Ekor Buaya sebagai menu makan malam? Penasaran rasanya atau takut kegigit duluan? (Sumber: Youtube/BEFRS)

Rasa Ekor Buaya?! Youtuber Ini Makan Sajian Kuliner Semua Ekor Hewan!

Beritahu yang lain
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Memasak Ekor Dinosaurus?! Youtuber Ini Memakan Ekor Hewan Purba! – Hai penikmat jajanan kuliner di Tanda Koma! Dinosaurus adalah hewan super raksasa yang kalau kalian menonton Jurassic Park pasti kebayang lari ketakutan kalau dikejar T-rex kan? Tapi bagaimana kalau ada yang mau memasak ekor salah satu keturunan dinosaurus? Yuk simak lebih lanjut pengalaman memasak unik berikut ini.

Ekor Buaya
Ekor Buaya sebagai menu makan malam? Penasaran rasanya atau takut kegigit duluan? (Sumber: Youtube/BEFRS)

Youtuber yang sudah pernah kita bahas ini selalu memulai petualangan dengan kuliner yang super extreme atau gak menakjubkan. Selain karena dia adalah warga asing, tapi sepertinya sudah kebal dengan beberapa masakan tradisional di Asia maupun belahan dunia lainnya. BEFRS atau Best Ever Food Review Show mencoba untuk mengumpulkan beberapa menu eksotis dari Asia yang hanya mengandalkan ekor binatang. Waduh!

1. Ekor Ayam

Ekor pertama yang dibahas adalah ekor ayam. Terkenal sebagai makanan favorit di belahan dunia manapun, ayam pastinya dimasak dengan berbagai bumbu dan sesuai selera manapun dari bagian daging manapun. Begitu juga dengan ekornya.

Ekor ayam di Vietnam disediakan dengan bumbu khusus yang berwarna kuning menyala sebelum diruam hingga kuning mengental dan dibakar. Modelnya sih seperti sate tapi karena bagian belakang ayam selalu kenyal dengan lemak, rasanya pun seperti sate lemak ayam yang ada di Bali. Hmm!

Ekor Ayam Panggang
Menu yang cukup unik, dengan menusuk ekor ayam yang penuh lemak kemudian memanggangnya cukup lama sehingga bumbu istimewa yang berwarna kuning pun meresap. (Sumber: Youtube/BEFRS)



Ekor Ayam Panggang
Setelah masak, disajikan dalam keadaan hangat dan wangi bumbu dan rerempahan. Penasaran ya rasanya gimana? (Sumber: Youtube/BEFRS)

2. Ekor Kerbau

Dimasak khusus oleh chef yang berpengalaman dengan Masakan Spanyol, Ekor Kerbau dioleh sebagai Sup Ekor Kerbau dengan paduan bumbu yang ekstra kental plus rasa daging yang sangat meresap di setiap potongannya. Terlebih, daging tersebut diolah dengan cara dipotong-potong terlebih dahulu sebelum direbus selama kurang lebih 4 jam untuk mencapai tingkat kelembutan daging yang diinginkan.

Ekor Kerbau
Ekor kerbau yang terbilang agak keras dibanding sapi tapi mempunyai kelembutan yang istimewa setelah diolah matang-matang. (Sumber: Youtube/BEFRS)

Awal mula, ekor kerbau yang telah disiapkan dipotong di bagian lekukan sendi sehingga memudahkan untuk memotongnya dan mencapai porsi potongan kecil yang sempurna. Kemudian digoreng sebentar untuk menampilkan aroma kaldu yang bercampur dengan minyak yang kemudian dicampur beberapa sayuran dan bumbu untuk kemudian direbus dengan air ataupun anggur merah (sesuai selera, ya) selama 4 jam.

Sup Ekor Kerbau
Dengan durasi yang cukup lama, kaldu yang tersisa pun bercampur dengan bumbu dan melekat di daging ekor kerbau sehingga memadukan citarasa gurih dan khas dari daging istimewa ini. Nyam! (Sumber: Youtube/BEFRS)



3. Ekor Buaya

Nah, tiba rasanya untuk membahas ekor dari hewan paling eksotis ini. Dengan nenek moyang yang merupakan dinosaurus, buaya di Vietnam ternyata mempunyai pengembangan sebagai hewan ternak loh!

Baca Juga:  Begini caranya buat dapetin menginap di Bali gratis lewat Instagram!

Selain kulit yang dipakai termasuk sebagai barang mewah, ternyata daging dari buaya juga merupakan kemewahan tersendiri. Dimasak dari bagian ekor, terlebih dahulu dikupas untuk lemak dan potongan tulang yang masih tersisa sebelum diolah lebih lanjut.

Ekor Buaya
Setelah dibersihkan, ekor buaya dibuka untuk diambil tulang dan lemak berlebih yang tersimpan di dagingnya. (Sumber: Youtube/BEFRS)

Setelah dikupas, daging ekor buaya ini ditaburi kaldu ayam bubuk dan dipanggang dengan api kecil selama beberapa menit untuk meresapkan kaldu dengan daging yang bertekstur unik ini. Kemudian, setelah tercium aroma yang wangi, ekor buaya kemudian disiapkan dengan bumbu rempah-rempah yang disiapkan sebelumnya untuk dipanggang lagi.

Ekor Buaya Panggang
Setelah dibumbu, dioleskan saus khusus dengan bahan rerempahan. (Sumber: Youtube/BEFRS)



Ekor Buaya Siap Saji
Setelah cukup matang, ekor buaya disajikan dengan beberapa sayuran segar sebagai kudapan. Hmm, buaya rasa ayam? (Sumber: Youtube/BEFRS)

Vietnam memang mengagumkan ya. Dengan banyak variasi makanan ekor, sepertinya Indonesia juga gak kalah karena banyak dari makanan tradisional yang menyangkut berbagai potongan daging hewan yang eksotis juga.

Kira-kira kamu mau incipi ekor hewan yang mana nanti? Apa penasaran dan mau coba masak sendiri di rumah? (ANP)


Beritahu yang lain
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Anggarda Putra

A long-lost traveler who enjoys a sip of cappuccino every morning.

Anggarda Putra has 103 posts and counting. See all posts by Anggarda Putra

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *