Pengertian Adenium (pembudidaya wajib merapat!)

Pengertian Adenium – Siapa yang tidak mengenal tanaman hias satu ini, bunga yang bisa jadi primadona di kalangan para pembudidaya tanaman hias ini memiliki karakteristik yang unik sehingga para Collector tanaman hias rela mengeluarkan uang dalam jumlah banyak apabila mendapati jenis atau bentuknya yang langka.

Pengertian Adenium

Nama Dan Ciri-Ciri

Tanaman hias satu ini bernama Kamboja Jepang atau lebih dikenal dengan nama Adenium, mempunyai nama latin Adenium Obesum spesies tanaman ini mempunyai batang yang besar dan yang unik bagian bawah batangnya bisa membesar seperti umbi.

Jika dirawat dengan baik bahkan batang bagian bawahnya bisa sangat besar, ini juga merupakan faktor (selain daun dan bunga) kenapa tanaman hias ini bisa berharga mahal.

Salah satu sebutan yang juga terkenal dari bunga ini adalah mawar padang pasir atau Desert Rose, nama didapatnya bukanlah tanpa suatu alasan, kata Desert yang berarti padang pasir ini menegaskan bahwa bunga Adenium ini berasal dari daerah yang kering dan pertumbuhannya akan lebih baik apabila media tanamnya kering daripada yang terlalu basah.

Julukan Adenium sendiri merujuk pada daerah asal tanaman ini berasal yaitu di daerah Aden yang merupakan ibukota Yaman.

Batang Adenium Yang Khas

Adenium mempunyai batang lunak dan tidak berkayu sehingga para pembudidaya Adenium biasa membentuknya dengan bentuk yang unik bahkan aneh. Teknik grafting juga diuntungkan dengan jenis batang ini, sehingga dalam satu pohon Adenium terdapat banyak varietas dan bisa jadi sarana untuk persilangan beragam varietas.

Akar Adenium yang membesar berfungsi sebagai cadangan air ketika tidak terdapat air untuk kebutuhan nutrisi. Akar ini juga dimanfaatkan oleh pembudidaya Adenium sebagai nilai tambah keindahan bunga Adenium.

Baca Juga:  Liburan keluarga di Bali yang seru? Cek dulu Sanggraloka Farm yak!

Banyak sekali jenis seni akar yang bisa dihasilkan tergantung kreatifitas masing-masing pembudidaya.

Keindahan Daun Adenium

Daun Adenium mempunyai bentuk yang bervariasi, ini menambah nilai mulia tanaman hias ini, beberapa Adenium mempunyai daun berbentuk lonjong, ada yang runcing, beberapa ukurannya besar dan yang lain kecil

Bentuk Bunga Seperti Terompet

Bunga Adenium rata rata serperti terompet, indah dipadukan dengan warna yang cerah, warna bunga kamboja sendiri sangat beragam mulai dari merah, putih, merah muda, kuning dan lain sebagainya.

Kelopak umum bunga Adenium ini adalah satu lapis, namun sekarang sudah banyak perkembangbiakan varietas bunga Adenium dengan kelopak bunga yang tumpuk dan bahkan jenis bunga yang tumpuk ini sangat menyerupai bunga mawar.

Baca Cara Menyemai Biji Adenium

Pesona Akar Adenium

Seperti kita ketahui bahwa Adenium mempunyai akar yang besar berfungsi sebagai cadangan air karena tumbuhan ini berasal dari daerah kering. Namun justru bentuk akar besar dan terkadang unik ini menjadi karakteristik Adenium ini.

Beberapa pembudidaya mempunyai baragam trik perawatan akar, sehingga menciptakan banyak sekali seni akar Adenium.

Buah Dan Biji

Banyak orang mendapati tanaman ini dengan cara membeli, hal itu tidak masalah mengingat waktu tumbuh yang lumayan lama untuk tanaman ini, tapi bagi sebagian orang menanam dari biji adalah satu kebanggaan, selain akan mendapat bentuk akar yang “surprise” juga seni akar akan dapat dilakukan dari ketika Adenium masih kecil.

Biasanya orang akan mengambil biji adenium dari buahnya langsung, buah ini biasanya akan berbuah di ujung tunas dan berpasangan, buah yang masih muda berwarna hijau sedangkan untuk yang tua berwarna agak kecoklatan.

Deany Januarta Putra

Menyelami dunia SEO dan bersahabat dengan alam

Deany Januarta Putra has 3 posts and counting. See all posts by Deany Januarta Putra

Leave a Reply

Your email address will not be published.