Dari puluhan smartphone yang dirilis tahun ini, yang mana favoritmu?

Penghargaan Smartphone Terbaik 2020 (plus harga). Punya Kalian Yang Mana Nih?

Penghargaan Smartphone Terbaik 2020. Punya Kalian Yang Mana Nih? – Tahun 2020 sudah mulai memasuki masa akhir dan tinggal beberapa hari lagi kita masuk ke 2021. Banyak yang terjadi di tahun 2020 dan secara tidak langsung itu merubah tatanan kehidupan kita nantinya. Tapi yang berubah sangat cepat dan tahu-tahu sudah ada keluaran terbaru adalah smartphones yang di tahun 2020 ini sudah diluncurkan puluhan gadget / gawai yang top banget. Yuk kita kaji bareng Tanda Koma untuk gawai terbaik di tahun 2020 dan punya kalian yang mana nih?

 

Smartphone Terbaik 2020
Dari puluhan smartphone yang dirilis tahun ini, yang mana favoritmu? (Sumber: Youtube/MKBHD)

 

Seorang Youtuber tekno Marques Brownlee yang menjalankan Youtube MKBHD seringkali mendapatkan beberapa produk terbaru dari vendor beberapa waktu lebih cepat sebelum produk tersebut diluncurkan ke pasar. Oleh karena itu, dia sering berbagi review yang sangat menarik tentang beberapa fitur unik dari smartphone tertentu yang dia telah gunakan beberapa hari sebelumnya.

Di pengunjung akhir tahun ini, Marques meluncurkan sebuah penghargaan (Award) untuk Best Smartphone Award 2020 untuk memilih gawai terbaik dan sangat berkesan dengan fitur yang canggih. Berikut rangkuman dan beberapa kategori yang dipilih:



 

Smartphone Besar Terbaik – Xiaomi Mi10 Ultra (Rp 16.000.000-an)

Smarpthone keluaran di tahun 2020 beraneka macam dan variasi termasuk ukuran. Di kategori ini, Marques mengkategorikan “Smartphone Besar” sebagai smartphone yang tidak hanya memiliki layar yang besar, tapi juga memiliki fitur yang memaksimalkan penggunaan layar tersebut (bateri yang mendukung, layar yang mencukupi, dll). Untuk itu, Marques menominasikan Xiami Mi 10 Ultra dengan kelebihan meliputi:

  • 120x Zoom Camera
  • 120 hertz Layar
  • 120 watt Fast Charging (tercepat di smartphone tahun ini dan sudah termasuk di dalam box hape)
  • Pengisian kira-kira 40% dalam durasi 5 menit
  • 50 watt Wireless Charging
  • 4500mAh Battery
  • 500 GB Internal Storage
Baca Juga:  Capella Ubud, Paduan Petualangan Dan Kemewahan Di Setiap Tenda!

 

Xiami Mi 10 Ultra
Xiami Mi 10 Ultra, hape ultra high-end dengan harga terjangkau yang sayangnya masih terjual di Tiongkok saja. (Sumber:Youtube/MKBHD)

 

Smartphone Compact Terbaik – Iphone 12 Mini (Rp 12.999.000-an)

Compact (padat dan kecil) seringkali menjadi pilihan utama untuk beberapa orang. Termasuk dalam hal pemilihan gawai yang bisa masuk di ukuran kantong atau saku tapi tidak mengecilkan fitur-fitur yang serbaguna dan dimiliki beberapa hape besar lainnya. Nominasi di kategori ini tidak lain tidak bukan adalah Iphone 12 Mini yang mempunyai berbagai macam fitur dari ‘kakaknya’ iPhone 12 tapi dalam ukuran lebih kecil – layar yang sama, spesifikasi kamera yang sama, software yang sama, dan berbagai kelebihan iphone lainnya yang ditemukan di gawai kecil nan unik ini.

 

Iphone 12 Mini
Masuk di kategori paling compact, iphone 12 mini menjadi pilihan utama pencinta gawai yang mau gadget dengan ukuran sesuai pas di tangan. (Sumber: Apple)

 

Smartphone Kamera Terbaik – iPhone 12 Pro Max (Rp 22.999.000-an)

Banyak gawai yang tahun ini dibekali dengan berbagai macam ukuran kamera dan semakin banyak ‘jendolan’ di badan belakang hapemu, berarti semakin keren ya sepertinya. Tapi tidak untuk Marques yang menurutnya, kamera terbaik – yang menghasilkan kualitas gambar dan video yang sangat jernih – yang akan selalu dibawa ketika bepergian untuk menangkap momen yang indah adalah Iphone 12 Pro Max dengan pertimbangan sebagai berikut:

  • Foto yang menakjubkan dengan kualitas yang konsisten di tiap gambar
  • Hasil foto yang bisa langsung diedit dengan mode RAW
  • Manipulasi gambar yang istimewa dan kualitas video yang bagus serta fitur HDR yang menawan dan stabilitas sensor yang optimal

 

iPhone 12 Pro Max
Unggulan iPhone 12 Pro Max yang dimaksimalkan melalui fitur kamera. (Sumber: Apple)

 

Fitur Kamera iPhone 12 Pro Max
Kamera iPhone 12 Pro Max difasilitasi dengan segudang kelebihan! (Sumber: Apple)



 

Smartphone Bateri Terbaik – Asus ROG 3 (Rp 10.000.000-an)

Dengan desain khusus untuk pengguna gamer, ASUS ROG 3 kini mengungguli semua smartphone di 2020 dengan kapasitas bateri yang memadai didukung dengan fastcharging 30W dan penggunaan software yang memaksimalkan fitur dari gawai besutan Asus ini. Marques menyebutkan hape ini unggul dengan review pribadi sebagai berikut:

  • Kapasitas bateri 6000 mAh
  • Optimisasi penggunaan hape ASUS ROG 3 di semua aplikasi bawaan
  • Meskipun digunakan di high framerate, hape ini bisa bertahan hingga 2 hari sekali charging. Wow!

 

Asus ROG 3
Diluncurkan untuk market gamer, ASUS ROG 3 benar-benar unggul di penggunaan dan kapasitas baterinya. (Sumber: ASUS)

 

Kapasitas Bateri ASUS ROG 3
Dengan bateri yang super besar, hape ini tetap mengoptimalkan daya yang kuat sehingga bisa dipakai hingga 3 hari untuk sekali charging dengan mode layar normal 60 hertz. (Sumber: ASUS)

 

Smartphone Desain Terbaik – Samsung Galaxy Note 20 Ultra (Rp 17.999.000-an)

Desain mungkin bagi sebagian orang menjadi sebuah hal yang subjektif karena terkait dengan taste dan preferensi dari tiap orang yang berbeda-beda. Tapi untuk Marques, smartphone yang menurut dia sangat elegan didampingi dengan fitur menarik jatuh ke Samsung Galaxy Note 20 Ultra. Diungkapnya, pilihan kali ini jatuh ke Samsung dikarenakan hal berikut:

  • Boxy feeling display – layar yang terasa kotak dengan pinggiran bezel yang tipis
  • Display depan yang disamaratakan dengan layar dan casing
  • Paduan warna dan kualitas body build yang elegan dan tekstur satin yang lembut
  • Plus kamera yang dilengkapi dengan laser fokus dan pondasi yang menarik
Baca Juga:  Youtuber Ini Masak Burung Unta Bakar. Karena Ayam Bakar Terlalu Mainstream, Sob!

 

Samsuung Note 20 Ultra
Dengan desain yang menawan, Samsung Note 20 Ultra menjadi pilihan nominasi smartphone desain terbaik di 2020. (Sumber: Youtube/MKBHD)

 

Desain ELegan Samsung Note 20 Ultra
Tagline yang berbunyi, smartphone yang sekuat seperti keindahannya, Samsung Note 20 Ultra memang tampak menawan! (Sumber: Samsung)

 

Smartphone Hemat Terbaik – Google Pixel 4A (Rp 8.000.000-an)

Kategori yang paling menarik menurut Marques. Ini karena dari sekian banyaknya hape yang dirilis tahun ini dia mengkategorikan nominasi ini kepada Google Pixel 4A yang telah berhasil menyamai kualitas dari gawai high end dengan harga yang termasuk lower end. Menurutnya pula, Pixel 4A bisa menyeimbangkan rasio dari performance dan harga. Beberapa hal dari fitur Google Pixel 4A yang lebih unggul dari hape lain dengan kisaran harga yang sama adalah:

  • World class camera – kamera dengan kualitas tingkat dunia
  • Software maksimal dipadu dengan hardware bawaan dari Google
  • Plus, masih mempunyai headphone jack

 

Google Pixel 4A
Dengan fitur yang sangat istimewa dalam kisaran harga yang murah, Google Pixel 4A hadir sebagai Best Budget Phone di 2020. (Sumber: Youtube/MKBHD)



 

Smartphone Phone of The Year – Samsung Galaxy S20 FE (Rp 8.900.000-an)

Kategori yang paling ditunggu-tunggu, dari sekian nominasi yang telah diluncurkan Marques di videonya. Dengan menimbang berbagai macam fitur yang dimiliki oleh sebuah gawai smartphone, menurutnya ada satu hape yang cocok untuk masuk penghargaan Smartphone Terbaik 2020 dan khususnya di kategori Phone of The Year (terbaik dari yang terbaik).

 

Galaxy S20 FE
Terbaik dari yang terbaik, Galaxy S20 FE menjadi pilihan Marques untuk penghargaan Smartphone Terbaik 2020. (Sumber: Youtube/MKBHD)

 

Pilihannya kali ini jatuh ke Samsung Galaxy S20 FE! Dari beragam flagship yang diluncurkan Samsung, Samsung Galaxy S20 FE (Fan Edition) dinilai paling mempunya fitur yang sangat menarik dari:

  • Display dengan 120 Hertz (tergolong kualitas premium)
  • High End Ttriple camera
  • 128 gb Built-in
  • 4500 mAh battery dengan fast charging dan wireless
  • Plus juga memiliki ip68 Protection (anti debu dan air)
  • Dan sekian banyak lainnya.

Nah, dari semua smartphone tersebut kamu sudah siap ganti hape baru kah untuk 2021? Atau mending menunggu hape terbaru lagi di tahun depan lagi? (ANP)

Anggarda Putra

A long-lost traveler who enjoys a sip of cappuccino every morning.

Anggarda Putra has 118 posts and counting. See all posts by Anggarda Putra

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *