Misteri hilangnya sebuah pesawat MH370 yang menyisakan puluhan teori konspirasi. (Sumber: AirlineRatings)

Masih Ingat Pesawat MH370 Yang Menghilang? Youtuber Ini Mengungkap Rahasianya (Bag. 2)

Beritahu yang lain
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Masih Ingat Pesawat MH370 Yang Menghilang? Youtuber Ini Mengungkap Rahasianya (Bag. 2) – Baca bagian 1 di sini.

Pesawat MH370
Misteri hilangnya sebuah pesawat MH370 yang menyisakan puluhan teori konspirasi. (Sumber: AirlineRatings)

Beberapa Puing Besi Misterius

Namun, setelah 16 bulan pencarian di perairan Samudra Hindia, beberapa orang menemukan beberapa puing yang terduga merupakan pecahan atau serpihan pesawat dari MH370 yang menghilang di 2014 dan ditemukan di tepi laut di Afrika di tahun 2015. Beberapa penyelidik segera memeriksa puing-puing tersebut dan menemukan kemiripan yang mencengangkan dengan pesawat MH370 yang menghilang.

 

Puing MH370 Awal Ditemukan
Berjarak ratusan kilometer dari area pencarian, puing pertama ditemukan di pulau Reunion di sebelah timur pulau Madagascar, Africa. (Sumber: Youtube/LEMMiNO)

 

Semenjak pertemuan puing pertama tersebut, banyak usaha pencarian yang dilakukan oleh pihak berwajib dan dikerahkan di area tenggara Afrika. Menurut pihak peneliti laut dari Australia, puing-puing yang terduga berasal dari pesawat MH370 tersebut memang akan terdampar di sisi timur benua Afrika dengan simulasi gerakan ombak dan arus laut kala itu. Sejumlah 31 puing dan pecahan benda yang ditemukan dan ditelaah lebih lanjut.



 

Kumpulan Puing Yang Ditemukan
Sejumlah 31 puing yang ditemukan di pesisir timur dan selatan benua Afrika. (Sumber: Youtube/LEMMiNO)

 

Puing Terkonfirmasi
Dari 31, 3 yang terkonfirmasi dengan benar oleh pihak berwajib merupakan bagian dari pesawat Boeing milih MH370. (Sumber: Youtube/LEMMiNO)

 

Dari puing yang ditemukan, tidak ada tanda adanya ledakan dari pesawat ataupun tanda kebakaran kecuali 3 tanda gosong yang dimilik satu puing. Meskipun dicari lebih lanjut, ada penampakan puluhan benda asing melalui satelit ketika memindai daerah Samudra Hindia. Namun, dikarenakan terbatasnya pembacaan satelit, puluhan benda asing ini tidak bisa diperjelas apakah termasuk dari bongkahan kapal atau tidak sehingga diputuskan untuk diambil.

 

Pencarian Dasar Laut

Pencarian dasar laut yang dilakukan oleh pemerintah Australia berlangsung selama beberapa bulan setelah ditemukan puing-puing tersebut dan dilanjutkan oleh pihak swasta Ocean Infinity yang berujung dengan sia-sia karena tidak menemukan apapun.

 

Pencarian Dasar Laut
Pencarian dasar laut telah menutupi area seluas 120 ribu km persegi dan masih tidak menemukan apapun. (Sumber: Youtube/LEMMiNO)

 

Teori Pembajakan Pesawat

Dikarenakan bukti dan penemuan yang tidak memadai, berbagai spekulasi pun muncul untuk mencari alasan dan penyebab kenapa pesawat Boeing 777 mendadak menghilang dan jatuh. Teori yang paling mendapatkan atensi adalah teori pembajakan pesawat.

Baca Juga:  Memanjakan Mata & Jiwa Di Adiwana Dara Ayu Villas

Di hari keberangkatan pesawat MH370, 2 penumpang diketahui menggunakan paspor palsu sebelum boarding pesawat. Meskipun telah dicek berulang kali, tidak ditemukan adanya keterkaitan antara dua penumpang tersebut dengan organisasi teroris manapun.

Pihak otoritas Malaysia juga menduga demikian dikarenakan mereka telah menemukan adanya satu flight engineer yang ikut terbang dengan MH370 ke Beijing. Namun, setelah penyelidikan lebih lanjut mereka tidak menemukan bukti apapun dan menganggap itu hanyalah kebetulan semata.

 

Kecurigaan Penumpang MH370
Beberapa teori penyebab jatuhnya pesawat MH370 menguat setelah tidak ditemukan bukti lanjut. Salah satunya adalah terduga 2 penumpang yang menggunakan paspor palsu untuk boarding (Sumber: Youtube/LEMMiNO)

 

Teori Kebakaran Kargo Pesawat

Terlepas dari teori pembajakan, ada satu lagi teori yang mengusik beberapa pihak. Dikarenakan dari kargo yang dibawa oleh pesawat MH370, ditemukan manifestasi pesawat yang mengungkap bahwa pesawat Boeing 777 tersebut membawa bahan kimia Lithium yang sangat mudah terbakar di antara kargo yang disimpan di bagian bawah pesawat.



 

Kargo MH370
Sebanyak 11 ton kargo dibawa oleh MH370 dalam penerbangannya menuju Beijing – diantaranya bermuatan Lithium yang mudah terbakar. (Sumber: Youtube/LEMMiNO)

 

Lithium Dalam Pesawat MH370
Dalam penerbangannya, MH370 membawa Lithium di dalam kargonya. (Sumber: Youtube/LEMMiNO)

 

Dengan beberapa contoh kecelakaan pesawat sebelumnya, banyak yang menduga bahwa sebelum mencapai Vietnam kebakaran terjadi di tengah terbangnya pesawat sehingga pilot pun memutuskan untuk memutar balik ke Malaysia untuk pendaratan darurat – itu cukup menjelaskan rute belokan yang cukup aneh yang terekam oleh radar. Tapi pendaratan itupun tidak terjadi dan pesawat setelah memutar balik ke Malaysia dan masih terbang untuk 6 jam berikutnya.

 

Teori Ketinggian Pesawat

Menurut radar militer pemerintah Malaysia yang menangkap rute penerbangan MH370, mereka menuturkan bahwa radar mereka juga menemukan kejanggalan dalam pelacakan ketinggian (altitude) pesawat Boeing 777 tersebut.

Setelah lepas landas, pesawat terbang diketinggian yang aman untuk penerbangan komersial. Tapi setelah berbelok kembali ke dataran Malaysia, terlacak beberapa kali manuver menukik yang dilakukan termasuk penukikan terdalam dari ketinggian 17.739m dan naik kembali setelah pesawat mencapai ketinggian 1.463m!

Baca Juga:  Nongkrong di Pantai Kerakyatan di Pantai Kelan Bali, yuk!

 

Radar Ketinggian MH370
Melalui radar mereka, pemerintah Malaysia mengungkap bahwa ketinggian MH370 yang janggal selama rute penerbangan. (Sumber: Youtube/LEMMiNO)

 

Berbagai teori kembali bermunculan dengan kemungkinan kru pesawat yang terlumpuhkan hingga pembajakan pesawat. Meskipun demikian, itu semua menyisakan sebuah pertanyaan besar tentang rute berikutnya yang dilakukan pesawat menuju Samudra Hindia?

 

Simulasi Pesawat

Ketika pemerintah Malaysia mengungkapkan laporan resmi ke publik tentang penyelidikan mereka di tahun 2015, tidak ada yang menyebutkan sebuah rute dari simulator pesawat milik sang pilot Zaharie Ahmad Shah yang menunjukkan sebuah pola yang mirip dengan rute hilangnya MH370.

 

Laporan Rahasia Yang Bocor
Pada tahun 2016, sebuah laporan rahasia telah bocor ke publik tentang rute simulasi pesawat. (Sumber: Youtube/LEMMiNO)

 

Rute Yang Aneh
Rute dari simulasi pesawat tersebut menunjukkan pola yang mirip dengan rute hilangnya pesawat di Samudra Hindia. (Sumber: Youtube/LEMMiNO)

 

Sang pilot, Zaharie Ahmad Shah yang berusia 53 tahun dan menikah dengan 3 anak pun dicurigai. Tapi setelah ditelaah lebih lanjut, laporan yang bocor ke publik tersebut mengungkap tidak adanya kesamaan antara rute yang diambil di simulasi dengan rute hilangnya pesawat meskipun pemerintah Australia mengubah area pencarian mengikuti rute simulasinya.

Kecurigaan pun diangkat setelah laporan lebih lanjut yang mengungkap bahwa tidak ada motif yang sesuai ataupun kondisi dari pilot dan ko-pilot yang menunjukkan keanehan apapun dengan kondisi personal dan keluarga maupun keuangan.


 

Misteri Yang Tak Terungkap

Melewati tahun 2018, banyak yang masih belum terungkap tentang misteri hilangnya pesawat MH370. Terlepas dari semua laporan dan dokumen yang dipublikasikan maupun bocor ke khalayak ramai, tidak ada bukti yang valid dan mampu menunjukkan lokasi puing pesawat ataupun rute terakhir pesawat MH370.

 

Hilang Pesawat MH370
Tidak ditemukan adanya kesimpulan yang cukup tentang lokasi ataupun rute hilang nya pesawat. (Sumber: Youtube/LEMMiNO)

 

Sampai detik inipun, misteri hilangnya MH370 tetap menjadi sebuah kejadian luar biasa yang menyisakan banyak pertanyaan daripada jawaban yang tersedia. Usaha resmi dari tim pemerintah maupun swasta sudah diberhentikan dikarenakan minimnya bukti yang ditemukan maupun hasil yang diharapkan dari pencarian tanpa henti yang telah dilakukan sejak hilangnya pesawat Boeing MH370 di 2014 berikut 239 penumpangnya. (ANP)


Beritahu yang lain
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Anggarda Putra

A long-lost traveler who enjoys a sip of cappuccino every morning.

Anggarda Putra has 103 posts and counting. See all posts by Anggarda Putra

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *