Misteri hilangnya sebuah pesawat MH370 yang menyisakan puluhan teori konspirasi. (Sumber: AirlineRatings)

Masih Ingat Pesawat MH370 Yang Menghilang? Youtuber Ini Mengungkap Rahasianya (Bag. 1)

Beritahu yang lain

Masih Ingat Pesawat MH370 Yang Menghilang? Youtuber Ini Mengungkap Rahasianya – Hai sahabat Tanda Koma, pada tahun 2014 silam seluruh dunia berasa digoncang dengan kabar menghilangnya sebuah pesawat Boeing 777 yang terbang dari Kuala Lumpur menuju Beijing dan membawa 239 penumpang termasuk kru kabin dan pilot. Pesawat dengan nomer penerbangan MH370 ini dikabarkan menghilang setelah melewati jam kedatangan di Beijing. Berbagai macam spekulasi diiringi dengan pencarian besar-besaran dari tim internasional pun mendampingi usaha mengidentifikasi dan menemukan pesawat ini. Bagimana besar skala pencariannya dan apa yang menjadi sebab bencana ini? Simak ulasan berikut bareng Tanda Koma yang dikupas melalui LEMMiNO.

 

Pesawat MH370
Misteri hilangnya sebuah pesawat MH370 yang menyisakan puluhan teori konspirasi. (Sumber: AirlineRatings)

 

Seorang Youtuber dari Swedia yang memiliki YouTube LEMMiNO menjelaskan dalam videonya dengan sangat jelas tentang asal muasal dan kronologi dari menghilangnya pesawat penumpang besutan dari Boeing Commercial Airplanes ini.



 

Kronologi Pesawat MH370 Yang Menghilang

Pada dini hari tanggal 8 Maret 2014, sang pilot Zaharie Ahmad Shah memberi tahu Air Traffic Control (ATC) Kuala Lumpur untuk take off. 42 menit lewat tengah malam, ATC memberi ijin untuk lepas landas membawa 239 penumpang untuk menjalankan rute harian menuju Beijing.

1 jam setelah lepas landas, sang pilot memberi tahu ATC Kuala Lumpur bahwa pesawat sedang memasuki area Laut Cina Selatan dan diminta untuk menghubungi ATC Ho Chi Minh City di Vietnam sebelum melewatinya. 1 menit dan 43 detik kemudian, setelah mengucapkan goodnight ke ATC Kuala Lumpur, pesawat MH370 tetiba menghilang dari 3 radar ATC di Kuala Lumpur, Ho Chi Minh City, dan Bangkok.

 

Penumpang MH370
Sebelum memasukin kawasan udara Vietnam, pesawat MH370 dan seluruh penumpang dinyatakan menghilang. (Sumber: Youtube/LEMMiNO)

 

Disebut menghilang dari radar karena pesawat Boeing 777 yang membawa 2 transponder terpasang di badan pesawat tidak terbaca oleh radar. 2 transponder yang tidak bisa terbaca ini menunjukkan 2 kemungkinan; sistem tidak berfungsi atau sistem dinon-aktifkan oleh seseorang secara manual.

Baca Juga:  Palmilla Bali? Yuk Intip Ke Salah Satu Beach Club Paling Instagrammable Di Bali! [HARGA & RESERVASI 2021]

 

Transponder MH370
Sinyal dari 2 transponder MH370 yang menghilang menunjukkan awal kecurigaan hilangnya pesawat Boeing 777 ini. (Sumber: Youtube/LEMMiNO)

 

ATC Kuala Lumpur mencoba berulang kali menghubungi pilot MH370 tetapi tidak mendapatkan balasan sedangkan radar tidak menunjukkan sinyal pesawat. Setelah melewati jam kedatangan MH370 di Beijing, para petugas kemudian mengumumkan pesawat tersebut menghilang tanpa jejak.



 

Area Pencarian Awal

Pencarian segera dilakukan oleh otoritas terkait. Area pencarian awalnya dimulai di Laut Cinta Selatan dan Selat Thailand yang merupakan titik dimana pesawat tersebut menghilang dari radar ATC. Namun, area pencarian kemudian diperluas setelah militer Malaysia mengungkapkan radar mereka yang tidak mengandalkan transponder menemukan rute baru dari hilangnya pesawat sesaat setelah melakukan kontak dengan ATC Kuala Lumpur.

 

Rute Pencarian MH370 Menurut Militer
Menurut radar militer, rute pesawat MH370 diketahui membelok dari arah seharusnya. (Sumber: Youtube/LEMMMiNO)

Rute baru yang diungkap pihak militer Malaysia menunjukkan pesawat yang mengudara di atas Laut Cina Selatan melakukan belokan ke kanan sebentar kemudian tajam memutar ke kiri menuju pulau Penang dan melewati selat Malaka sebelum akhirnya menghilang dari radar tersebut.

Beberapa hari kemudian, area pencarian diperluas dan kini melibatkan tim internasional yang mencangkup pencarian di area di Selat Malaka, Laut Andaman, dan Selat bengal.

 

Area Pencarian MH370
Area pencarian pun diperluas dan melibatkan tim dari berbagai negara untuk menemukan pesawat MH370 (Sumber: Youtube/LEMMiNO)

 

Terhubung Dengan Satelit

Para penyidik mulai menganalisa Satellite Communication Records. Seperti semua Airline modern, pesawat MH370 juga dilengkapi dengan SATCOM (Satellite Communication) untuk mengirim dan menerima sinyal dari pesawat ke stasiun penerima di bumi. Diperkuat dengan radar militer, ditemukan rute yang diduga kuat menjadi pedoman perjalanan pesawat sesaat sebelum menghilang.

 

MH370 Menghilang Dari Radar
Melalui radar militer dan SATCOM, pesawat MH370 sempat terlacak melalui rute yang cukup mencurigakan sebelum menghilang. (Sumber: Youtube/LEMMiNO)

 

Sebelum berangkat, SATCOM dari MH370 terekam dinyalakan dan terbukti melakukan koneksi dengan stasiun penerima di Perth, Australia. Setelah beberapa saat dan terlacak melakukan belokan dari Pulau Penang, pesawat menghilang tanpa sinyal. Tapi 3 menit kemudian setelah menghilang di laut Andaman, sinyal tersebut kembali tertangkap di Laut Andaman dan masih terhubung hingga 6 jam kemudian menghilang lagi dan diasumsikan jatuh karena kehabisan bahan bakar.

Baca Juga:  TEMUAN MISTERIUS! Ditemukan monolit besi di tengah gurun Utah?

 

Ping Lokasi Sateliet MH370
Setelah mengkalkulasi jarak pelacakan sinyal SATCOM, tim penyidik mengungkap 7 kemungkinan radius jatuhnya pesawat MH370. (Sumber: Youtube/LEMMiNO)

 

Di jam2 terakhr ketika terlacak sinyal, berbagai usaha dilakukan untuk menghubungi kokpit dan meskipun saluran tersambung tidak ada seorangpun yang mengangkat panggilan. Namun meski demikian, para penyelidik mampu mengkalkulasikan perkiraan jarak dari pesawat dan satelit dengan menggunakan ping sinyal SATCOM yang sempat tersambung tersebut. Setelah mempertimbangkan banyak hal termasuk jarak dan konsumsi bahan bakar, tim penyidik mengungkapkan sebuah teori baru dengan 7 terduga lokasi terjatuhnya pesawat dan difokuskan di area di sebelah Selatan Samudra Hindia.



 

Pelacakan MH370 di Samudra Hindia
Dengan pertimbangan jarak tempuh, kapasitas bahan bakar, dan faktor-faktor lainnya, area pencarian terfokus ke Selatan Samudra Hindia. (Sumber: Youtube/LEMMiNO)

 

Pencarian Di Samudra Hindia

Dengan pengungkapan kabar terbaru tersebut, pemerintah Australia mengkontribusikan pencarian dalam skala besar. Namun, samudra Hindia merupakan permukaan laut yang sangat luas dan tangguh. Penyisiran menggunakan berbagai macam peralatan pun terkendala dengan ombak yang sangat besar dan cuaca yang tidak bersahabat sehingga membatasi pencarian tersebut.

 

 

Selang beberapa bulan kemudian, tim masih belum menemukan puing apapun yang terkait dengan pesawat MH370 yang menghilang meskipun luas area pencarian sudah mencakup jutaan meter persegi dan menggunakan berbagai macam alat pencarian di atas maupun di bawah permukaan laut.

 

Area Pencarian MH370 Yang Hilang
Selang beberapa bulan, pencarian meliputi jutaan meter persegi dan tidak membuahkan apapun. (Sumber: Youtube/LEMMiNO)

 

Beberapa Puing Besi Misterius

Namun, setelah 16 bulan pencarian di perairan Samudra Hindia, beberapa orang menemukan beberapa puing yang terduga merupakan pecahan atau serpihan pesawat dari MH370 yang menghilang di 2014 dan ditemukan di tepi laut di Afrika di tahun 2015. Beberapa penyelidik segera memeriksa puing-puing tersebut dan menemukan kemiripan yang mencengangkan dengan pesawat MH370 yang menghilang..

 

Bersambung ke bagian 2… 

 


Beritahu yang lain

Anggarda Putra

A long-lost traveler who enjoys a sip of cappuccino every morning.

Anggarda Putra has 109 posts and counting. See all posts by Anggarda Putra

Leave a Reply

Your email address will not be published.