Matahari terbit dari atas pesawat

Pesawat Kepresidenan Dunia, Punya Siapa Yang Paling Mahal?

Pesawat Kepresidenan Dunia, Punya Siapa Yang Paling Mahal? – Hello pembaca setia Tanda Koma! Buat kamu yang doyan terbang dan naik pesawat komersial, tentunya memiliki preferensi untuk memilih pesawat yang cocok dengan harga dan fasilitasnya. Apalagi kalau perjalannya tergolong jauh dan akan terasa sangat berpengaruh seandainya kita mau duduk dengan kaki selonjoran ataupun bisa menikmati hiburan di layar LCD yang terpampang di depan kursi. Ternyata, Presiden-presiden Dunia juga memiliki fasilitas tersebut loh. Simak macam fasilitas dan keunggulan dari pesawat kepresidenan dunia yang telah dirangkum Tanda Koma di bawah ini ya.

Pesawat Terbang Dengan Pemandangan
Seringkali yang kita harap ketika terbang adalah pemandangan indah di runway ataupun mid air. Setelah sekian lama di rumah, sudah kangen terbang belum?

1) Air Force One, Boeing 747-200B (Amerika Serikat)

Presiden Amerika Serikat (United States) mempunyai Pesawat Kepresidenan yang khusus dan telah dilengkapi berbagai macam fasilitas plus keamanan super ketat! Untuk alasan keamanan, AS menyediakan 2 buah pesawat terbang dan manapun yang akan dinaiki oleh presiden dinamakan dengan Air Force One. Pesawat ini mempunyai fasilitas yang sangat beragam seperti berikut:

  • Ruangan khusus kepresidenan dan staff yang luas.
  • Ruangan medis yang siap melakukan tindakan operasi dengan peralatan lengkap plus dokter yang standby.
  • Dapur yang siap memasak untuk kapasitas 2000 makanan.
  • Jendela anti peluru dan jalur komunikasi yang dienkripsi dan diamankan, dll.
US Air Force One
Pesawat Kepresidenan Amerika Serikat yang terbang melewati gunung Rushmore. (Sumber Foto: Wikipedia)

Dengan fasilitas yang sedemikian rupa, dulunya pesawat ini merupakan versi retrofitted yang dikondisikan ulang dari Boeing 747-200B dan telah terbang lebih dari 25 tahun. Tak heran jika Air Force One diestimasikan seharga 1 Milyar Dollar atau sekitar 14 Triliyun Rupiah!

Baca Juga:  Waah Ada Tempat Bermain Si Kecil Yang Seru! Yang Di Bali Yuk Merapat Bund!



2) Ilyushin Il-96-300PU (Rusia)

Lain halnya dengan Presiden Rusia, Vladimir Putin. Dengan luas wilayah yang membentang lebih dari 17 juta km2 tentunya ketika melaksanakan tugas kepresidenan beliau menggunakan fasilitas Pesawat Kepresidenan. Tapi, Presiden Putin mempunyai selera dan tentunya kebanggaan tersendiri dengan 132 pesawat yang dimiiliki oleh Rusia. Yang paling utama untuk digunakan sebagai alat transportasi udaranya adalah Ilyushin IL-96-300 buatan Rusia.

Pesawat IL-96-300 buatan Rusia
Dimiliki oleh Rusia, pesawat IL-93-300 ini dilengkapi teknologi militer mutakhir! (Sumber Foto: Wikipedia)

Selain didesain dengan interior yang serba mewah termasuk karpet eksentrik dan beberapa hiasan yang terbuat dari emas, sisi luar dari pesawat ini dilapisi dengan coating khusus yang membuatnya tidak mudah dideteksi oleh radar. Termasuk juga didalamnya adalah peralatan pengacau radar dan sistem pertahanan anti misil. Ditaksir seharga 500-juta Dollar atau setara dengan 7 Triliyun Rupiah, pesawat ini diyakin menjadi salah satu pesawat yang dinobatkan menjadi istana yang terbang di udara.



3) Qatari 747-8 (Qatar)

Merupakan sebuah gaya hidup dari kesultanan, Qatar memiliki lusinan pesawat yang digunakan khusus untuk tugas kenegaraan. Dan tentunya, pesawat milik salah satu negara terkaya di Timur Tengah ini mempunyai beragam kemewahan yang telah ditanamkan dengan dengan penuh elegan di dalam interior pesawat.

Pesawat Qatari 747-8
Dengan ragam kemewahan yang terdapat di dalam pesawat Qatari 747-8, tak heran jika pemerintahan Qatar melakukan penerbangan resmi kenegaraan membawa tidak cuman satu tapi dua dari armada pesawat mewah ini. (Sumber Foto: OneMileAtATime)

Pesawat Boeing 747-8 yang dimiliki oleh pemerintah Qatar dengan beragam keindahan dan kemewahan di atas dan tentunya dilengkapi dengan beberapa sistem pertahanan dan keamanan ditaksir seharga 1.5 Milyar Dollar (atau 20-an Triliyun Rupiah) yang menjadikannya sebagai pesawat termahal di dunia!



4) Indonesia One (Indonesia)

Nah, sesudah membaca pesawat kepresidenan negara-negara di dunia, ternyata negeri kita sendiri mempunyai sebuah armada yang tak kalah mewah dan dilengkapi dengan beberapa fasilitas khusus, loh!

Pesawat Kepresidenan Indonesia
Pesawat kebanggaan tanah air, Indonesia One! (Sumber Foto: Wikipedia)

Pesawat milik Indonesia ini dipesan pada tahun 2011 silam dan mulai digarap dan dimodifikasi dari model Boeing 737-800. Setelah disempurnakan, pada tahun 2014 dikirimlah pesawat Indonesia One dan mendarat pertama kali di Halim Perdanakusuma, Jakarta.

Baca Juga:  Foto Mantan Mengganggu? Fotografer Ini Mungkin Bisa Membantu

Dengan budget sekitar 91 Juta Dollar atau sekitar 1,2 Triliyun Rupiah, pesawat yang dikelola oleh TNI dan Garuda Indonesia ini mempunyai beberapa kelebihan. Selain beberapa ruangan kepresidenan dan kamar tidur suite, Indonesia One juga mampu untuk terbang selama 10 jam nonstop dan mendarat di bandara yang kecil – tentunya untuk negara Indonesia yang mayoritas adalah kepulauan, fasilitas ini sangatlah mendukung untuk tugas kepresidenan.

Sunrise Dari Pesawat
Sudah pernah melihat matahari terbit dari pesawat? Sangatlah, mengagumkan..

Kalau kita sih mungkin, terbang dengan kelas ekonomi saja sudah cukup. Atau terkadang business trip dengan First Class juga merupakan kesempatan yang menjadi kebangaan tersendiri ya? Terlebih jika berkesempatan melihat matahari terbit atau tenggelam ketika pesawat sedang cruising di atas awan, melihat secercah cahaya hangat dari balik awan yang dingin dan menenangkan itu seringkali menjadi salah satu pengalaman terbang yang selali dinanti-nantikan.

Kapan ya kita bisa terbang lagi dengan penuh ketenangan dan bisa menikmati suasana itu? (ANP)

Anggarda Putra

A long-lost traveler who enjoys a sip of cappuccino every morning.

Anggarda Putra has 118 posts and counting. See all posts by Anggarda Putra

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *