertama-tama, kamu perlu membuka situs Nicehash dan mendaftar untuk mendapatkan software yang nantinya kamu pakai.

Mendaftar Nicehash
Buka situs nicehash (dot) com dan mulai dengan membuat akun baru.

2. Melengkapi Data Di Nicehash & Download

Setelah mendaftar, kamu nanti akan diminta untuk memverifikasi email dan mengisi data. Kemudian, kamu akan masuk ke tampilan Dashboard dari Nicehash. Lanjutkan dengan meng-klik Rig Manager atau tab Mining.

Dashboard Nicehash
Tampilan Dashboard Nicehash yang simple.

Setelah itu, pastinya kamu belum mempersiapkan komputermu untuk menjalankan tugas mining perdana. Kamu bisa men-download software yang mereka telah persiapkan di Github dengan mengikuti link.

DISCLAIMER: Tanda Koma tidak bertanggung jawab jika terjadi penyalahgunaan link ataupun pembaca mengunduh dari link yang salah / selain dari yang disediakan Nicehash secara resmi di situs mereka.

Download Nicehash
Download Nicehash dengan meng-klik tombol di atas.

3. Pilih Rig Miner Yang Sesuai

Secara otomatis, kamu akan dialihkan untuk men-download miner / penambang yang sesuai dengan rig (alat) yang kamu punya di komputermu. Kalau kamu menggunakan Nvidia, kamu tinggal memilih urutan paling atas.

Penambang Nicehash
Nicehash mempunyai beberapa miner yang menyesuaikan dengan kebutuhanmu. Untuk pengguna umum / pertama kali, kamu bisa mencoba yang paling atas dan sesuai dengan rekomendasi sistem.



4. Pilih Allow Antivirus

Setelah mendownload zip file, siapkan folder khusus untuk mengekstrak isi dari zip file tersebut. Ketika mengekstrak, kemungkinan besar antivirus kamu akan mendeteksi program asing yang akan melakukan perubahan di dalam sistem dan secara otomatis akan dimasukkan ke virus chest.

Buka virus chest di setting antivirus, klik Nicehash Minder & Excavator untuk kemudian diberikan pengecualian / allow these programs.

Miner Nicehash Kripto
Pastikan NiceHashQuickMiner & Excavator masuk ke pengecualian antivirus.

5. Jalankan QuickMiner

Di folder tempat kamu menyimpan file download-an Nicehash, dobel klik di QuickMiner. Setelah itu, di tampilan Windows kamu akan melihat tampilan program dengan format command prompt seperti ini.

Excavator Nicehash
Tampilan Excavator Nicehash yang sudah teraktivasi.

Adanya tampilan tersebut, bukan berarti sistem siat menjalankan mining ya. Masih ada satu step lagi, untuk memulai proses mining. Kamu kembali lagi ke browser dan buka dashboard Nicehash. Copy paste mining address-mu ke aplikasi, lalu klik di start atau tombol play berwarna hijau.

Nicehash Siap Mining
Nicehash siap mining, klik tombol mulai.

6. Mulai Menambang Kripto

Setelah kamu tekan tombol memulai, secara langsung tampilan command prompt dari Nicehash quickminer tadi akan langsung melakukan tugasnya dengan mengerjakan ekuasi dan semacamnya. Prosesnya berlangsung otomatis, karena dari GPU yang bekerja akan menjalankan tugas nya (mining) sepanjang program masih menyala.

Baca Juga:  Cara Verifikasi Whatsapp Business Dengan Jitu Dan Tepat. Coba Dan Berhasil!



Excavator Nicehash Mulai
Excavator Nicehash yang mulai aktif menambang Kripto.

7. Pantau GPU!

Ini adalah salah satu proses penting. Karena untuk pemula, biasanya akan terus menjalankan proses penambangan tanpa tahu bahwa settingan default dari kartu grafik akan memanas. Itu karena proses ekuasi yang dijalankan dan memakan banyak daya dan konsumsi power dari GPU kamu. Salah sedikit, bisa bikin GPU meledak! Kan sayang 🙁

ASUS GPU Tweak
ASUS GPU Tweak untuk memodifikasi GPU.



Saatnya kamu mulai belajar overclocking, atau men-tweak kekuatan GPU-mu supaya bisa mengerjakan ekuasi dan mining kripto dengan panas yang tidak berlebihan. Mungkin di awal-awal akan terasa susah. Tapi dengan banyak belajar dari gugel, kamu akan menemukan settingan yang cocok untuk mining dengan GPU yang kamu punya.

Ada banyak software untuk men-tweak, tapi penulis sarankan untuk memulai dari software bawaan kartu grafismu. Contoh di atas menggunakan GPU Tweak 2 yang ada di dus Nvidia 1660 yang dibeli. Silahkan men-tweak dan mencoba sana sini dulu ya.

Panen Mata Uang Kripto?

Dengan Nicehash, kamu bisa memantau berapa Bitcoin yang kamu tambang. Saldo yang kamu punya dari menambangmu, bisa kamu mulai trading dengan mata uang kripto yang lain. Nantinya bisa kamu transfer ke rekeningmu sendiri atau melalui akun Bitcoin-mu di platform lain.

Mata Uang Kripto
Mata uang Kripto memang banyak, pelajari kelebihan dan kekurangannya sebelum memulai berinvestasi ya!

Nah, begitu kira-kira apa yang bisa kamu lakukan untuk mulai menambang mata uang Kripto dari komputer rumah. Tentu saja, ini baru guideline dasar dan hanya mencakup ilmu dasar. Karena di luar sana pastinya banyak pihak dengan kantong tebal yang siap memulai menambang dengan mesin penambang khusus dan ratusan GPU siap sedia.

Kalau kamu mau memulai menambang sebagai sekedar menggunakan komputer yang nganggur, semoga artikel ini bisa membantu. Mungkin saja, setelah kamu menemukan cara menambang yang tepat, dan sedikit ilmu trading kamu bisa mengembangkan balance yang kamu punya hingga bernilai ratusan kali lipat.

Semoga saja ya! Jangan lupa untuk share pengalaman kamu mencoba guideliness di atas dengan menulisnya di kolom komentar di bawah. Good luck, good people! (ANP)


Beritahu yang lain
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Anggarda Putra

A long-lost traveler who enjoys a sip of cappuccino every morning.

Anggarda Putra has 106 posts and counting. See all posts by Anggarda Putra

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *