Ranu Manduro, Wisata Alam Yang Feeling Good Abis!

Beritahu yang lain
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Ranu Manduro, Wisata Alam Yang Feeling Good Abis! – Hai pembaca setia Tanda Koma yang sudah kepengen jalan-jalan! Beberapa waktu lalu dunia Tiktok lagi heboh karena satu wisata yang viral dengan lagu Feeling Good Like I Should-nya. Ternyata tempat yang menarik perhatian jutaan orang itu ada di Mojokerto, Jawa Timur loh! Yuk simak beberapa kelebihan dari destinasi tersembunyi ini!

Ranu Manduro
Pemandangan kaki gunung yang asri dengan hamparan rumput menghijau menjadi ciri khas wisata yang unik di Mojokerto ini. (Sumber Foto: Instagram @sendystr_)

Terkadang merasa bosan dengan tempat wisata modern apalagi di daerah perkotaan itu memang lumrah. Tak heran ketika ada daerah tujuan yang jarang diketahui orang ternyata dipenuhi keindahan natural yang sangat memanjakan mata, beribu perhatian langsung mencarinya.

Ranu Manduro yang dulu sempat viral karena kecantikannya dan diiringi lagu Sunday Best oleh Surfaces, ternyata menyimpan sejuta pemandangan yang bisa membuat kamu terlena.

Lokasi Ranu Manduro

Terletak di kawasan Mojokerto, Jawa Timur, sebenarnya destinasi yang satu ini bersebelahan dengan kawasan industri yang memang merajai beberapa area di wilayah yang mempunyai kawasan industri terbesar. Jadi jangan kaget kalau kamu mau berangkat ke sini dan menemukan beberapa kontainer besar dan truk-truk yang memadati jalan.



Wisata alam Mojokerto ini menawarkan pemandangan alam yang tak hanya cantik tapi juga eksotis. Cocok untuk kamu yang suka dengan tempat alami dan natural serta bersatu dengan alam.

Banyak spot foto instagrammable yang akan membuat jepretan kamu terlihat bak profesional. Dengan background alam yang masih murni dan terkadang kabut dan horizon yang terlihat luas, dijamin foto kamu akan kelihatan berkelas.

Ternak Di Ranu Manduro
Beternak di Ranu Manduro saja bisa keliatan epik, ya kan? (Sumber Foto: Instagram @misbahafef27)

Ranu sendiri merupakan Danau / Kolam dan Manduro itu adalah nama wilayah dimana tempat destinasi ini berada, yaitu di Dusun Manduro. Sebenarnya, tempat ini masih berada di lokasi pertambangan milik PT Wira Bumi jadi terkadang ada beberapa pemandangan yang mungkin kontras dengan alam subur membentang ini.

Baca Juga:  Kebun Senjakala - Cerita Dari Sepiring Berdua Ketika Senja

Lalu, apa saja yang dapat dinikmati di Ranu Manduro? Kecantikan alam seperti apa yang bisa kita harapkan ketika berkunjung ke tempat luas serba hijau ini?

Latar Belakang Gunung Penanggungan

Sebagai salah satu wisata alami di Jawa Timur yang masih murni, banyak terdapat rerumputan hijau sejauh mata memandang. Kecantikan Ranu Manduro juga terletak pada sederet keindahan alamnya yang merupakan latar belakang natural dari Gunung Penanggungan.

Pemandangan cantik dengan latar gunung menjulang tinggi diselimuti awan bukan mimpi lagi karena kamu bisa berfoto dengan pemandangan gunung yang berdiri megah sebagai background.

Kabut Di RanuManduro
Kabut Di Ranu Manduro yang sering muncul ketika pagi menjelang bisa menjadikan fotomu bernuansa magis dengan gunung yang seakan tersembunyi malu di belakangmu. (Sumber Foto: Instagram @kokoian)

Dari Ranu Manduro, gunung Penanggungan terlihat begitu dekat, asri, dan eksotis. kamu bisa mendapatkan pemandangan cantik berupa gunung dengan puncak tertutup awan putih yang lembut. Coba datang ketika setelah Shubuh dan kamu akan mendapatkan pesona magis yang ditawarkan oleh wisata ini.



Padang Rumput Menghijau Dan Bebatuan Gunung

Kalau mau mendapatkan view yang maksimal dan natural, kamu disarankan untuk berkunjung ke Ranu Manduro saat musim hujan ya. Alasannya karena rerumputan yang bertumbuhan liar akan terlihat segar dan asri. Sebenarnya ketika datang di musim kemarau, pemandangan yang kamu dapat bukan savanna menghijau tapi mirip kegersangan ala Afrika.

Bebatuan Gunung Di RanuManduro
Bebatuan gunung yang berserakan menjadikan pemandangan sebagai suatu keindahan yang unik dari padang rumput yang tumbuh di musim hujan. (Sumber Foto: Instagram @novanandre)

Selain padang rumput, bebatuan yang berjajar dengan jarak tertentu juga membuat Ranu Manduro terlihat semakin memesona. Banyak wisatawan yang suka selfie di atas bebatuan dengan background gunung Penanggungan. Bebatuannya besar-besar kok, jadi aman untuk duduk.

Perbukitan Asri Dan Danau

Pemandangan alam yang tak kalah cantik lainnya adalah perbukitan asri yang ada di Ranu Manduro. Bahkan danaunya yang menyebar kecil juga menambah kesejukan ketika berkunjung musim hujan.

Bebatuan, gunung, dan perbukitan seolah menjadi perpaduan sempurna untuk menghasilkan tempat berfoto yang eksotis. Lokasi ini sangat cocok buat kamu yang hobi fotografi. Jepretan di tempat terbuka seperti Ranu Manduro pasti memberikan kesan foto yang lebih mengena sesuai dengan taste kamu nantinya.

Danau Cantik Di RanuManduro 2
Danau atau lebih tepat disebut kolam ini menjadi daya pikat tersendiri untuk para pemburu pemandangan asri nan hijau. (Sumber Foto: onezliano)

Tapi jangan lupa ya untuk selalu menjaga kebersihan lingkungan. Sampah yang berserakan hanya akan membuat tempat wisata menjadi tercemar. Gak pengen kan setelah menikmati indahnya lanskap yang jernih tapi meninggalkan sampah yang mencoreng keindahan itu?

Baca Juga:  Mampir Ke Sini Yuk! Warung Nasi Ayam Bu Oki Nusa Dua Bali





Harga Tiket Ranu Manduro

Terlepas dari tempat yang memang memukau para pengunjung di sini, tiket masuk Ranu Manduro tergolong murah. Itu karena dari pemerinah setempat belum bisa mengatur para pengunjung yang terkadang membludak.

Tiket masuk Ranu Manduro berkisar di 3 ribuan sampai 10 ribuan dan itu di bayar sebelum masuk ke area. Jam operasionalnya buka setiap hari selama 24 jam karena ini memang area lapang dan luas.

Pesona yang tiada henti dari Ranu Manduro telah menjadi kebanggan tersendiri untuk penduduk Mojokerto. (Sumber VIdeo: Instagram @rumahdroneaerial.id)

Fasilitas-fasilitas standar yang disediakan penduduk setempat adalah fasilitas sederhana seperti parkiran, warung-warung makan yang berjejeran di pinggir jalan, juga toilet. Tapi sekali lagi, jangan lupa jaga kebersihannya ya guys, hehhe.



Ranu Manduro 2
Sudah siap berwisata ke feeling good? (Sumber Foto: Instagram @fntgrphy)

So, sekarang kamu sudah melihat beberapa foto menarik tentang destinasi wisata yang ini, kan? Kalau kamu sudah bersiap-siap untuk mampir, persiapkan bekal supaya kamu bisa piknik sendiri dan ambil waktu yang jarang pengunjung ya agar kamu dapat menikmati pengalaman mampir ke sini dengan pemandangan yang masih terasa sangat natural nan indah.

Kalau kamu sudah mampir, tuliskan pengalaman kamu di kolom komentar di bawah. Atau ada tips yang ingin dibagi dengan pembaca lainnya? Stay safe, good people! (ANP)


Beritahu yang lain
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Anggarda Putra

A long-lost traveler who enjoys a sip of cappuccino every morning.

Anggarda Putra has 93 posts and counting. See all posts by Anggarda Putra

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *