Mukbang Korea masitta~!

Ini Dia Menu Mukbang Sederhana Yang Bisa Kamu Coba Di Rumah!

Beritahu yang lain

Ini Dia Menu Mukbang Sederhana Yang Bisa Kamu Coba Di Rumah! – Hai penikmat kuliner Korea di Tanda Koma! Makanan Korea pastinya menyimpan aneka citarasa yang sangat unik mengingat kita selalu melihat beberapa adegan di K-drama yang bikin air mata mengalir dan air liur pun ikutan tumpah. Terlebih dengan adanya tren Mukbang yang sering kita lihat di Youtube. Yuk simak menu Mukbang berikut yang ternyata sangat simple dan kamu bisa coba di rumah.

Korean Food Beef
Bulgogi seringkali menjadi makanan favorit terutama jika daging sapi yang disediakan berkualitas premium dan ditemani bareng teman nongkrong!

Mukbang atau singkatan dari Meokgo dan Bangsong. Keduanya merupakan Bahasa Korea. Meokgo yang artinya makan dan Bangsong yang artinya siaran. Ini berarti Mukbang adalah makan makanan dengan melakukan siaran. Tadaa!~

Kali ini, Tanda Koma akan berbagi beberapa makanan khas Korea yang cocok untuk kalian buat nikmati sensasinya atau pun kalian tonton dikala ingin mencobanya. Plus, saking sederhananya menu-menu berikut bisa jadi kamu bikin latihan Mukbang di rumah loh. Yuk simak lebih lanjut lezat di bawah ini!

1. Sundubu-Jjigae (순두부찌개)

Siapa yang tidak tahu Sundubu-jjigae? Yup! Sup ini merupakan salah satu menu andalan restoran DanBam yang ada di drama Korea berjudul Itaewon Class. Sundubu-jjigae adalah sup khas Korea yang cukup digemari oleh mereka terutama di musim dingin bersalju. Sup enak dan hangat ini terdiri dari bahan utamanya yaitu tahu sutra dengan kuah pedas. Slurrp!

Sup Korea Pedas
Sup yang pedas ini cocok dimakan buat kamu yang ingin menghangatkan badan sambil berpelukan dengan selimut di kamar ber-AC yang dingin. Hmm!

Bahan utama lainnya dari sup ini adalah tahu sutra Korea, kerang, jamur, jeotgal (asinan seafood), dan telur atau mie sesuai selera. Makanan ini termasuk kedalam masakan khas Korea yang paling sering diminati karena rasa pedasnya. Banyak para pembuat konten Mukbang memasukkan masakan ini pada konten mereka di platform video seperti YouTube dengan memuat wajah yang kepedesan. Hihihi~



2. Kimchi ( 김치 )

Selanjutnya, ada makanan khas Korea yang sangat populer yaitu Kimchi. Kimchi adalah satu jenis asinan sayur hasil fermentasi yang diberi bumbu pedas dan dulunya dipendam di dalam tanah untuk proses fermentasinya. Menarik bukan cara membuatnya?

Kimchi
Kimchi pedas Korea ini seringkali disajikan dengan sayur kubis yang kecut asam tapi super pedas! (Sumber: Maangchi)

Cara membuatnya, sediakan sawi putih (atau sayur lainnya sesuai selera) dan dicuci bersih. Setelah kemudian digarami, sayuran tersebut dicampur merata dengan bumbu yang dibuat dari udang, kecap ikan, bawang putih, jahe dan bubuk cabai merah sesuai selera. Setelah tercampur merata, dimasukkan ke dalam wadah yang tertutup rapat dan pada dahulu kala Kimchi dipendam di dalam tanah untuk proses fermentasi yang lebih intens.

Baca Juga:  Eh Ada Objek Misterius di Angkasa Dan Para Ilmuwan Belum Tau Pasti Apa Itu. Wah?!



Sayuran yang paling umum dibuat Kimchi adalah sawi putih dan lobak meskipun sekarang variasi menu bisa berupa timun dan sayuran hijau lainnya. Kimchi sangat cocok untuk dijadikan pendamping makanan khas Korea lain karena kalau kamu makan di restoran Korea biasanya menu pembuka adalah keripik singkong dan semangkok kecil Kimchi.

3. Bibimbap ( 비빔밥 )

Apasih Bibimbap itu? Bibimbap adalah masakan Korea berupa semangkuk nasi putih dengan lauk di atasnya berupa sayur-sayuran, daging sapi, telur, dan saus pedas. Secara harfiah, bibimbap sendiri berarti nasi campur (tapi berbeda dengan yang disediakan di warteg ya, hehhe). Bibimbap yang paling popular berasal dari kota Jeonju yang terkenal dengan beberapa restoran keluarga dengan Bibimbap yang disajikan turun temurun dari resep keluarga.

Bibimbap
Bibimbap itu lebih ke nasi rames, bedanya ini koq lebih sehat kayaknya? 🙁 (Sumber: SousChef)

Sesuai nama harfiahnya, Bibimbap atau Nasi Campur diaduk terlebih dahulu sebelum dimakan. Bibimbap juga termasuk kedalam makanan khas Korea yang menyehatkan karena kamu bebas mau mencampur nasi dengan beberapa sayuran segar ataupun yang sudah direbus terlebih dahulu.



Kimbap
Nasi campur lainnya bisa digulung dengan lembar rumput laut kering untuk menjadi Kimbap – sedikit mirip sama sushi sih memang.

Nah, itu dia makanan khas Korea yang sering dijadikan konten Mukbang dan tentunya kamu pun bisa meniru dengan memesan makanan-makanan di atas melalui online di resto terdekat ya.

Kalau sudah bikin konten Mukbang sini komen di bawah untuk link videonya nanti kita lihat. Siapa tahu videomu bisa jadi di-feature di Tanda Koma berikutnya? (ANP)


Beritahu yang lain

Anggarda Putra

A long-lost traveler who enjoys a sip of cappuccino every morning.

Anggarda Putra has 109 posts and counting. See all posts by Anggarda Putra

Leave a Reply

Your email address will not be published.