Stress Macbook Internet

WiFi Tidak Terbaca iPhone? Begini Solusinya [PANDUAN GAMBAR]

WiFi Tidak Terbaca iPhone? Begini Solusinya [PANDUAN GAMBAR] – Hai pengguna iPhone di Tanda Koma! Salah satu masalah kita temui ketika menemukan WiFi publik adalah trouble ketika menyambungkan gawai iPhone kita dengan WiFi publik tersebut. Simak tips berikut untuk menemukan solusinya dengan gampang dan tidak ribet!

Stress No Internet
Tidak tersambung ke internet ketika sedang membutuhkan pasti bikin stress banget! 🙁

Bagi para pengguna produk Apple, tentunya tahu kalau beragam standar keamanan telah diciptakan dan diimplementasikan ke dalam sistem untuk melindungi para penggunanya. Baik itu dari serangan hacker, ataupun spam dan link-link yang mencurigakan yang seringkali bisa terjadi dan membuat beberapa data pribadi tersebar.

Serangan cyber seperti itu seringkali dimulai dengan mudahnya akses masuk dari hacker ke dalam gawai yang kita pakai melalui beberapa jalur. Salah satunya yang sering digunakan adalah WiFi umum atau publik yang membuat beberapa gawai sekaligus tersambung dengan internet yang telah disadap oleh peretas.

Produk Apple
Macam-macam produk Apple yang selalu menerapkan keamanan yang tinggi untuk para users.

Oleh karena itu, kamu harus berhati-hati nih ketika sedang menggunakan fasilitas layanan WiFi umum yang disediakan di beberapa tempat nongkrong atau restoran favorit kamu. Sebagai tindakan pencegahan, Apple menon-aktifkan layanan sambungan ke WiFi umum yang tidak memenuhi syarat dari mereka.

Itu bisa kamu ketahui ketika mengaktifkan WiFi dan ternyata gawai kamu belum terkoneksi ke internet padahal sudah tersambung menurut logo yang ditampilkan di halaman setting.



Kalau kamu sudah cukup yakin dengan keamanan fasilitas publik tersebut (semisal di hotel tempat kamu menginap) dan kamu ingin memakai internetnya, tapi ternyata belum mendapatkan koneksi padahal kamu sudah mendapatkan user dan password untuk login ke jaringan mereka, kamu bisa memakai tips berikut ya:

Daftar Isi

1. Pastikan WiFi Publik Menyala

Sebelum kamu melanjutkan koneksi, kamu bisa menanyakan ke teman kamu atau user lain di area yang sama untuk mengetahui kalau WiFi yang akan kamu gunakan telah menyala dan berfungsi dengan baik.

Hape Bertukar Wifi
Cek dengan temanmu jika mereka bisa menggunakan WiFi yang akan kamu gunakan di gawai iPhone-mu ya.

2. Pilih WiFi Yang Digunakan

Kemudian, kamu bisa membuka Setting > WiFi untuk melihat opsi WiFi publik yang akan kamu pilih. Biasanya, untuk penggunaan WiFi publik yang menggunakan user dan login di gawai Android akan segera mendapatkan pop-up begitu terhubung. Tapi tidak di gawai iPhone dimana kamu mendapatkan notifikasi terhubung tapi internet masih belum tersedia.

WiFi LeGrande
WiFi yang digunakan adalah di hotel LeGrande yang terbaca di network tapi belum mendapatkan koneksi internet.

3. Tersambung WiFi Tapi Tidak Ada Internet

Dengan standar keamanan yang dipunyai iPhone, begitu kita memilih WiFi umum kita akan mendapatkan notifikasi centang karena telah terhubung. Namun, internet dari WiFi tersebut belum langsung tersambung di gawai kita dikarenakan pemblokiran yang dilakukan secara otomatis oleh gawai iPhone ketika terhubung dengan fasilitas publik WiFi yang dikategorikan belum aman.

Memilih WiFi Publik
Memilih WiFi Publik

4. Buka Safari

Untuk menggunakan internetnya, kita perlu membuka web browser yang disediakan oleh Apple di gawai iPhone. Setelah terbuka Safari, pastikan kamu membuka halaman yang bukan incognito ya.

Pilih Safari
Pilih Safari dari folder aplikasi yang kamu gunakan.

5. Ketik Kode Akses Router

Setelah kamu membuka Safari web browser, kamu tinggal memasukkan kode akses router untuk membuka halaman login dari vendor penyedia layanan WiFi tersebut (hotel, restoran, cafe, atau yang lainnya). Biasanya, kode akses router bisa dimasukkan dengan mengetikkan 192.168.1.1 atau 192.168.1.2 di kolom search bar dan menekan enter.

Kode Akses Router
Kode Akses Router yang bisa kamu masukkan di halaman search bar.



6. Masukkan User & Password Untuk Login

Kemudian, secara otomatis kamu akan ditampilkan halaman login yang belum muncuk di awal kali menyambung ke WiFi publik tersebut. Tinggal memasukkan user & password yang telah kamu dapatkan setelah pembelian makanan / minuman di restoran ataupun setelah mendapatkan kunci kamar di hotel. Tadaaaa! Internet sudah bisa dipakai di hapemu!

Menggunakan iPhone
Sekarang iPhone-mu sudah bisa menggunakan internet yang telah disediakan di tempat umum.

Semoga trik ini bisa membantu untuk masalah WiFi tidak terbaca iPhone-nya ya! Kalau kamu mempunyai trik lain untuk menyambungkan internet dengan gawai iPhone-mu silahkan share juga di kolom komentar. Bijak ber-internet ya temans! (ANP)

Baca Juga:  Cara Agar Whatsapp Tidak Terlihat Online dan Mengetik Dengan Sekali Coba!

Anggarda Putra

A long-lost traveler who enjoys a sip of cappuccino every morning.

Anggarda Putra has 118 posts and counting. See all posts by Anggarda Putra

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *