Main Ke Kintamani Belum Seru Kalau Gak Naik Jeep, Cobain Petualangan Menarik Naek Jeep Kintamani Ini Ya!

Main Ke Kintamani Belum Seru Kalau Gak Naik Jeep, Cobain Petualangan Menarik Naek Jeep Kintamani Ini Ya!Hai pembaca setia Tanda Koma yang mau main ke Kintamani! Wisata alam saat ini mulai dicari lagi sama para wisatawan setelah masa pandemi mulai menurun.

Buat yang masih takut buat jalan-jalan ke tempat-tempat yang tertutup, pastinya yang dicari adalah wisata alam yang menawarkan suasana yang indah, asri dan seger juga dimata.

Kintamani Jeep
Sunrise di Kintamani naek Jeep? Yuk! (source: IG @kalderajeep)

Inti dari wisata saat ini katanya sih buat “healing” ya tapi ga usah deh bener-bener healing kayak meditasi kalau mau ngelepasin kepenatan kerjaan yang kalian hadepin tiap hari. Indonesia ini banyak banget nyediain alam yang indah buat kalian nikmatin kekayaan negeri kita ini.

Bali pastinya salah satu kebanggaan Indonesia buat alamnya yang masih bener-bener dijaga oleh warga lokalnya. Budaya yang ada di Bali juga turut mendukung dalam menjaga kelestarian alam disana.

Dari pantai, lembah sampai gunung, semuanya dijaga kelestarian dan keindahannya. Salah satu gunung yang patut kalian pertimbangkan buat kalian datengin kalau lagi di Bali adalah Gunung Batur.

Gunung yang banyak didatengin wisatawan lokal, domestik maupun internasional buat liat matahari terbit. Gunung Batur ini bisa didaki mulai dari para pendaki pemula dengan segala usia karena track yang ada memang ga sesulit gunung lainnya.



Semua bisa dateng kesini walaupun bahkan ga hobi mendaki tapi suka hunting sunrise.

Gunung Batur ini adalah salah satu gunung berapi aktif yang letaknya ada di Kecamatan Kintamani, Kabupaten Bangli, Bali. Bagian yang paling digemari para wisatawan selain sunrise-nya adalah bagian kaldera Gunung Batur ini.

Kaldera Gunung Batur ini bahkan sudah resmi masuk Global Geopark Network (GGN) UNESCO jadi saat ini namanya udah menjadi Batur Global Geopark. Jadi ga mungkin dong kalau kalian ke Gunung Batur tapi ga nyempetin liat keindahan kaldera gunung ini.

Bahkan tanpa lihat dari deketpun kaldera ini udah keliatan banget kayak kawah besar di atas Gunung Batur. Yuk baca terus di Tanda Koma berikut ini ya!

Kaldera Jeep Adventure

Kalian udah pada ke Gunung Bromo belom? Kalau udah, pastinya kalian pernah dong naik mobil Jeep buat naik ke area gunungnya buat liat sunrise dan bahkan mengarungi lautan pasir hitamnya buat liat kawah dari Gunung Bromo.

Nah, buat kalian yang pengen ke Bali tapi kangen suasana naik kendaraan yang memacu adrenalin ini ga perlu repot-repot nyebrang lagi ke Jawa Timur terus ke Bromo. Bali juga punya kok alam yang mirip di Bromo dan di Bali juga punya yang namanya Kaldera Jeep Adventure atau biasa disingkat KAJA.

Four Wheels Drive (4WD) Jeep Adventure menawarkan petualangan yang menantang buat kalian para penantang! (source: IG @kalderajeep)

Tadi ngomongin Gunung Batur kok jadi ke Gunung Bromo? Nah ini nih maksudnya, di Gunung Batur juga ada yang namanya Black Sand, mirip banget sama pasir hitam yang ada di Gunung Bromo.

Sekarang kita bahas nih ya kendaraan yang bikin perjalanan liburan kalian makin seru, yaitu four wheels drive atau biasa disebut mobil Jeep. Mobil yang biasa dipakai buat yang suka tantangan jalan di jalanan yang ga rata dan ga biasa alias offroad.

Kaldera Jeep Adventure ini terbentuk dari tahun 2018 oleh warga lokal Kintamani yang punya tujuan buat ngenalin Gunung Batur khususnya kaldera Gunung Batur ini dari sisi yang berbeda.

Baca Juga:  Prestige Jet Ski Bali, Wahana Jet Ski Menyeberang Ke Nusa Penida! [Reservasi & Harga 2021]

Buat kalian yang pengen ngrasain yang namanya offroad, pas banget nih. Jalan nglewatin jalan berbatu, pasir dan bahkan menerjang tanah basah yang bikin pengalaman makin seru.



Paket Sunrise Tour Kaldera Jeep Adventure

Bayangan kalian kayak gimana pengalaman naik mobil dijalanan yang offroad? Ditengah hutan, lewat jalan yang basah menembus pohon rimbun dan bahkan ilalang tinggi. Kayak gitu juga ga bayangan kalian?

Nah disini kalian bisa ngewujudin bayangan kalian tuh! Bahkan di Batur Geopark ini juga nawarin juga pemandangan lain yang bakal beda karena kalian bakal liat sisa-sisa erupsi Gunung Batur yang akhirnya disebut Black Lava dan Black Sand yang jaraknya ga terlalu jauh satu sama lain.

Sunrise Tour bareng Kaldera Jeep Adventure ga kalah serunya lho! (source: IG @kalderajeep)

Kalian mesti bangun pagi banget kalau mau nikmatin matahari terbit di Gunung Batur ini. Tim dari Kaldera Jeep Adventure ini bakal jemput kalian yang mau ikut paket Sunrise Batur sekitar jam 4 atau 5 pagi tergantung jarak dari lokasi tempat nginap kalian.

Kalau kalian tinggal didaerah selatan Bali, bisa lebih agak pagi biar ga ketinggalan liat matahari terbit.



Perjalanan yang ditempuh bisa sekitar satu setengah sampai 2 jam buat sampai ke spot matahari terbit yang udah disiapin oleh Kaldera Jeep Adventure. Ga jauh dari spot sunrise itu, kalian juga bisa nemuin warung lokal dimana biasanya menjual minum dan cemilan yang bisa kalian beli sambil nikmatin matahari terbitnya.

Namun, saat ini belum buka karena masa pandemi pengunjung yang datang hanya sedikit. Mungkin pas kalian nanjak ke spot ini kalian belum liat apa-apa karena kondisi yang masih gelap tapi adrenalin kalian udah mulai bisa terpacu karena kondisi jalanan di area pegunungan ini.

Kintamani Jeep 3
Bagus banget nih pengalaman sunrise di Kintamani! (source: IG @kalderajeep)

Matahari terbit di Bali sekitar jam setengah 6 pagi, dan mulai terang benderang jam 7 atau setengah 8an. Pemandangan yang kalian bakal liat antara matahari terbit dan lokasi sekelilingnya tuh cantik banget.

Semua yang ada disana saling mendukung satu sama lain. Kalau ga ada matahari terbit, pemandangan yang ada aja udah keren karena dari spot itu kalian bisa liat Danau Batur, Gunung Abang, Gunung Agung bahkan Gunung Rinjani yang ada di Lombok.

Gunung-gunung itulah yang bikin view-nya makin lengkap dan cantik banget. Pas banget buat kalian foto-foto kalau ga terlalu berkabut jadi keliatan semuanya.

Paket Black Lava Tour di Kaldera Jeep Adventure

Selesai kalian foto-foto diatas gunung tempat kalian liat matahari terbit atau sunrise, kalian yang ga mau menyia-nyiakan waktu mumpung udah di Gunung Batur bisa banget lanjutin paket Black Lava Tour.

Black Lava ini adalah sisa lahar dingin yang membeku didaerah sekitar kaki gunung yang erupsi tahun 1888 dan 1963 dan katanya satu-satunya yang bisa ditemuin di southeast Asia.

Mau sambil piknik? Bisa koq! (source: Instagram @valeriastahlk)

Perjalanan ke Black Lava kalian bakalan lewati pemukiman warga lokal disana dan saat kalian mulai deket tempatnya, kalian bakalan liat bebatuan yang kayak batu apung dengan ukuran yang agak besar-besar disini.

Kaldera Jeep Adventure akan berhenti ditempat terbaik buat kalian bisa mengabadikan moment ditempat yang keren ini. Buat info kalian juga, Black Lava dan Black Sand nanti adalah tempat-tempat yang biasa digandrungin para calon suami istri buat foto pre-wedding.

Kebayang dong kerennya foto diarea ini? Di waktu berhenti, kalian juga bisa banget kalau mau nyoba nyetir 4WD Jeep yang kalian sewa ini. Asal kalian emg bisa nyetir ya! Serem juga soalnya areanya dan ga lucu kan kalau kalian lagi liburan terus nabrak bebatuan disana. Jeep Kintamani emang seru banget!

Kintamani Jeep 4
Mau kapan lagi dicobain pengalaman baru nih! (source: IG @kalderajeep)

Beres foto-fotoan disana, kalian akan lanjut ke Black Sand yang sempet kita bahas dan mirip sama pasir hitam yang ada di Gunung Bromo. Pasir yang ada disini ga sehalus pasir pantai yang mungkin kalian bayangin ya.

Baca Juga:  Mampir Ke Sini Yuk! Warung Nasi Ayam Bu Oki Nusa Dua Bali

Pasir disini lumayan keras dan besar dibanding pasir pada umumnya, mungkin karena asalnya juga beda ya kalau ini asalnya dari perut bumi juga. Bawaan dari erupsi Gunung Batur puluhan taun yang lalu.

Paket Black Lava ini juga bisa banget kalian ambil satuan. Maksudnya, buat kalian yang ga mau bangun pagi buat sunrise-an dan cuma pengen datengin Black Lava ini ya bisa banget kok.

Tim Kaldera Jeep Adventure bakal info kalian titik temu buat mulai perjalanan kalian yang ga pengen jauh-jauh dijemput sama mereka atau mungkin udah ada jadwal buat datengin tempat lain selesai jeep tour. Jadi bisa combine dan bisa a la carte juga gitu ya beli paketnya.



Paket Forest Tour di Kaldera Jeep Adventure

Paket lainnya yang ditawarin sama Kaldera Jeep Adventure adalah Forest Tour. Nah ini dia nih, bayangan kalian tentang offroad bakalan jadi nyata setelah ikutan paket ini karena kalian bakalan ngelewatin hutan hujan yang ada disekitar Gunung Batur.

Kalau kalian cari mungkin review dari hutan ini adalah jalanan yang kurang bagus. Justru itu yang jadi makanannya 4WD Jeep Adventure kan? Kalau jalanannya udah dibagusin juga jadi mengurangi keaslian hutan yang sebenernya ga sih?

Kalian juga bakal nikmatin sejuknya udara ditengah hutan, cocok nih buat yang mau healing. Hutan pinusnya juga keren banget buat kalian yang mau foto-foto diantara pepohonannya. Khas Jeep Kintamani banget deh!

Kintamani Jeep 2
Cocok juga loh kalau mau naek bareng keluarga! (source: IG @kalderajeep)

Harga Paket di Kaldera Jeep Adventure

Berikut ini adalah daftar harga dari paket program Jeep Kintamani yang dimiliki oleh Kaldera Jeep Adventure;

  • Forest Tour yang berdurasi sekitar 1 jam (IDR 450K untuk maksimal 3 orang)
  • Sunrise Jeep Tour, mulai sekitar pukul 5 pagi dengan durasi 2 jam (IDR 650k/Jeep untuk maksimal 2 orang)
  • Blacklava Tour berdurasi sekitar dua setengah jam (IDR 750K / Jeep untuk maksimal 3 orang)
  • Combine Sunrise and Blacklava dengan durasi 3 jam (IDR 850K / Jeep untuk maksimal 2 orang)
  • Combine Sunruse, Forest dan Blacklava (IDR 1150K / Jeep untuk maksimal 2 orang)
Lihat bukti sejarah erupsi Gunung Batur bertahun-tahun yang lalu di Black Lava (source: IG @kalderajeep)

Lumayan murah juga kan harga yang dikasi sama Kaldera Jeep Adventure ini? Worth it banget sama pengalaman yang bisa kalian dapetin selama perjalanan. Keindahan dan kekerenan alam ga bisa dituker sama apapun.

Apalagi ditambah pengalaman menyenangkan dengan kendaraan yang ga biasa kalian pake buat menuju kesana. Jadi tunggu apalagi? Buat kalian yang lagi di Bali atau tinggal di Bali, kesini aja deh! Jeep Kintamani wajib dicobain loh.



Oya, kalian yang misalnya udah punya jeep sendiri dan cuma pengen ditemenin sama Kaldera Jeep Adventure biar bisa lewatin track yang pasti mereka udah hatam juga bisa banget lho.

Kalian tinggal kontak aja langsung ke Kaldera Jeep Adventure lewat akun Instagramnya atau website-nya. Mereka bakalan sigap ngasi pelayanan yang kalian mau. Selamat berpetualang!

Leave a Reply

Your email address will not be published.