Kebun bunga Gumitir yang terpetak indah pastinya bisa menjadi spot foto instagram yang cantik nih! (Sumber Foto: Instagram @nandaprastya)

Rumah Atsiri Indonesia, Yuk Mampir Ke Wisata Aromatik Fenomenal Di Tawangmangu!

Beritahu yang lain
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Rumah Atsiri Indonesia, Yuk Mampir Ke Wisata Aromatik Fenomenal Di Tawangmangu! – Hai para pembaca Tanda Koma yang doyan travelling. Sebagai destinasi yang tersembunyi, Tawangmangu ternyata menyimpan potensi yang menarik loh. Salah satunya adalah Rumah Atsiri Indonesia yang bertemakan wisata aromatik dan wellness. Seseru apa ya? Yuk simak di bawah ini.

Rumah Atsiri Indonesia
Rumah Atsiri Indonesia, sebagai tujuan destinasi aromatik pertama yang bertengger di kaki gunung Lawu, Jawa Tengah. (Sumber Foto: Rumah Atsiri Indonesia)

Sejarah Rumah Atsiri Indonesia

Pada awalnya, destinasi yang unik ini merupakan sebuah bekas pabrik Citronella yang didirikan di sekitar tahun 1963 sebagai upaya pemerintah saat itu untuk membuat pabrik pembuat essential oil terbesar di Asia dengan menggandeng negara Bulgaria. Didirikan di desa Plumbon, Tawangmangu yang merupakan kawasan sejuk di kaki gunung Lawu, pabrik ini mempunyai sumber daya alam yang sangat memadai berupa dataran tinggi sebagai habitat alami yang baik untuk tanaman dan sumber air yang melimpah.

Lokasi Rumah Atsiri
Dengan dikelilingi pemandangan desa dan pegunungan, berkunjung di sini pastinya membawa suasana yang menyegarkan. (Sumber Foto: Rumah Atsiri Indonesia)

Sempat terbengkalai selama beberapa puluh tahun, pabrik ini juga sempat mengalami pergantian kepemilikan. Hingga pada tahun 2015, PT. Rumah Atsiri Indonesia mengambil alih dan membuat visi yang menarik untuk menjadikan kawasan ini sebagai destinasi aromatik dan wellness yang bertema edukatif dan rekreasional untuk umum dan sektor Meeting Incentives Conference Exhibition (MICE).

Pabrik Rumah Atsiri
Meskipun terbengkalai, beberapa alat dan rangka pabrik masih ditemukan dalam kondisi bagus dan terjaga hingga sekarang. (Sumber Foto: Rumah Atsiri Indonesia)

Lokasi Rumah Atsiri Indonesia

Terletak di desa Plumbon, Tawangmangu yang juga berdampingan dengan gunung Lawu di Jawa Tengah, kondisi geografis dari Rumah Atsiri ini sangatlah cocok untuk kamu yang suka dengan hawa dingin dan segar dari pegunungan serta hiruk pikuk suasana desa yang tenang. Karena, itulah yang akan menemanimu sepanjang jalan menuju lokasi.

Dianggap sebagai titik temu antara sisi modern dan bangunan bersejarah, kamu akan melihat kombinasi yang indah nan memanjakan mata ketika berkunjung ke Rumah Atsiri. Itu semua terlihat dari rancang bangun dan material bahan yang digunakan ketika merekonstruksi pabrik Citronella yang kuno ini.



Fasilitas Rumah Atsiri Indonesia

Setelah mengalami berbagai rekonstruksi dan pembaharuan, kawasan pabrik yang seluas 23.660 meter persegi ini dirubah menjadi destinasi yang sangat menarik dengan berbagai fasilitas yang dibangun dengan paduan nuansa industrial dan simplisitas yang terasa di seluruh bangunan dan arsitekturnya.

Denah Rumah Atsiri Indonesia
Meskipun berdiri di atas fondasi bangunan tua, Rumah Atsiri kini dibangun megah dengan gaya modern yang memukau tata letak dan ruang sebagai bukti arsitektur yang unggul dan menghibur. (Sumber Foto: Rumah Atsiri Indonesia)

Secara umum, Rumah Atsiri mempunyai 8 kategori fasilitas yang bisa kamu nikmati di waktu kunjungmu bersama teman atau keluarga nantinya. Yuk simak fasilitas-fasilitas tersebut di sini:

The Lobby

Lobi di Rumah Atsiri ini mempunyai resepsionis yang selalu standby di jam buka (10.00 pagi – 05.00 sore). Dilengkapi juga dengan berbagai informasi yang komprehensif dan akan mengenalkanmu ketika pertama kali memasuki area. Sebenarnya, lobi ini juga merupakan salah satu bagian dari pabrik lama di 1963 yang tetap dilestarikan oleh manajemen dan didesain ulang untuk meremajakan dengan struktur yang lebih modern.

The Classes

Sebagai laboratorium ilmu pengetahuan yang digunakan sebagai workshop untuk mengenalkan lebih jauh terhadap inti kegiatan dan tema edukasi aromatik, kamu bisa mengikuti kelas yang diselenggarakan sesuai jadwal kegiatan untuk mengetahui lebih jauh serta ikut mempraktekkan proses pembuatan produk yang menggunakan essential oils.

Oh iya, nantinya hasil yang kamu buat selama mengikuti workshop bisa kamu bawa pulang loh! Seru banget kan.

Workshop di Rumah Atsiri
Dengan tema edukasi dan rekreasi, kamu bisa mengikuti workshop seru dan membawa pulang oleh-oleh yang wangi! Hmm.. (Sumber Foto: Instagram @RumahAtsiri)

The Learning Hubs

Terdiri dari Rumah Atsiri Distillation Center & Research Area, fasilitas ini digunakan untuk mengenalkan langsung proses penyulingan dan pembuatan produk yang menggunakan essentials oil serta laboratorium dari pabrik Citronella yang lama untuk digunakan sebagai penelitian minyak. Uniknya, kamu nanti akan melihat secara langsung beberapa alat yang digunakan untuk pembuatan semua produk yang kamu lihat di sini.

rumah atsiri workshop penyulingan
Proses penyulingan yang akan ditunjukkan serta beberapa alat dari pabrik yang lama bisa kamu pelajari nih. (Sumber Foto: Instagram @RumahAtsiri)



The Museum

Sebagai Rumah Atsiri Museum yang menyimpan koleksi mesin penyulingan dari jaman awal pabrik Citronella dibangun, kamu akan dibawa ke penjelajahan waktu untuk mengenalkan sejarah awal berdirinya hasil kerjasama pemerintah Indonesia dan Bulgaria kala itu hingga ke jaman sekarang yang menjadi destinasi wisata edukasi dan rekreasi.

rumah atsiri museum
Tak perlu khawatir, karena di Museum Rumah Atsiri nanti bakal ditemani oleh staf yang berwawasan luas dan memberikan informasi dikemas dengan penyampaian yang menarik. (Sumber Foto: Instagram @cecillll__)

Taste Experience

Lebih dikemas dengan kuliner yang khas dari menu Western ataupun Nusantara, Rumah Atsiri Resto mempersembahkan konsep garden to table yang berarti makanan yang disajikan mayoritas berasal dari kebun yang dikelola sendiri oleh Rumah Atsiri. Harga per menu yang disediakan juga tergolong standar untuk tipe destinasi wisata yang inklusif dan tematik ini.

rumah atsiri resto
Chicken Tomato Basil & Cheese, salah satu menu yang disediakan di resto dan menggunakan Basil yang dipetik sendiri dari kebun. Serba organik dan tentunya lezat nih! (Sumber Foto: Instagram @RumahAtsiri)

The Shops

Rumah Atsiri memiliki beberapa stand toko yang menjual suvenir unik hasil karya mereka sendiri. Dibagi menjadi tiga tempat yang tersebar di seluruh area, kamu tidak hanya bisa menikmati perjalanan seru dengan kunjungan yang ditemani staf yang ramah tapi juga bisa membawa pulang beberapa oleh-oleh yang menarik loh.

Rumah Atsiri Merchandise Shop

Terletak di sebelah lobby, Merchandise Shop ini menjual berbagai macam suvenir dari Rumah Atsiri. Tentunya dengan harga yang terjangkau supaya kamu bisa membawa kenangan indah ini pulang ya. Hehhe



Rumah Atsiri Aromatic Shop

Masih di satu lantai dengan Merchandise Shop, Aromatic Shop mengkhususkan diri untuk menjual berbagai produk olahan dari essentials oils yang dioleh dan dikemas apik oleh Rumah Atsiri. Kamu juga bisa membuat essentials oil-mu sendiri yang sesuai dengan seleramu di sini, tentunya dengan bantuan dari staf yang bertugas ya.

rumah atsiri essential oil
Essential Oil mempunyai wangi dan aroma yang berbeda-beda termasuk juga khasiatnya. Kamu bisa memilih racikan yang kamu sukai di workshop dan membawanya pulang dari Aromatic Shop nih! (Sumber Foto: Instagram @RumahAtsiri)

Rumah Atsiri Nursery Shop

Untuk membawa pulang bibit tanaman yang cantik dan bunga yang bermekaran, kamu bisa mampir ke toko ini. Lengkap dengan beberapa panduan untuk menumbuhkan pesona Rumah Atsiri di rumah kamu sendiri nantinya.

rumah atsiri shop
Kokedama, sebagai salah satu hasil olahan dari tanaman dan kreativitas untuk menghasilkan hiasan yang unik, hijau, dan juga berfungsi sebagai freshner. Bisa kamu beli beberapa bibit jadinya di toko ketika berkunjung. (Sumber Foto: Instagram @pinktravelogue)

MICE Facilities

Mengingat salah satu tujuan didirikannya Rumah Atsari ini adalah untuk memfasilitasi MICE, maka tak heran kalau di tempat ini kamu akan menjumpai fasilitas yang sangat memadai loh. Seperti 8 meeting rooms yang selalu standby dengan kapasitas 25 – 100 orang, dan juga Palmarosa Theatre yang merupakan outdoor venue dengan kapasitas maksimal 250 orang.

theater rumah atsiri
Salah satu fasilitas MICE di Rumah Atsiri adalah Palmarosa Theater yang memiliki kapasitas maksimal hingga 250 orang. (Sumber Foto: Rumah Atsiri)

The Gardens

Dengan tujuan sebagai rekreasi edukatif dan tematik, puncak dari kegiatan yang kamu bisa kunjungi adalah beragam kebun yang ditata dan dirawat dengan baik oleh para staf yang kompeten di bidangnya. Todal ada 5 bagian kebun yang musti kamu cek ketika kamu mampir ke sini ya:

Baca Juga:  Begini caranya buat dapetin menginap di Bali gratis lewat Instagram!



Rumah Atsiri Nursery

Sebagai salah satu koleksi The Garden, Nursery mereka didesain khusus sebagai tempat penelitian dan pengembangan aktivitas yang disediakan oleh pihak manajemen untuk para pengunjung.

rumah atsiri nursery
Di dalam kebun-kebun Rumah Atsiri, kamu bisa menemukan beragam jenis bunga yang selalu bermekaran dan bisa diolah menjadi minyak dengan beragam khasiat. (Sumber Foto: Instagram @rizkadpuspita)

Marigold Plaza

Sebagai salah satu meeting point yang terletak di area lapang terbuka, plasa yang satu ini menyimpan ratusan bunga Marigold yang mekar setiap sebulan sekali dan tertata rapi di kebun kubik yang lucu dan indah.

rumah atsiri marigold plaza
Kebun bunga Gumitir yang terpetak indah pastinya bisa menjadi spot foto instagram yang cantik nih! (Sumber Foto: Instagram @nandaprastya)

Rumah Atsiri Farm

Terletak di bagian luar, sawah dari Rumah Atsiri merupakan sumber dimana tanaman-tanaman bahan baku essential oils tersebut ditanam dan dipanen secara berkala.

rumah atsiri farm
Berbeda dengan sawah kebanyakan, bagian vital sebagai pemasok bahan ini ditata sedemikian rupa untuk bisa menampilkan kunjungan yang estetik di tengah kaki gunung. (Sumber Foto: Instagram @khrisnamg)

Rumah Atsiri Green House

Terletak di bagian Aromatic Garden, Green House ini dimaksudkan untuk menumbuhkan beberapa tanaman yang memang tidak bisa tumbuh kecuali dalam kondisi atmosfir tertentu yang diciptakan di dalam green house ini.

rumah atsiri green house
Tak hanya berfungsi sebagai green house, tapi area ini juga mempunyai platform dari kayu yang bisa kamu jadikan spot foto instagrammable! (Sumber Foto: Instagram @luludheaz)

Rumah Atsiri Aromatic Garden

Tersebar dengan hampir 80 jenis tumbuhan dari Indonesia maupun luar negeri, Aromatic Garden adalah salah satu yang kamu musti kunjungin pertama kali sampai di sini. Tak lupa, pastikan kamu bisa mendapatkan pramuwisatanya supaya kamu bisa dikenalkan lebih jauh tentang jenis apa saja dari tanaman yang dikelola di sini dan juga bisa kamu nikmati aroma-aroma yang bermacam-macam dengan khasiat yang berbeda-beda. Seru!

rumah atsiri aromatic garden
Coba tebak, tumbuhan apa yang sedang dicium aromanya ini? Aroma khas yang bisa kamu temukan di macam-macam olahan steak. Hehhe (Sumber Foto: Instagram @semarang.lezato)



Tiket Masuk Rumah Atsiri Indonesia [UPDATE 2021]

Untuk menikmati semua fasilitas yang tertera, kamu hanya perlu menyiapkan tiket masuk yang ternyata tidak mahal loh. Meskipun pada awal kali datang kamu akan ditanya jika kamu sudah pernah berkunjung ke sini, jika belum kamu akan dijelaskan tentang penggunaan voucher dan pembeliat tiket masuk.

Per Mei 2021, tiket masuk ke Rumah Atsiri Indonesia sebesar IDR 50.000 per orang yang nantinya bisa ditukarkan sebagai kredit untuk memasuki beberapa fasilitas berbayar / berbelanja di suvenir dan restoran dengan jumlah yang sama.

Untuk kamu yang bepergian dengan rombongan ataupun berminat untuk datang bersama-sama keluarga besar, kamu bisa memastikan untuk menghubungi reservasi dan tiketing mereka untuk harga menarik dan paket tur yang disediakan. Supaya nantinya, ketika datang kamu tak perlu mengantri untuk menunggu ketersediaan pramuwisata yang akan menjelaskan tiap fasilitas di Rumah Atsiri ini.

Baca Juga:  Hidden Villa Bali Cheeeeck, Vila Tersembunyi Di Sukawati!

Kamu bisa cek ticketing dan reservasi mereka di link di bawah ini ya:

Jadi, sudah siapkah kamu untuk memanjakan mata dan juga indra lainnya dengan ragam aktivitas menarik dan unik dari Rumah Atsari Indonesia? Jika kamu berkunjung nanti, pastikan kamu tidak melewatkan beberapa workshop yang mereka miliki ya. Yuk share pengalaman kamu berkunjung di kolom komentar di bawah. Stay safe and have fun! (ANP)


Beritahu yang lain
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Anggarda Putra

A long-lost traveler who enjoys a sip of cappuccino every morning.

Anggarda Putra has 103 posts and counting. See all posts by Anggarda Putra

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *