Terlalu sayang kalau tidak dijaga keasliannya

Umbul Mudal Slukatan, Surga Pelepas Lelah Untuk Pendaki Gunung Di Wonosobo!

Umbul Mudal Slukatan, Surga Pelepas Lelah Untuk Pendaki Gunung Di Wonosobo! – Hai pembaca setia Tanda Koma yang doyan mendaki gunung. Ada kalanya ketika kamu turun gunung pastinya membawa lelah yang berat, tapi kalau disambut dengan mata air yang segar pastinya ingin melepaskan penat dan segara bermandikan air gunung dengan pemandangan hijau, kan? Yuk mampir Umbul Mudal Slukatan di Wonosobo!

Mudal Slukatan Wonosobo 1
Tersembunyi di balik pesona Wonosobo yang hijau teduh, Pemandian Mata Air Mudal di Slukatan Wonsobo ini menjadi tempat favorit untuk bersantai nih. (Sumber Foto: Instagram @tengu_liar19 & @bugar_ashari)

Wonosobo sebagai salah satu kota yang asri di Jawa Tengah menyimpan pemandangan yang asri dari berbagai pelosok. Berdekatan dengan Gunung Bismo dengan ketinggian 2365m dpl yang sering dijadikan sebagai tujuan pendaki, banyak tujuan wisata lainnya yang menyelimuti kota yang dingin ini.

Kalau kamu adalah seorang pendaki dan penikmat senja, pastinya akrab dengan nama Gunung Bismo yang mempunyai puncak memanjang dan termasuk salah satu kawasan gunung api Dieng.

Ditengarai dengan pemandangan hijau dengan perbukitan yang halus, perjalanan ke Wonosobo adalah pengalaman yang memanjakan mata dan hati. Terutama ketika kamu menikmati luasnya sawah yang membentang di kaki gunung Bismo.

Gunung Bismo Wonosobo 1
Pemandangan yang indah dari puncak, selalu menjanjikan hadiah yang setimpal untuk para pendaki. (Sumber Foto: Instagram @ervinerwin)

Lokasi Pemandian Mudal Slukatan

Terletak di sebelah utara Wonosobo, untuk mampir ke sini kamu harus menyiapkan waktu yang luang ya. Karena dari Jogja, butuh waktu kurang lebih 4 jam dengan perjalanan berliku dan panjang.



Selepas 4 jam perjalanan tersebut, kamu akan sampai di kota Wonosobo yang kemudian dilanjutkan ke Utara menuju Dieng. Nantinya pas di pertigaan Pondok Pesantren Al Anwar, ambil belok kiri dan di pertigaan pertama ambil kanan untuk lurus ke arah Utara.

Lebih tepatnya, kamu bisa mengecek lokasi pemandian tersebut di utasan Google Map di bawah ini.

Dengan rute yang sering dilewati oleh para pendaki puncak Bismo, ketika turun menuju kota Wonosobo seringkali mampir ke sini untuk melepas lelah. Dengan badan yang capek dan terasa berat, mandi sebentar di Mudal Slukatan bisa menyegarkan lagi fisik para pendaki untuk mengambil beberapa langkah lagi menuju rumah.

Pemandian Mata Air Asli Wonosobo

Meski begitu, tak jarang juga banyak dari pengunjung yang ingin mampir ke sini dan tidak ingin naik gunung. Hanya ingin berlibur ke pemandian yang selain mempunyai air segar, juga memiliki penghuni berwarna-warni dengan ukuran yang menggemaskan.

Baca Juga:  Lembah Indah Malang? Yuk Mampir Ke Destinasi Glamping Indah Nan Seru Di Malang Nih!

Entah siapa yang memulai, tapi di kolam air segar ini kamu juga akan mendapati beberapa jenis ikan Mas dan Koi yang berukuran lumayan besar dan sepertinya cukup bahagia untuk berenang dan menemanimu menghabiskan waktu di kaki gunung.

Mudal Slukatan Wonosobo 2
Penghuni asli Embul ini berwarna warni dan menghiasi dasar kolam yang jernih. (Sumber Foto: Twitter @CutiesLollipoop)

Selain tidak dipungut biaya, hanya mungkin bayar parkir yang dijaga oleh penduduk sekitar, kamu bisa menikmati pemandangan sawah dan bukit menghijau di sekitaran kolam.

Atau, kalau kamu mau bersepedaan dan setelah mengitari pedesaan Wonosobo, mampir ke sini juga menjadi salah satu cara untuk melemaskan kaki dan menikmati secangkir kopi yang ada di warung sekitar. Mantap juga, kan?

Pesona Sepeda Wonosobo
Gak cuman mendaki, kamu yang bersepeda juga bisa mampir ke tempat ini untuk sejenak mengambil nafas sebelum mengayuh lagi. Seru nih rame-rame! (Sumber Foto: Google Map Review @SiDoel)

Kalau sudah sampai, jangan lupa untuk pemanasan dulu ya. Kedalaman kolam mungkin tidak lebih dari 2 meter. Tapi cukup untuk membuatmu bersantai dan berenang dengan tenang bareng teman-temanmu.

Sisihkan baju di pinggir kolam, dan kalau bisa bergantian ya supaya ada yang menjaga barang-barang dan baju ketika bersantai di kolam. Kalau sudah, siap-siap nyebur!



Wisata Wonosobo
Air kolamnya jernih banget, guys! (Sumber Foto: Google Map Review @SalmanLoob)

Oya, berhubung tempatnya masih asri, upayakan untuk menjaga kebersihan ya. Jangan meninggalkan apapun kecuali kenangan yang apik. Buanglah sampah juga di tempatnya. Kan sayang kalau next time kamu ke sini ternyata ikannya berenang bersama sampah plastik 🙁

Ikan Segar Wonosobo
Ikan-ikan berenang bebas di kolam yang masih segar dan hijau. Wonosobo vibe banget! (Sumber Foto: Google Map Review @Mujiono “dewa_muji”)

Jadi, kapan kamu mau berangkat liburan ke sini? Jangan lupa persiapkan perjalanan yang panjang dan beristirahat. Kalau mampir ke Wonosobo, apa yang ingin kamu lihat?

Share pengalaman liburan kalian di Wonosobo dan bantu kamu untuk menemukan pertama liburan yang asyik di daerah nan hijau ini ya. Tetap semangat dan sehat selalu! (ANP)

Anggarda Putra

A long-lost traveler who enjoys a sip of cappuccino every morning.

Anggarda Putra has 111 posts and counting. See all posts by Anggarda Putra

Leave a Reply

Your email address will not be published.