Sumber Foto: Instagram @iuliacarmen.b

Tirta Gangga Bali 2021 Makin Cakep Loh! Cek 7 Foto Epik Ini!

Beritahu yang lain
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Tirta Gangga Bali 2021 Makin Cakep Loh! Cek 7 Foto Epik Ini! – Hai pembaca setia Tanda Koma yang seneng jalan-jalan dan udah milih Bali sebagai tempat yang paling kalian sukai buat liburan di Indonesia! Sudah tau salah satu tempat ikonik di Karangasem? Yuk cek bareng Tirta Gangga Bali!

Tirta Gangga Bali
Keunikan dari Tirta Gangga sendiri menjadi bahan inspirasi untuk foto-foto keren nih! (Sumber Foto: Instagram @saltydanis)

Harusnya kalian yang suka Bali ini tau banget ya kan kalau Bali punya beranekaragam jenis tempat wisata? Bali kaya akan tempat wisata alam yang bukan cuma indah tapi kaya akan sejarah yang ada didalamnya.

Bukan cuma sekedar pura yang udah berdiri selama beribu-ribu tahun lamanya, tapi juga kalian bisa nemuin pura di goa, pura di tengah laut, pura di puncak gunung, pura di tebing dan hal unik lainnya.

Bukan itu aja, ada juga kerajaan-kerajaan masa lalu yang bukan cuma bisa kita denger sejarahnya tapi bisa kita liat langsung tempatnya. Nah kita mau ngajak kalian nih untuk liat salah satunya, yaitu istana air yang ada di Bali Timur.

Siapa nih yang bisa nebak? Yaps, bener banget! Kita mau ngajak kalian lebih dalam liat tentang salah satu istana air yang ada di Bali Timur yaitu Tirta Gangga atau kalau orang bule bilang Tirta Gangga Water Palace.

Sejarah Tirta Gangga

Sebelum kita lihat ada apa aja di Tirta Gangga, kita mau bahas sedikit nih soal sejarah berdirinya tempat ini biar ga setengah-setengah ngasi taunya. Nah, Tirta Gangga ini didirikan oleh raja Karangasem, Anak Agung Anglurah Ketut Karangasem Agung ditahun 1946.

Tapi tempat ini sempet hancur tahun 1963 karena letusan gunung Agung yang cukup besar dan merugikan banyak masyarakat di Bali bagian timur ini. Lalu pemerintah Kabupaten Karangasem akhirnya memutuskan untuk memperbaiki tempat ini sebagai bukti sejarah dan dijadikan tempat wisata.

Luas tempat ini juga ga main-main, ada sekitar 1,2 hektar dengan kolam yang besar dan cantik dan juga taman yang cukup untuk menambah keindahan istana air ini.

Sejarah Tirta Gangga Bali
Selain tempatnya yang indah, banyak nilai sejarah juga loh yang bisa kamu pelajari. (Sumber Foto: Instagram @arlia_sugiarmini)

Tirta Gangga awalnya didirikan untuk tempat mandi raja dan keluarganya. Nah pada masa itu, yang boleh masuk ketempat ini pastinya cuma keluarga kerajaan dan rajanya itu sendiri.

Jadi ga aneh kan kenapa luas dan cantik banget tempatnya, karena namanya juga punya kerajaan. Ga mungkin kan seorang raja mandi biasa aja? Beliau pasti pengen punya banyak pilihan dengan pemandangan yang cantik saat mandi.



Lokasi Tirta Gangga

Setelah kalian baca sejarah yang tadi sudah dibahas, sudah pasti kalian tahu kalau lokasinya ada diwilayah timur Bali, lebih tepatnya ada di Amlapura, Kabupaten Karangasem.

Kalau dari Denpasar, kalian akan menempuh jarak sekitar 70 km atau 2 jam setengah dengan mobil. Kalau misalnya kalian stay di Ubud juga jaraknya kurang lebih sama yaitu 63 km atau sekitar 2 jam aja.

Lokasi Tirta Gangga
Selain merupakan pemandian, sekitaran Tirta Gangga juga merupakan daerah yang masih hijau dan asri. (Sumber Foto: Instagram @gegayu_sukma)

Ga usah ragu kalian bakal bosen kalau ke area timur Bali, selain Tirta Gangga, kalian bisa sekalian datengin beberapa kawasan wisata lainnya kayak Taman Ujung atau bahkan pantai di daerah Candidasa.

Baca Juga:  Review Summerland Lippo Mall Kuta. Liburan Aktif Bareng Si Kecil?

Kalau kalian takut nyasar, kalian bisa sewa mobil dengan supir jadi kalian bisa duduk tenang sambil nikmatin perjalanan dan tiba-tiba kalin udah sampe ditujuan kalian. Atau kalian juga bisa save jalan dari Google Maps dibawah ini biar gampang juga.

Ada Apa di Tirta Gangga?

Nah sekarang kita cari tahu nih, ada apa aja ya di Tirta Gangga? Terus kalian kira-kira bisa ngapain aja sih di kawasan wisata bersejarah ini?

Tirta Gangga punya 3 bagian area disini, yaitu yang pertama paling atas ada mata air dibawah pohon beringin yang dipercaya bahwa mata air disini adalah air suci yang biasa juga digunakan untuk upacara. Kemudian bagian kedua ada kolam renang yang pastinya dibuka juga untuk umum dengan fasilitas kamar mandi juga.

Terus dibagian ketiga yang adalah tempat paling disukai banyak wisatawan lokal ataupun mancanegara buat berfoto dan menjadikan area ini jadi ikon dari Tirta Gangga yaitu kolam ikan yang dihiasi dengan air mancur.

Air Mancur Tirta Gangga
(Sumber Foto: Instagram @dreamer_ss_)

Ditengah-tengah kolam ikan itu kalian bakal nemu pijakan batu-batu untuk kalian melangkah sampai ketengah kolam dan berfoto dengan latar belakang air mancur dan candi yang berdiri tegak dibelakang kolam ikan ini.

Ada juga kolam ikan yang sama besarnya dengan jembatan kecil yang cantik yang pastinya juga bagus banget buat jadi tempat foto-foto dan memang sering digunakan untuk mereka yang menikah dan bikin foto pre-wedding loh!



Mata air yang sempet disebut tadi biasa disebut mata air Rejasa yang sering digunakan masyarakat sekitar Tirta Gangga untuk upacara. Sepertiga dari mata air ini digunakan juga untuk jadi pasokan air di Amlapura, sisanya digunakan buat mengisi kolam.

Air keluaran dari kolam dialirin ke area persawahan disekitar Tirta Gangga. Memang ya namanya raja pasti memikirkan rakyatnya, jadi bikin sesuatu bukan cuma buat raja dan keluarganya, tapi juga buat rakyat yang tinggal disekitar sana.

Foto cantik disamping jembatan juga oke banget loh! (Sumber Foto: Instagram @girlstraveler)

Aktifitas Yang Bisa Dilakukan

Terus apa nih yang bisa dilakuin di Tirta Gangga selain foto-foto aja? Nih kita jabarin dari area parkir sampai bagian paling dalem di Tirta Gangga biar kalian ada bayangannya ya.

Setelah kalian sampai di Tirta Gangga, kalian bakal liat kalau area parkir disini luas banget dan bisa juga nampung bus kalau kalian mau dateng bareng-bareng rombongan keluarga atau temen sekolah.

Setelah area parkir, kalian akan ngelewatin kompleks jual souvenir dan juga beberapa tempat makan yang bisa banget kalian datengin mungkin setelah cape menjelajahi luasnya area Tirta Gangga didalam nanti biar pas pulang perut juga kenyang.

Sebelum masuk ke dalam Tirta Gangganya, sudah pasti kalian bakal datengin dulu konter tiket buat beli tiket masuknya nih. Habis beli tiket kalian bakal lewatin gapura besar yang cantik dan kalian bisa langsung liat keindahan kolam besar yang ada disana.



Sebelah kanan kalian bakal nemuin kolam ikan dengan pijakan batu-batu sampai ke tengah kolam dengan hiasan air mancur. Dibelakang kolam ini, kalian akan liat candi yang tinggi menjulang yang bisa jadi latar belakang kalau kalian foto ditengah kolam ini.

Baca Juga:  Candra Maya Klaten, Kolam Renang Lucu Ala Ubud Di Tengah Kota Klaten!

Tapi nih Tanda Koma saranin kalian muterin area Tirta Gangga ini dari sebelah kiri ya. Karena kita yakin kalau kalian langsung disebelah kanan tadi, kalian ga akan selesai-selesai deh fotonya soalnya dari tiap sudut pandang punya kecantikan masing-masing.

Foto di jukung juga keren. Kapan lagi ya kan foto naek kapal di tengah kolam? (Sumber Foto: Instagram @invinciblereynz)

Nah lanjut ke sebelah kiri Tirta Gangga ini kalian bakal nemu kolam besar dengan jembatan yang kita sudah sempat bahas juga sebelumnya. Disini kalian bakal liat adanya jukung atau kapal nelayan dan itu bukan cuma hiasan aja loh. Kalian bisa muterin area kolam ini dengan jukung itu tapi pastinya ada biaya tambahannya loh ya.

Kalau udah cukup puas keliling pake jukung, kalian bisa lanjut nyebrangin jembatan kecil ini dan ngeliat kolam-kolam kecil yang cantik ditengah-tengah area kolam besar ini. Udah pasti area ini juga bagus banget buat kalian foto-foto loh! Setelah itu kalian akan naik undakan ke area bagian kedua yaitu area kolam renang.

Disana ada juga mini playground buat kalian yang bawa anak-anak juga loh! Kolam renang disini juga bukan cuma 1 loh, tapi ada 3! Dengan kedalaman kolam yang berbeda-beda. Ada 2 kolam dewasa yang dalamnya 2,5 meter dan 1,5 meter, ada juga satu kolam untuk anak-anak jadi aman banget deh buat si kecil.

Air Mancur Bali
Paling rame sih memang untuk foto dengan ikan-ikan nih sambil duduk di salah satu alas pilar di kolam. (Sumber Foto: Instagram @iuliacarmen.b)

Air kolam renang disini juga jernih banget dan pastinya sejuk dan seger banget didukung sama udara yang pastinya seger juga disini dibanding di kota-kota besar.

Bagian akhir Tirta Gangga Bali ini adalah pura dengan mata air yang dianggap suci oleh masyarakat Amlapura ini. Disini ada juga khusus area pelukatan untuk pembersihan diri. Dari sana, kalian bisa menyusuri bagian Tirta Gangga lainnya dan akan berakhir dibagian belakang kolam ikan dengan air mancur. Yaitu bagian candi tinggi yang menjulang tadi.



Kalau kalian belum mau pulang, kalian bisa duduk-duduk juga disini sambil nikmatin angin sepoi-sepoi dengan memandangi kolam-kolam cantik dihadapan kalian. Atau pastinya bakalan kurang kalau ngga foto-foto kolam ikan air mancur tadi.

Disini juga kalian akan nemu orang jual makanan ikannya lho. Jadi biar makin cantik kalau buat foto dan ikan-ikannya ngumpul nyerbu kalian, pastinya beli makanan ikannya dulu ya!

Foto bareng ikan-ikan cantik di Tirta Gangga (Sumber foto: Instagram @thebalichili)

Harga Tiket Masuk Tirta Gangga 2021

Siapa nih yang daritadi kepo soal tiket masuk ke Tirta Gangga? Murah aja kok buat masuk kesini, kalian cuma perlu siapin 25 ribu rupiah aja per orang. Kalau mau berenang kalian perlu bayar lagi didaerah kolam renangnya langsung dengan harga 10 ribu rupiah aja.

Harga Tiket Masuk Tirta Gangga Per Oktober 2021 Seharga IDR 25.ooo Per Orang

Harga bisa berubah sewaktu-waktu



Udah lengkap nih informasi yang kita bagiin ke kalian. Jadi kapan nih kalian rencanain untuk eksplor bagian timur Bali?

Kalian mungkin tau ya kalau liburan tuh ga melulu soal jalan-jalan, senang-senang dengan tempo yang cepet. Ga ada salahnya kita melegakan pikiran kita sambil belajar sejaran dan mengapresiasi seni leluhur kita dengan tempo lambat, bener kan?

Belajar sambil berlibur udah paket lengkap banget. Jiwa keisi, informasi umum pun nambah. Jadi balik ke tempat kalian udah makin kaya juga ilmu kalian. Jadi, selamat belajar dan bersenang-senang di Bali! (MAY)


Beritahu yang lain
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *