Kelingking Beach yang terkenal itu, punya bukit yang dilihat lebih mirip T-Rex. (Sumber Foto: Instagram @lisamiko)

Nusa Penida Tour: Panduan Berlibur Ke Nusa Penida [UPDATE 2021]

Beritahu yang lain
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Nusa Penida Tour: Panduan Berlibur Ke Nusa Penida [UPDATE 2021] – Hai para travellers di Tanda Koma! Bali sebagai destinasi paling terkenal di dunia menyimpan banyak pesona yang masih belum dijelajah. Terutama rumpun pulau kecil di sebelah Timur Sanur yang menjadi tujuan utama buat kamu yang suka pantai sepi berpasir putih serta pemandangan spektakuler dari ujung tebing yang tinggi menculam. Iya, yuk ikutin panduan berlibur ke Nusa Penida bareng Tanda Koma ya!

Kelingking Beach Bawah
Kelingking Beach itu bagus banget, pantai berpasir putih yang sangat lembut. Tapi berhati-hati pas turun ya!

Mencapai Nusa Penida

Berdasarkan lokasi, sebenarnya ada tiga pulau yang terletak di sebelah Timur Sanur ini. Meskipun terbelah dengan selat Badung, untuk mencapai ke Nusa Penida cukup menaiki salah satu kapal fastboat yang tersedia dari pelabuhan Sanur. Dengan keberangkatan setiap pagi sekitaran jam 7 / 8, mungkin ada baiknya kamu berangkat lebih pagi atau tinggal di dekat Sanur supaya lebih mudah mencapai pelabuhan tepat waktu.

Nusa Penida sendiri merupakan salah satu dari kumpulan beberapa pulau kecil. Termasuk diantaranya yang terkenal dan menjadi tujuan wisata juga adalah Nusa Ceningan dan Nusa Lembongan. Kesemuanya bisa dicapai jika kamu naik fastboat yang berangkat setiap pagi dari Sanur.

Sebenarnya ada beberapa fastboat yang berangkat dan menyediakan pelayanan yang baik ke Nusa Penida. Kamu bisa melihat jadwal mereka di bawah ini [UPDATE MARCH 2021] – untuk harga tiket bisa berubah sewaktu-waktu, ada baiknya kamu mencari Instagram dari masing-masing kapal untuk menanyakan ketersediaan termasuk harga tiket terbaru:

Jadwal Fastboat ke Nusa Penida
Jadwal Fastboat ke Nusa Penida. (Sumber Foto: LiburanBali.Net)

Untuk pelabuhan di Nusa Penida terdapat 4 macam. Jika kamu membawa kendaraan sendiri dan berangkat dari Pelabuhan Padang Bai, maka kamu akan sampai di Pelabuhan Buyuk.

Untuk kamu yang berangkat dari pelabuhan Sanur, kamu akan sampai di pelabuhan Toya Pakeh atau pelabuhan Banjar Nyuh (keduanya berdekatan) yang dimana jika kamu docking di sini, maka kamu akan lebih mudah untuk mengeksplorasi Nusa Penida bagian Barat.

Sedangkat pelabuhan Sampalan adalah salah satu pelabuhan tertua dan menjadi tempat docking untuk beberapa fastboat. Kalau docking di sini, kamu akan mudah mencapai beberapa tempat wisata di Nusa Penida Timur.

Saran Tanda Koma: Untuk fastboat pulang pergi Sanur – Nusa Penida, jika kamu kerepotan dengan mencari tiket online kamu juga bisa datang on the spot di Pelabuhan Sanur karena banyak fastboat yang sudah siap berangkat. Pembayaran langsung melalui tunai / cash akan mempermudah proses pembayaran untuk kemudian langsung naik fastboat.

Sesampainya di Nusa Penida, perlu diingat mayoritas fastboat di sini tidak menyediakan tender (kapal kecil untuk mengantar) untuk docking ataupun disembark.

Jadi baik ketika berangkat ataupun sudah sampai, untuk menaiki dan turun dari fastboat kamu akan langsung loncat ke pantai dengan ketinggian air kurang lebih selutut. Jadi siap-siap basah ketika berangkat ya!



Kalau kamu sudah bersiap-siap untuk mengeksplorasi sendiri di Nusa Penida, ada baiknya ketika sampai di pelabuhan kamu tinggal menengok kiri atau kanan untuk melihat orang-orang menyewakan sepeda motor dengan kisaran harga 60/70 ribuan per motor per hari.

Motor-motor yang disewakan ini banyak terdapat di sekitar pelabuhan, karena saking kecilnya jadi motor-motor tersebut tidak ada yang dikunci dan kuncinya pun digantung di setir kemudian ditinggal (baru tau juga pas kita sampai, hahha).

Kalau kamu bersiap-siap untuk mengeksplorasi Nusa Penida melalui paket tour, kamu bisa kontak Wira dan kantornya di bawah karena Tanda Koma sudah mencobanya sendiri untuk berangkat ke pulau yang seru ini.

Nusa Penida Tour Bagian Barat

Dengan berbagai spot yang terletak di Nusa Penida bagian Barat, maka akses dari pelabuhan (Pelabuhan Toya Pakeh & Pelabuhan Banjar Nyuh) pun semakin memudahkan untuk berwisata ke bagian Barat yang secara tidak langsung memudahkan akses untuk mencapai spot-spot instagrammable di sini.

Akses jalan yang kebanyakan di-aspal dan tidak rusak (dibanding dengan Nusa Penida bagian Timur) akan membuat perjalanan daratmu di daerah sini lebih terasa lancar dan tidak bikin terkocok-kocok, hehhe.

Berikut daftar destinasi yang kami coba dan tuju sesuai urutan setelah disembark dari fastboat ya:

Baca Juga:  Garuda Wisnu Kencana Bali Yang Megah! Yuk Baca Spot Foto Apik Di Sini!

1. Kelingking Beach

Sekitaran 45 menitan pertama, kamu akan melewati beberapa tempat yang indah dan mulus yang kemudian dilanjut dengan sedikit goncangan. Tapi begitu sampai di lokasi dan parkir, mungkin akan bertanya-tanya dimana keindahannya.

Kamu musti jalan dulu sebentar untuk mencapai spot yang satu ini. Baru kamu akan mulai melihat pemandangan spektakuler yang aduhaaaai..

Kelingking Beach Mirip TREX
Kelingking Beach yang terkenal itu, punya bukit yang dilihat lebih mirip T-Rex. (Sumber Foto: Instagram @lisamiko)

Perlu kamu ketahui, itu bukit yang kata kebanyakan orang mirip kelingking sebenarnya lebih mirip T-Rex gak sih 🙁

Di bukit itu juga merupakan tangga turun ke bawah menuju bagian pantai dari Kelingking Beach ini, yang pastinya curam dan ada kalanya hanya berpegangan ke satu tuas tali.

Tetapinya sampai bawah, pemandangan yang kamu lihat lebih terasa wah – karena pantai ini bener-bener terpencil, susah akses, sehingga membuat pasirnya asli selembut tepung. Tak lupa bersih karena jarang sampah, meskipun sayangnya ombaknya terlalu besar jadi jangan berenang di sini ya guys.

Kelingking Beach dari SemakKelingking Beach Bawah

2. Broken Beach

Bukan, artinya bukan pantai yang rusak jelek gitu. Broken beach ini adalah destinasi yang merupakan panorama sebuah pantai di bawah ceruk bulat yang tidak bisa dijangkau oleh orang karena tebing tinggi yang mengelilinginya dan juga lubang kecil yang hanya bisa diakses melalui laut.

Broken Beach Nusa Penida Birdview
Broken Beach di Nusa Penida tampak dari atas.

Selepas dari Kelingking Beach, kami pun lanjut ke destinasi yang satu ini. Berletak sebelahan dengan Angel’s Billabong, pastikan kamu membawa air yang cukup karena di sini pun terasa panas menyengat terlebih berjalan kaki sepanjang 500 meter untuk pindah lokasi.



Broken Beach di Nusa Penida
Broken Beach kalau dilihat, memang terlihat sangat tersendiri ya – hanya punya satu akses dari laut.

3. Angel’s Billabong

Bukan juga nama merek ya, tapi Angel’s Billabong ini area tempat kolam tampung dari beberapa air laut yang masuk ke ceruk koral dan tidak bisa balik. Karena arus yang kencang, maka kolam semakin besar dan tercipta sebuah kolam dengan pemandangan yang indah langsung menghadap laut luas. Angel’s Billabong letaknya bersebelahan dengan Broken Beach.

Dulu mungkin bisa berenang di sini sembari mengambil foto, tapi terakhir kita pergi tempat ini ditutup sehingga tidak bisa mengambil foto yang epic lagi. Safety before selfie ya guys!

Angels Billabong di Nusa Penida
Angel’s Billabong di Nusa Penida. Jangan terlalu ke pinggir yak, ombaknya terkadang besar! (Sumber Foto: Instagram @yana_leventseva)

4. Crystal Bay

Nah, kebanyakan tujuan akhir dari Nusa Penida Tour di sebelah Barat adalah Crystal Bay. Merupakan sebuah teluk kecil yang penuh dengan hamparan pasir luas dan pohon kelapa, Crystal Bay benar-benar sesuai dengan namanya karena air laut di sini sangat bening!

Selain cocok untuk snorkeling dan diving untuk melihat ikan Mola Mola ataupun Pari Manta, tempat ini memang menjadi andalan untuk mengakhiri tur di hari pertamamu dengan pemandangat sunset yang luar biasa merekah merah.

Crystal Bay Nusa Penida
Crystal Bay di Nusa Penida, dari atas pun kelihatan ya kalau teluk dan pantainya bening sebening kristal!

Di Crystal Bay banyak sekali terdapat warung dan penyewaan alat snorkel ataupun diving. Jadi kamu gak usah kawatir untuk memilih bagaimana cara kamu menikmati hari senja di sini ya. Bisa juga menginap di beberapa penginapan, ataupun sekedar bersantai dengan duduk manis memendam kaki di pasir putih yang lembut.



Snorkeling di Crystal Bay Nusa Penida
Snorkeling di Crystal Bay Nusa Penida. Nikmati snorkeling dan melihat keindahan coral dengan jelas.

Nusa Penida Tour Bagian Timur

Setelah menikmati Nusa Penida bagian Barat, pastikan kamu istirahat yang cukup ya karena di bagian Timur kamu akan melanjutkan pengalaman serumu menembus jalan yang sedikit liar dan berbatu.

Karena lokasi sedikit lebih jauh, jadi kebanyakan orang tidak tahu pesona di Nusa Penida bagian Timur. Itu juga berarti, sedikit orang yang berkunjung dan lokasi lebih terjaga keasriannya.

Yuk tengok keindahan Nusa Penida Bagian Timur:

1. Raja Lima (Saingan Raja Ampat?)

Betul. Sesuai namanya yang berarti 5 raja, destinasi ini merupakan kumpulan beberapa pulau bertebing kecil-kecil sejumlah 5 (kurang lebih, hehhe). Dari namanya dan keindahannya, mungkin akan sedikit mengingatkan kita atas Wayag, Raja Ampat.

Raja Lima di Nusa Penida
Raja Lima di Nusa Penida kurang lebih mirip dengan Raja Ampat, hmm? Dari jauh kelihatan Diamond Beach. (Sumber Foto: Instagram @crossingcomfortzones)

2. Rumah Pohon Molenteng

Berlokasi di spot yang sama dengan Raja Lima, kamu akan berpapasan dengan Rumah Pohon Molenteng ketika menuju spot foto Raja Lima. Hanya sekedar hiasan, kamu tidak bisa menginap di sini. Dengan mengambil uang sekitaran 50-ribuan dari dompet, kamu bisa mengambil foto yang super kece!

Rumah Pohon Molenteng
Rumah Pohon Molenteng, ambil di waktu yang pas ketika sunset ya.

3. Diamond Beach

Masih juga bersebelahan dengan Raja Lima, Diamond Beach merupakan salah satu tempat paling ikonik dari Nusa Penida. Itu karena, pemerintah sudah membuat tangga turun (meskipun sedikit curam di bagian akhir) sehingga memudahkan akses ke pantai berpasir putih dan berkilau seperti intan.

Diamond Beach di Nusa Penida
Diamond Beach di Nusa Penida, salah satu aksesnya adalah menuruni tangga.

Tangga yang mana? Tangga yang diukir ke dalam tebing batu kapur di sebelah kanan dan berujung dengan seutas tali untuk memanjat ukiran anak tangga kecil. Berbahaya? Kurang lebih.. Tapi di bawah? Pemandangan yang sangatlah magis menunggu!



Diamond Beach Nusa Penida
Tangga turun di Diamond Beach, Nusa Penida. Awas turunnya ya. (Sumber Foto; Instagram @LisaMiko)

4. Atuh Beach

Lagi-lagi bersebelahan, Atuh Beach memang berjarak hanya beberapa menit jalan kaki dari Diamond Beach. Pemandangannya sendiri kurang lebih masih sama, yang menjadi perbedaan adalah akses yang sedikit lebih sukar.

Sehingga sedikit orang yang tahu, tapi juga sedikit orang yang datang ke pantai Atuh ini.

Atuh Beach Nusa Penida
Atuh Beach, pemandangan yang menakjubkan dengan sedikit orang yang tahu. (Sumber Foto: Instagram @n.kulikova)

5. Teletubbies Hill

Masih ingat dengan Teletubbies? Ingat bentukan bukit yang seperti setengah bolah itu? Kurang lebih ini bentuk yang sama tapi berupa bukit betulan dan memang terlihat lucu!

Teletubbies Hill Nusa Penida
Teletubbies Hill di Nusa Penida. Tenang, tidak ada Teletubbies di sini, hanya namanya. Hehhe (Sumber Foto: Instagram @digitaltravelcouple)

Nusa Penida Tour Bagian Selatan

Nah, kalau Timur dan Barat sudah kamu cover, pastinya butuh waktu sekitaran 2 hari 1 malam untuk menjelajah bagian tersebut. Seandainya kamu mempunyai waktu lebih lama, bisa kamu jelajahi Nusa Penida di bagian Selatan yang lebih indah dan tentunya mempesona!

Baca Juga:  Veluvana Bali, Villa Instagrammable Ala Bambu Dan Gunung Agung!



1. Kolam Tembeling

Masih ingat dengan Angel’s Billabong yang ingin kamu renangin tapi sedikit berbahaya? Ini ada versi soft-nya. Mampir ke Kolam Tembeling dan kamu bisa berenang dengan santai di kolam natural air tawar ini.

Untuk mencapai sini, kamu harus sedikit menjelajah hutan ya. Karena lokasinya di tengah hutan, makanya tidak heran destinasi yang satu ini jarang dituju orang.

Kolam Tembeling
Kolam Tembeling, sepi bersemayan di tengah hutan. Sedikit trekking, dan kolam renang pribadimu sudah menanti. (Sumber Foto: Instagram @fabiooliveira)

2. Bukit Banah

Kalau kamu mengira perjalanan trekking ke tengah hutan untuk mencari Kolam Tembeling sudah cukup menguras keringat, coba kamu menempuh perjalanan menuju Bukit Banah.

Terletak di daerah Nusa Penida bagian Selatan, Bukit Banah sebenarnya menjadi tempat yang paling epic untuk menonton sunset. Dari pinggir tebingnya, kamu bisa melihat bukit Pantai Kelingking yang seperti T-Rex. Sangat indah kalau kamu menghabiskan sunset di sini. Opsi yang lain adalah dengan menghadap pulau ikonik yang berbentuk seperti cincin setengah tenggelam.

Bukit Banah Nusa Penida
Bukit Banah Nusa Penida, salah satu spot paling EPIC untuk menyaksikan sunset. (Sumber Foto: Instagram @fabiooliveira)

3. Air Terjun Peguyangan

Jangan kaget dengan jumlah tangga di Nusa Penida. Pulau ini masih beneran terpencil dan belum mempunyai perkembangan yang pesat seperti Bali. Tangga merupakan salah satu akses yang bisa disediakan untuk mencapai beberapa spot destinasi tertentu.

Termasuk Air Terjun Peguyangan. Meskipun dinamakan air terjun, bukan seperti air terjun di sungai yang beraliran beras. Di Air Terjun Peguyangan kamu harus berjalan kaki kurang lebih 900-an anak tangga, dan baru bisa mencapai kolam kecil yang tersembunyi di balik dinding tebing dengan guyuran air kecil.

Pemandangannya? Spektakuler abis! Mirip dengan Angel’s Billabong, cuman bedanya kamu bisa berendam di sini berlama-lama. Hehhe

Air Terjun Peguyangan
Air Terjun Peguyangan, di sini berasa berendam di infinity pool alami. (Sumber Foto: Instagram @papayalovin)

Hotel dan Villa Di Nusa Penida

Kebayang ketika kamu berkelana di Nusa Penida yang memang kalau musim kering itu beneran tandus dan panas, pastinya kamu ingin pulang setelah seharian berkeringat ke penginapan yang nyaman dan penuh fasilitas lengkap.

Di Nusa Penida sendiri, kamu bisa memilih penginapan yang sesuai dengan budget kamu dan tentunya beberapa fasilitas yang bikin pengalaman adventure kamu bisa berimbang dengan waktu istirahat yang cukup.



Dari sekian banyak penginapan, hotel, dan villa, berikut yang bisa kami rekomendasikan untuk kamu:

Nusa Penida On Budget – Di Bawah Rp 500.000 per malam

Nusa Sedayu Hotel

Penginapan dengan model bungalow yang baru beroperasi dan mempunyai kolam renang menghadap ke laut lepas.

Nusa Sedayu Hotel
Nusa Sedayu Hotel di Nusa Penida

Song Cang Bungalow

Terletak di sebelah pesisir pantai Penida Timur, Song Cang Bungalow mempunyai pemandangan langsung ke laut lepas dari bungalow yang kamu inapin nantinya.

Song Kang Bungalow
Song Kang Bungalow di Nusa Penida sebelah timur.



Nusa Penida On Luxury– Di atas Rp 1.000.000 per malam

The Angkal Resort

Berlokasi di sebelah timur Nusa Penida, menginap di sini akan terasa lebih mudah untuk mencapai beberapa spot destinasi di Nusa Penida Tour. Terlebih dengan fasilitas di atas rata-rata dan masuk ke segmen luxury, pastinya kemewahan fasilitas bisa memanjakan liburanmu di pulau ini.

The Angkal Resort
The Angkal Resort, menginap dengan kemewahan yang menghadap laut lepas.

Semabu Hills Nusa Penida

Berlokasi tak jauh dari pelabuhan Toya Pakeh, kamu bisa langsung cek in sekiranya disembark dari fastboat dan ingin menghirup angin laut yang segar dari kamarmu yang penuh kenyamanan luxury sebelum berpetualang.

Semabu Hills Nusa Penida
Semabu Hills Nusa Penida, salah satu puncak kemewahan di pulau nan indah ini.

Sudah Siap Untuk Nusa Penida Tour?

Nah setelah membaca panjang kali lebar di atas, kira-kira apa yang musti kamu persiapkan lagi? Kurang lebih, di Nusa Penida kamu bisa menjalani semuanya di one-day tour untuk datang pagi dan pulang sore. Tapi itu akan membatasi destinasi yang akan kamu kunjungi.

Idealnya, kamu bisa mencoba 2 hari dan 1 malam untuk mengincipi mayoritas spot instagrammable di Nusa Penida dan beristirahat dengan cukup juga. Karena dijamin deh, selain jalan yang mungkin sedikit membuat perut mu terkocok-kocok karena lubang dan bebatuan, ada juga ratusan tangga yang harus kamu lalui untuk datang ke spot-spot tersebut.

Meskipun demikian, jiwa petualangmu tak akan luntur begitu saja kan? Beberapa pantai yang tidak tersentuh manusia, serta panorama yang mengesankan mata dan jiwa ketika melihat senja memerah berbalur dengan biru gelapnya laut di kejauhan, bukankah itu sebuah rahasia untuk hidup yang lebih hidup?

Ceritakan pengalamanmu di Nusa Penida di kolom komentar ya. Siapkan ransel favoritmu dan yuk mulai berpetualang di Nusa Penida! (ANP)


Beritahu yang lain
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Anggarda Putra

A long-lost traveler who enjoys a sip of cappuccino every morning.

Anggarda Putra has 106 posts and counting. See all posts by Anggarda Putra

2 thoughts on “Nusa Penida Tour: Panduan Berlibur Ke Nusa Penida [UPDATE 2021]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *