Seberapa kokoh layar iPhone 12 ini?

Testing Layar iPhone 12. Cek Di Sini Sebelum Beli!

Beritahu yang lain
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Testing Pelindung Keramik di Layar iPhone 12. Seberapa kuat ya? Seperti yang kita ketahui, tanggal 13 Oktober kemaren Apple telah mengumumkan model iPhone terbaru mereka di event virtual yang diadakan di Apple Park, California. Di acara tersebut, mereka mengumumkan penerus iPhone 11 yang notabenenya akan menjadi lebih unggul dan mempunyai fitur-fitur yang sangat menarik termasuk layar iPhone 12 yang dilapisi keramik. Wah seberapa kuat dan bagus ya ini? Yuk kita lihat di sini bareng Tanda Koma.

Ceramic Shield di iPhone 12
Pelindung Keramik (Ceramic Shield) di iPhone 12. Seberapa kuat ya? (Sumber: Apple)

Sebelum kita membongkar layar iPhone 12, kamu perlu tahu fitur apa aja nih yang sudah disediain. Dilansir dari Apple, iPhone 12 dan iPhone 12 mini mempunyai spek layar sebagai berikut:

HDR display
True Tone
Wide color (P3)
Haptic Touch
2,000,000:1 contrast ratio (typical)
625 nits max brightness (typical); 1200 nits max brightness (HDR)
Fingerprint-resistant oleophobic coating
Support for display of multiple languages and characters simultaneously

 

Spesifikasi Layar iPhone 12
Perbandingan layar iPhone 12 dan iPhone mini plus spesifikasinya. Favorit kamu yang mana? (Sumber: Apple)



 

Seorang Youtuber tekno bernama Jerry Rig Everything mencoba mengetes seberapa kuat kah layar iPhone 12 dengan mencoba menggores layar dengan beberapa alat. Ketika diteliti lebih lanjut, ternyata perpaduan antara frame iPhone 12 dengan layarnya sangatlah detail dan terperinci. Hampir tidak ada celah untuk alat pencongkel masuk ke dalam sela layar. Ditambah dengan bingkai besi stainless, itu merupakan perpaduan utama untuk flagship iPhone 12 yang embel-embelnya adalah “iPhone paling kuat yang pernah dibuat”.

Testing Layar iPhone 12
Percobaan goresan di layar iPhone 12. Sekuat apa ya layar iPhone ini? (Sumber: Youtube/JerryRigEverything)

 

Tidak berhenti disitu, testing iPhone 12 pun dilanjutkan dengan menggores layar menggunakan pencongkel khusus yang terdiri dari 9 level. Setelah digores berulang kali, iPhone 12 terlihat mempunyai goresan di level 6 yang sangat tipis dilanjut dengan level 7 yang merupakan tampak agak jelas di mata user.

Baca Juga:  Cara Memperbaiki File Corrupt Di Android. 3 Aplikasi Ini Akan Membantumu, Gan!

 

Goresan di iPhone 12
Ternyata goresan nya hanya keliatan kecil di level 6. Waaah (Sumber: Youtube/JerryRigEverything)

 

Tidak berhenti disitu, Jerry juga mencoba untuk menggoreskan beberapa garis dan menguji kekokohan dari frame besi stainless yang dimiliki iPhone 12 di bingkainya. Menggunakan cutter yang sangat tajam dan juga terbuat dari stainless steel, dia mencoba untuk mengiris dan menorehkan beberapa sayatan. Dan meskipun meninggalkan sedikit goresan, ternyata frame iPhone 12 ini sangatlah kuat dan hanya menorehkan noda kecil di badannya. Hmm kuat sekali ya!

 

Testing Bingkai iPhone 12
Wah kuat sekali! Digores dengan cutter dari stainless steel pun hanya meninggalkan sedikit sayatan di frame iPhone 12. (Sumber: Youtube/JerryRigEverything)

Dilanjutkan dengan sayatan ke seluruh body iPhone 12, ternyata hanya menorehkan sedikit sekali goresan yang nyatanya itu hanyalah cat dari body iPhone 12 ini sendiri. Menurut Jerry, warna silver dari model iPhone 12 akan sangat membantu menyembunyikan sayatan-sayatan seperti ini – tapi siapa yang memakai iPhone 12 dan bermain pisau ya? Hmm

Tak berhenti disitu, Jerry pun juga menguji kekokohan sisi belakang iPhone 12 yang merupakan kaca bertekstur dengan logo Apple yang halus. Dan ternyata, tidak ada goresan juga loh!



 

Testing Sisi Belakang iPhone 12
Dicoba juga dengan cutter yang sama, ternyata sisi belakang juga tidak ada goresan! (Sumber: Youtube/JerryRigEverything)

Mengintip ke sisi atas dari body iPhone 12 psati terlihat adanya 3 gundunkan kamera yang sangat menonjol. Ketika menggoreskan cutter stainless steel, kamera yang dilapisi dengan kaca safir ini juga tidak menimbulkan goresan apapun. Kokohnya teruji gan!

Kaca Safir di Kamera iPhone 12
Ternyata kamera belakang juga terlindungi dengan baik menggunakan lapisan kaca safir yang sangat anti goresan! (Sumber: Youtube/JerryRigEverything)

Dilanjutkan dengan tes ketahanan panas. Kali ini Jerry menggunakan korek api selama 30 detik untuk membakar layar iPhone 12. Dan setelah melakukannya, Super Retina XRD Display yang dimiliki iPhone 12 tidak menunjukkan gejala gosong dan tetap berfungsi dengan cerah dan responsif. Beda dengan hape lain yang dengan tes yang sama akan menimbulkan efek gosong ataupun baret putih yang tidak akan bisa kembali seperti semula dan musti diganti.

Baca Juga:  Santorini Jogja Di Kaki Bukit Merapi? Kenalin Spot Rekreasi Paling Seru Buat Keluarga!

Nah, setelah menalaah lagi review kekokohan layar iPhone 12 yang ternyata sangat anti gores dan bahkan kebal api selama 30 detik, sudah siapkah kamu untuk membelinya? Dicek dengan ibox, iPhone 12 sudah mulai bisa dipesan loh di tanggal 11 Desember nanti dan dibanderol dengan harga Rp. 14,999,000 dan untuk iPhone mini seharga Rp. 12,999,000.

Kapan lagi kan punya hape yang bisa kebal goresan besi dan anti api. Sudah siap ganti iPhone kah sekarang? Atau menunggu iPhone 13 meluncur? (ANP)

 


Beritahu yang lain
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Anggarda Putra

A long-lost traveler who enjoys a sip of cappuccino every morning.

Anggarda Putra has 106 posts and counting. See all posts by Anggarda Putra

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *