Terhenti Di Layanan Terblokir? Cek Cara Setting DNS Di Google Chrome Untuk Kemudahan Aksesmu!

Terhenti Di Layanan Terblokir? Cek Cara Setting DNS Di Google Chrome Untuk Kemudahan Aksesmu! – Hai pembaca setia Tanda Koma yang sedang asyik berselancar di dunia maya. Seringkali ketika kita ingin membuka portal informasi dari luar negeri terhalang oleh beberapa blokiran dari provider ataupun dari negara asal situs tersebut. Tahukah kamu cara membukanya dengan aman? Simak terus di bawah ini ya!

Cara Setting DNS Di Google Chrome
Google Chrome telah menjadi opsi utama untuk berselancar di dunia maya. Ternyata ada trik-trik khusus untuk mempermudah aksesmu nih!

Berselancar di dunia maya memang menjadi salah satu aktivitas paling menarik dan juga paling memakan waktu untuk bersantai ataupun ketika sedang bekerja dan membutuhkan informasi dengan cepat.

Namun yang sering terjadi ketika kita sedang berselancar melalui search query Google adalah terkadang beberapa website tidak bisa diakses ataupun terasa sangat lama sekali untuk di-load dan dibuka dengan baik oleh browser yang kita pakai.

Itu terjadi karena berbagai hal selain juga kecepatan internet ataupun jenis provider yang kita pakai. Meskipun terkadang kamu menggunakan VPN untuk alasan-alasan tersebut dan juga alasan keamanan, ada satu cara lagi yang paling mudah.

Cara yang paling mudah tersebut dan tergolong sangat murah karena tidak perlu membutuhkan biaya, adalah dengan mengganti / menyetel DNS di Google Chrome baik PC ataupun mobile seperti di gawai Android.

Yuk ikuti terus cara jitu untuk melakukan trik tersebut dan mempermudah aksesmu terhadap informasi-informasi yang kamu butuhkan.

DISCLAIMER: Tanda Koma tetap menganjurkan untuk menggunakan internet dengan bijak serta sesuai kebutuhan masing-masing user.

Apa Itu DNS

DNS atau yang berasal dari Domain Name Server adalah sistem internet atau cara kerja yang menyatukan antara pembacaan URL (Uniform Resource Locator) dengan IP Address yang berbeda-beda dari PC / gawai kita yang terkoneksi ke internet.

Ketika kita sedang mengakses Google.com semisal, kita tinggal mengetikkan nama domain tersebut ke dalam tab pencarian dari Browser yang kita pakai. Secara otomatis, halaman yang akan diunduh adalah halaman dari situs Google.com tersebut.



Padahal, kalau kita mengintip di balik layar, terdapat proses yang cukup panjang. Dari awal kita mengakses situs yang kita tuju, sebenarnya di balik layar Browser yang kita pakai tersebut akan meminta IP Address dari alamat situs.

Di Google.com sendiri, alamat IP Address adalah 172.217.0.142. Namun tidak mungkin kan kita menghapalkan numerik atau angka-angka untuk membuka situs yang kita mau? Mungkin terlalu lama, atau mungkin terlalu ribet dengan proses ini.

Baca Juga:  Cara Beriklan Di TikTok Yang Mudah Dan Ringkas? Baca Di Sini Untuk Memulai!

Di sinilah DNS memudahkan kita untuk membangun koneksi ke situs tersebut dengan “terjemahan” dari DNS yang mengubah input nama website menjadi data numerik IP Address dari situs yang kita tuju.

Fungsi DNS

Selain sebagai “penerjemah” dari sistem internet yang kita gunakan, ternyata ada beberapa kegunaan lain dari DNS ini sendiri. Berikut adalah fungsi dari DNS yang secara tidak sadar telah kamu rasakan dalam kegiatan berselancar (browsing) sehari-hari.

Cara Setting DNS Di Google Chrome
Ketika berselancar di internet, seringkali kita menemukan informasi yang menarik dan relevan untuk kebutuhan kita. Tapi apa yang terjadi ketika penyedia informasi tersebut menjadi lambat ketika diakses?

Kemudahan Untuk Browsing – Tentunya dengan contoh yang diberikan di atas, kamu akan lebih mudah untuk mengetikkan nama doain ketimbang memasukkan angka-angka IP Address situs tujuan, kan?

Menjamin Keamanan – Dengan adanya sistem DNS tersebut, hampir semua aktivitas transfer data yang terjadi secara realtime dan online akan lebih terjamin keamanannya dengan melewati server DNS dan tidak gampang diretas pihak ketiga.

Kelancaran Berselancar – Ketika kamu berselancar, tahukah kamu kalau internet provider masih bisa membaca beberapa data situs tujuan yang kamu kunjungi? Meskipun bisa diakali dengan VPN untuk menjaga privasi, menggunakan DNS yang berbeda juga bisa memberikan opsi untuk pengalamanmu berselancar tanpa hambatan dan juga bebas dari mata-mata.

Nah, kalau kamu sudah tahu apa fungsi serta keutamaan untuk penggunaan DNS ini dan ingin tahu bagaimana cara setting DNS di Google Chrome ikuti terus artikel ini sampai bawah ya.



Cara Cek Setting DNS Di Google Chrome

Untuk mengecek setting DNS di browser Chrome kamu bisa mengikuti panduan gambar berikut ini:

1. Buka Chrome Setting / Setelan

Pertama-tama kamu bisa memulai dengan membuka setting. Klik tiga titik yang ada di pojok kanan atas di bawah ikon X (close Chrome) yang ditandai di bawah.

Setting Chrome

2. Pilih Security & Privacy

Untuk pengguna Chrome berbahasa Indonesia, lanjutkan dengan memilih Keamanan dan Privasi seperti di bawah ini. Lanjutkan dengan memilih Keamanan.

Setting Chrome 2

3. Di Tab Security, Scroll Ke Bawah

Kemudian, lanjutkan dengan scroll ke bawah hingga kamu menemui opsi Use Secure DNS / Menggunakan Secure DNS dimana kamu bisa memilih layanan DNS tersebut.



4. Lanjutkan Dengan Memilih Setelan DNS

Opsi DNS yang tersedia ada banyak, normalnya ketika kamu sampai di tahap ini centang yang telah dipilih sebelumnya adalah “With your current provider” yang artinya kamu mengikuti DNS yang disediakan oleh Internet Provider. Berikut adalah opsi dari pilihan DNS di bawah ini:

Custom DNS – Artinya kamu bisa memasukkan setting DNS yang kamu pilih sendiri secara manual.

Clean Browsing – Untuk kamu yang menyediakan layanan internet buat anak-anak atau keluarga di rumah. Secara otomatis semua situs yang tidak termasuk safe / aman untuk keluarga akan terblokir.

Baca Juga:  7 Tips Office 365 yang Wajib Kamu Tahu Setelah Install Nih!

Google Public DNS – Adalah layanan DNS server yang disediakan oleh Google. Seringkali disebut sebagai pembuat pengalaman berselancar yang aman dan lancar.

Open DNS – Adalah layanan DNS server dari Amerika yang membantu melayani proteksi terhadap kejahatan digital seperti scam, phising, dan lain-lain.

Cloudflare (1.1.1.1) – Untuk kamu yang lebih mengutamakan privasi karena layanan DNS server ini terkenal dengan proteksi mereka untuk menjaga privasi trafik internet dari user yang menggunakan server tersebut.

Setting Chrome 3

5. Selesai, DNS Pilihanmu Telah Terpasang

Untuk penulis sendiri, lebih nyaman menggunakan Cloudflare karena memang kecepatan browsing internet menjadi sedikit lebih cepat (btw saya menggunakan First Media di 50 mbps) dan bisa mengakses situs forum-forum untuk informasi seperti Reddit, 4chan, dan lain-lain.

Untuk pengguna Google Chrome mobile di Android, kamu bisa mencoba cara yang sama sesuai di atas dengan sedikit perbedaan di interface atau tampilan muka. Selebihnya silahkan mengikuti panduan gambar di bawah ini.

Cara Cek Setting DNS Di Google Chrome Android

Sebagai pengguna gawai Android yang telah berintegrasi dengan baik dengan semua layanan Google, kamu akan menemukan perbedaan yang lumayan praktis ketika menggunakan setelan Google Chrome di Android. Berikut adalah langkah-langkahnya:



1. Tekan 3 Titik Di Kanan Atas Google Chrome Android

Di gawaimu, mulai dengan menekan 3 titik seperti di Google Chrome untuk pengguna PC.

Chrome Setting Mobile 1

2. Tekan Setting

Untuk cara cek setting DNS di Google Chrome pengguna Android, lanjutkan dengan menekan setting atau Setelan untuk pengguna bahasa Indonesia di Google Chrome.

Chrome Setting Mobile 2

3. Pilih Privacy & Security

Lanjutkan dengan memilih opsi Privasi dan Keamanan seperti yang dicontohkan di gambar berikut ini.



Chrome Setting Mobile 3

4. Lanjutkan Dengan “Use Secure DNS”

Kemudian, kamu bisa memilih opsi untuk menggunakan “Use Secure DNS” atau “Pilih Secure DNS”.

Chrome Setting Mobile 4

5. Pilih “Choose Another Provider”

Lanjutkan dengan memilih Provider lain sesuai petunjuk gambar.

Chrome Setting Mobile 5

6. Kemudian Tekan “Custom”

Tekan pilihan kustomisasi dari pilihan tersebut.



Cara Setting DNS Di Google Chrome 6

7. Pilih DNS Yang Kamu Mau

Seperti dicontohkan oleh pengguna Google Chrome di PC, kamu juga akan menemui beberapa opsi DNS server yang disediakan oleh Browser ini. Dari pilihan-pilihan tersebut, penulis mencontohkan dengan menggunakan Cloudflare ya.

Chrome Setting Mobile 7

8. Selesai, Cara Cek Setting DNS Di Google Chrome Bisa Dicoba!

Tidak perlu menekan enter, begitu selesai kamu bisa menekan back atau tanda panah ke kiri. Secara otomatis, layanan DNS server telah dipasang dan kamu bisa melanjutkan browsing di internet lagi bebas hambatan.

Cara Setting DNS Di Google Chrome 8



Itulah cara setting DNS di Google Chrome baik untuk pengguna PC ataupun pengguna Android di gawai yang kamu bawa setiap hari. Sebenarnya caranya sangatlah mudah, tapi hasilnya lumayan efisien untuk kamu yang sering menggunakan Browser ini untuk berselancar di internet.

Kalau kamu ingin membaca tips lain tentang teknologi, bisa kamu tuliskan di kolom komentar ya. Kami akan menuliskannya untukmu pembaca setia. Selamat mencoba dan sehat selalu! (ANP)

Anggarda Putra

A long-lost traveler who enjoys a sip of cappuccino every morning.

Anggarda Putra has 111 posts and counting. See all posts by Anggarda Putra

Leave a Reply

Your email address will not be published.