Selesai! Cukup ringkas ya.

Test Antigen Di Bandara Juanda Surabaya. Panduan Gambar Dan Harga [UPDATE 2021]!

Beritahu yang lain
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Test Antigen Di Bandara Juanda Surabaya. Panduan Gambar Dan Harga – Hai pembaca setia Tanda Koma yang sudah siap jalan-jalan! Semakin menuju pertengahan 2021 semakin banyak kita melihat masyarakat sudah bersiap-siap untuk traveling. Kamu kah salah satunya? Jangan lupa untuk melaksanakan Test Antigen sebagai salah satu syarat bepergian ya. Yuk simak review kami untuk melakukan tes di Bandara Juanda, Surabaya berikut ini.

Test Antigen di Bandara
Sudah siap berjalan-jalan di tahun ini? Jangan lupa patuhi protokol kesehatan ya!

Sebelum melakukan perjalanan, banyak syarat yang harus dipenuhi untuk menjaga kesehatan kamu sebelum pergi dan setelah pulang. Dari pemerintah pun telah menerapkan beberapa prosedur untuk membolehkan kamu bepergian dengan syarat-syarat tertentu seperti pengisian eHAC dan juga membawa hasil negatif dari beberapa test (Rapid, PCR, ataupun Antigen).

Apa Itu Test Antigen?

Dikutip dari Alodokter, Antigen merupakan suatu zat atau benda asing, misalnya racun, kuman, atau virus, yang dapat masuk ke dalam tubuh. Sebagian antigen dapat dianggap berbahaya oleh tubuh, sehingga memicu sistem imunitas untuk membentuk zat kekebalan tubuh (antibodi). Reaksi ini merupakan bentuk pertahanan alami tubuh untuk mencegah terjadinya penyakit. Virus Corona yang masuk ke dalam tubuh akan terdeteksi sebagai antigen oleh sistem imunitas. Antigen ini juga dapat dideteksi melalui pemeriksaan rapid test antigen.



Oleh demikian, tes rapid dilaksanakan dengan cara mengambil sampel lendir dari hidung atau tenggorokan melalui proses swab dengan bantuan alat stick kecil khusus. Untuk kemudian mendapatkan hasil yang akurat dari tes ini, alangkah baiknya untuk dilakukan setelah munculnya salah satu gejala COVID-19 paling lambat 5 hari.

Test Antigen Di Bandara Juanda, Surabaya [PANDUAN GAMBAR]

Merujuk ke beberapa syarat perjalanan yang bisa kamu cek di akun Instagram bandara-bandara di Indonesia, kamu pastinya harus memastikan tes yang kamu ambil nantinya masih bisa digunakan terutama di destinasi dengan syarat validitas tes 1×24 jam seperti Bali.

Baca Juga:  Rumah Atsiri Indonesia, Yuk Mampir Ke Wisata Aromatik Fenomenal Di Tawangmangu!

Selain bisa diambil di berbagai klinik dan fasilitas kesehatan lainnya, Test Antigen bisa juga diambil di beberapa bandara termasuk bandara Juanda, Surabaya. Simak berikut untuk panduan gambarnya:

1. Datang Ke Area Parkir A8

Di Bandara Juanda, kamu bisa mengambil parkir di area A8 di Terminal 1. Datang kurang lebih 4 jam sebelum jadwal penerbangan kamu ya supaya mengantisipasi keramaian dan antri yang berlebihan. Layanan tes ini buka setiap hari dari pukul 04.00 WIB waktu Shubuh hingga 17.00 WIB waktu (pendaftaran ditutup pukul 16.00WIB).

2. Persiapkan KTP Dan Isi Formulir

Sesampainya, kamu akan diminta untuk fotocopy KTP sebanyak satu lembar. Di lokasi sudah tersedia jasa fotokopi seharga Rp. 2.000 dan tambahan Rp. 5.000 jika kamu belum mempunyai bolpen untuk mengisi formulir yang disediakan. Selesai difotokopi, kamu nanti akan diberi nomer antrian dan formulir kesehatan yang bisa kamu isi.

Pendaftaran Test Antigen
Siapkan KTP kamu dan bolpen untuk mengisi formulir.

3. Tunggu Nomer Antrian

Setelah menunggu nomer kamu dipanggil, kamu selanjutkan akan diminta untuk membayar test rapid antigen seharga IDR 170.000 [UPDATE MARET 2021].

Antri Rapid Test Antigen
Tunggu nomer antrianmu dipanggil, lalu persiapkan uang cash untuk membayar.

4. Bayar Test Antigen

Kemudian, setelah kamu membayar (wajib dengan uang tunai – tidak menerima kartu) nantinya kamu akan diberi kwitansi untuk disimpan.

Test Antigen di Bandara Juanda
Simpan kwitansi pembayaran.

5. Pengambilan Sampel

Setelahnya, nama kamu akan dipanggil untuk pengambilan sampel tepat di sebelah. Tidak perlu menunggu lama, karena pengambilan sampel cukup cepat. Siapkan hidungnya ya!

Pengambilan Sampel Test Antigen
Pengambilan sampel dengan menggunakan stik kecil, persiapkan hidung dan tahan nafas ya!

6. Menunggu Uji Sampel

Kemudian, setelah sampel lendirmu diambil kamu nanti akan duduk di seberang kiri atau di belakang truk lab. Tergantung jumlah pengunjung, bisa jadi sampel selesai diolah hanya dalam 5 menit atau sampai 60 menit jika terlalu ramai yang hendak pergi di hari itu. Makanya datang lebih pagi ya guys.



7. Test Antigen Selesai

Pasti selang beberapa saat, nama kamu dipanggil. Kamu nanti akan menerima lembaran hasil swab beserta hasilnya. Cukup dilipat dan dibawa beserta tiket serta boarding pas kamu ke dalam gedung terminal ya!

Hasil Test Antigen
Selesai! Cukup ringkas ternyata.

Begitulah tata cara untuk pengambilan Test Antigen di bandara Juanda, Surabaya. Selepasnya kamu bisa melanjutkan proses cek in dan boarding untuk menaiki pesawat yang kamu pesan sebelumnya. Jangan lupa persiapkan kartu eHAC ya, panduan Tanda Koma bisa kamu lihat di sini.

Baca Juga:  5 Cara Agar Anak Tidak Mudah Rewel. Begini Caranya Menurut UNICEF, Bund.

Sudah siap jalan-jalan kemana nih kalian? Share pengalaman mengambil Test Antigen di bandara lainnya di kolom komentar ya. Selamat bepergian dan stay safe! (ANP)


Beritahu yang lain
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Anggarda Putra

A long-lost traveler who enjoys a sip of cappuccino every morning.

Anggarda Putra has 106 posts and counting. See all posts by Anggarda Putra

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *