Menurunkan Tekanan Darah Tinggi Tanpa Obat? Ternyata Ini 5 Caranya

Beritahu yang lain
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Menurunkan Tekanan Darah Tinggi Tanpa Obat? Ternyata Begini –¬†Hello, pembaca Tanda Koma. Seperti yang sudah banyak kita ketahui, tekanan darah tinggi atau Hipertensi adalah suatu kondisi yang dapat meningkatkan resiko penyakit jantung, stroke, dan gagal ginjal. Salah satu faktor terpenting dan langkah pertama dalam mencegah dan mengendalikan hipertensi adalah dengan menjaga gaya hidup. Menurut JNC 7, jika Anda berhasil mengikuti langkah-langkah ini, kebutuhan akan obat dapat ditekan, loh! Nah, bagaimana sih cara menjaga gaya hidup yang dimaksud? Lalu, seberapa banyak perubahan gaya hidup dapat menurunkan angka tekanan darah? Simak uraian berikut ini.

 

Olahraga Sehat Jantung
Olahraga minimal 30 menit setiap hari, dapat menyehatkan tubuh loh.

 

1. Mengurangi Berat Badan

Karena berat badan berlebih adalah faktor yang dapat meningkatkan tekanan darah secara signifikan, maka menurunkan berat badan jelas akan mengurangi tekanan darah tinggi. Menurut penelitian, penurunan sebanyak 10 kilogram dapat menurunkan tekanan darah sistolik sebanyak 5-20 mmHg. Tapi, sebaiknya penurunan berat badan dilakukan secara bertahap, ya. Karena penurunan berat badan sebanyak 0,2 -1 kilogram per minggu justru akan lebih efektif dan bertahan lama daripada penurunan berat badan yang terlalu drastis.



 

Olahraga Di Masa Tua
Sehat gak selalu six pack, cukup dengan mengimbangi dengan berat badan ideal sesuai dengan tinggi tubuh ya

 

2. Mengatur Makanan

Pengaturan konsumsi makanan yang baik dan benar akan menurunkan tekanan darah tinggi sebanyak 8-14 mmHg. Tapi, pengaturan makan yang seperti apa? Menurut para ahli, perencanaan makan yang dapat menurunkan tekanan darah secara efektif adalah diet DASH, singkatan dari Dietary Approach to Stop Hypertension. Perencanaan makan ini lebih menekankan pada pengaturan makanan yang seimbang, dan mencakup konsumsi buah, sayur dan makanan rendah lemak serta mengurangi konsumsi makanan yang mengandung lemak jenuh dan kolesterol.

Baca Juga:  Persiapan Menikah? Renungi 5 Nasehat Ini Sebelum Kamu Menjalin Rumah Tangga Ya!

 

Menurunkan Tekanan Darah Tinggi
Kategori darah tinggi dan definisinya

 

3. Mengurangi Konsumsi Garam

Dengan mengurangi konsumsi garam pada makanan, Anda sudah dapat menurunkan tekanan darah sampai sebanyak 8 mmHg. Secara umum, sebaiknya Anda mengkonsumsi sebanyak maksimal 2,4 gram garam per hari. Selain mengukur langsung garam yang Anda pakai saat memasak, tentu Anda juga dapat mengurangi konsumsi garam sehari-hari dengan mengurangi makan makanan yang sudah diproses atau dengan membaca label kandungan garam saat Anda berbelanja makanan.

 

Garam Penyebab Hipertensi
Meskipun enak, garam tapi menjadi salah satu penyebab hipertensi kalau kebanyakan. Secukupnya saja ya

 

4. Aktivitas Fisik Aerobik

Olahraga aerobik yang dilakukan secara teratur sebanyak 30 menit setiap hari, dengan target 150 menit dalam seminggu, dapat menurunkan angka tekanan darah sebanyak 9 mmHg. Contoh olahraga yang bersifat aerobik adalah jalan cepat, bersepeda, berenang atau senam aerobik. Selain olahraga yang teratur, Anda juga dapat menambahkan aktivitas fisik seperti naik turun tangga atau parkir kendaraan agak jauh supaya menambah jalan kaki.



 

5. Mengurangi Konsumsi Alkohol & Rokok Serta Menghindari Stress

Merokok adalah salah satu faktor resiko yang sangat berpengaruh akan terjadinya penyakit jantung, kanker dan banyak penyakit lainnya. Sebuah penelitian menunjukkan perbaikan yang langsung nampak pada tekanan darah orang yang berhenti merokok selama seminggu, dengan penurunan sebanyak 3,5 mmHg. Apabila Anda mengkonsumsi alkohol, dengan membatasi minum bir maksimal 600ml per hari atau wine maksimal 300 ml per hari bagi laki-laki dan separuhnya bagi perempuan, Anda dapat menurunkan angka tekanan darah sebanyak 4 mmHg. Dan apabila Anda mengurangi kecemasan dan stress, tekanan darah Anda dapat menurun sebanyak 5 mmHg.

 

Merokok Penyebab Hipertensi
Menghindari rokok bisa menjadi faktor untuk hidup sehat

 

Menurunkan Tekanan Darah Tinggi
5 Poin Utama untuk menurunkan tekanan darah tinggi (hipertensi)

Nah, itulah cara-cara yang sudah terbukti ampuh untuk menurunkan tekanan darah Anda tanpa obat-obatan menurut para ahli. Jika dilakukan secara rutin dan konsisten, selain tekanan darah lebih stabil, tubuh Anda juga akan lebih fit dan segar. Salam Sehat! (TAS)

Baca Juga:  Simak Berikut Anjuran Dokter Untuk MPASI

 

=====

Catatan Tanda Koma:

  • Rubrik Kesehatan Diasuh oleh Dr. Tasiah Nashirah Nur
  • Sumber Artikel: Seventh Report of the Joint National Committee on Prevention, Detection, Evaluation, and Treatment of High Blood Pressure (JNC 7)

Beritahu yang lain
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Dr. Tasiah N. Nur

Those who wander are never lost.

Dr. Tasiah N. Nur has 10 posts and counting. See all posts by Dr. Tasiah N. Nur

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *