Yuk Baca 10 Tips Copywriting Yang Jitu Dan Mudah Dipraktekkan!

Beritahu yang lain
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Yuk Baca 10 Tips Copywriting Yang Jitu Dan Mudah Dipraktekkan! – Hai pembaca setia Tanda Koma yang lagi belajar cara copywriting yang jitu dan memukau! Kamu sudah berada di tempat yang tepat karena artikel berikut akan membimbingmu untuk mengerti lebih jauh tentang copywriting dan apa yang bisa kamu praktekkan!

tips copywriting
Hobi menulis? Kenapa tidak dikembangkan, ‘kan?

Apabila kamu akan merintis sebuah usaha, pertanyaan yang sering terlintas di kepala tentu saja “Apa saja sih yang perlu aku siapkan dalam hal ini?”. Selain produk atau jasa yang bagus, kamu juga perlu eksposur ke market yang bagus loh.

Dan kebanyakan orang yang berkecimpung dalam hal ini, akan menyarankan kamu untuk membuat iklan di media-media sosial seperti pasang iklan seperti Billboard, koran atau pun televisi. Dengan kemudahan era digital seperti sekarang, kamu bisa sangat memanfaatkan media sosial sebagai pintu awal yang lebih efektif untuk iklan.

Salah satu cara untuk menguasai digital marketing serta teknik pemasaran adalah dengan copywriting yang akan kita bahas ini.

Jadi, daripada nantinya kamu kehilangan banyak dana karena kamu alokasikan ke promosi yang kurang berhasil, sebaiknya kamu mulai belajar membuat sebuah konten pemasaran yang bisa tepat sasaran. Caranya dengan copywriting yang baik dan benar.

Apa yang Dimaksud Copywriting?

Copywriting merupakan sebuah teknik penulisan yang merujuk pada ajakan atau bujukan yang bisa membuat pembaca tertarik dan mengikuti perintahmu. Bisa ajakan atau perintah apa saja yang bertujuan menghasilkan sebuah konversi, misalnya, pembelian, pendaftaran, berlangganan dan lain sebagainya.

tips copywriting
Kebanyakan penulis memulai pekerjaannya dengan niat, tanpa adanya alat penulisan yang harus serba modern ya.

Skill atau kemampuan copywriting itu sangat berguna loh untuk dipakai dalam membuat konten yang menarik. Kamu akan melihat contoh-contoh beberapa konten yang mencerminkan copywriting di berbagai media seperti:

  • Blog dan artikel.
  • Postingan sosial media.
  • Iklan visual.
  • Hingga meta description dari hasil pencarian mbah Google.



Mudahkah Menulis Copywriting?

Apa sih yang membedakan copywriting ini dengan cara nulis pada umumnya itu? Bukankah hal itu bisa saja dikerjakan dengan mudah oleh siapa pun untuk bahan materi pemasaran?

Jawabannya, belum tentu. Ya, semua orang bisa menulis, tapi tidak semua orang bisa ‘menjual’ tulisan yang dia tulis tersebut. Karena dalam hal ini kamu tidak bisa asal-asalan dalam mengerjakannya. Sehingga membutuhkan teknik atau tips copywriting yang bisa kamu lakukan dan sukses dalam pemasaran.

tips copywriting
Ketika awal kali menulis, apa yang melintas di benakmu?

Tanpa memahami konsep dan cara penulisan copywriting yang baik, bisa saja kamu malah terbentur dengan kendala-kendala seperti trafik dari situs yang kamu kelola tidak naik, atau juga rendahnya retensi ataupun perhatian dari visitor ke media yang kamu inginkan.

Baca Juga:  WiFi Tidak Terbaca iPhone? Begini Solusinya [PANDUAN GAMBAR]

Itu semua tercermin ketika kamu belum menguasai teknik ataupun tips copywriting yang akan kami beberkan di bawah ini. Tentunya masih banyak kendala lainnya, tapi pada intinya keengganan seseorang untuk membaca sampai akhir ataupun kembali ke situs yang kamu punya adalah gejala yang musti diwaspadai.

tips copywriting
Mau belajar SEO? Belajar dulu yuk Copywriting!

Seperti yang yang dijelaskan oleh Mr. Zain Kahn melalui akun twitter miliknya bahwa 3 perusahaan legendaris di dunia memiliki kunci sukses karena copywriting yang bagus. Untuk lebih jelasnya baca terus di bawah ini ya.



Menjadi seorang copywriter kamu perlu langkah yang bagus di awal terjun ke posisi copywriter ini. Berikut ini adalah tips copywriting yang bisa kamu lakukan dalam ‘menjual’ tulisanmu menjadi pundi-pundi eksposur yang apik dan bisa menghasilkan.

10 Tips Copywriting

Berikut adalah tips tips copywriting yang bisa kamu baca dan terapkan langsung di media yang akan kamu hasilkan baik tulisan di artikel maupun di bermacam tempat lainnya.

1. Beri Judul Yang Memukau!

Iya, mungkin kamu lebih akrab dengan istilah ‘clickbait’ atau semacam judul yang membuat orang untuk tertarik dan langsung memberikan ‘klik’ yang organik. Sebenarnya itu juga merupakan salah satu tips copywriting yang bisa kamu terapkan.

Mengenai judul clickbait yang terlalu mengandalkan kontroversi, itu sebenarnya kembali ke penulis masing-masing dan juga target market yang dituju. Sepanjang kamu bisa menggunakan judul yang memukau dan menggaet perhatian dari market yang kamu tuju, well done!

clickbait
Judul yang memukau, terasa kan bedanya? (Sumber Gambar: Twitter @heykahn)

2. Jangan Menjual Fitur, Jual Tujuan

Ada kalanya kamu menemukan copywriting yang menjual fitur yang terlalu banyak dan monoton. Cobalah sesekali menjual tujuan dari apa yang bisa pembacamu capai ketika menggunakan produkmu.

Contohnya? Tau kan kalau merek Nike tidak menjual sepatu olahraga? Tapi menjual kebanggaan ketika seseorang telah mencapai impiannya. Coba ingat-ingat lagi iklan-iklan Nike yang pernah kamu lihat. Selalu inspiratif dan mengesankan, kan?

sepatu Nike murah
Kalau melihat iklan ini, kamu pasti bukan kebayang sepatunya ya? Itu tujuannya emang. Hehhe (Sumber Gambar: Nike)

3. Atasi Masalah Pelanggan

Setiap klien atau konsumen yang akan membeli produk atau memakai jasamu pasti mempunyai urusan tertentu. Mereka cenderung mempunyai masalah yang ingin diselesaikan ketika ingin melakukan pembelian.

Bisa jadi ketika ingin memakai batere hape yang tahan lama? Atau ketika ingin berlibur dengan suasana gunung dan hutan? Setiap pelanggan mempunyai concern dimana kamu bisa menggunakannya untuk mengasah teknik copywriting tersebut.



Pastikan teknik copywriting yang kamu pakai bisa membangun kepercayaan karena telah memenuhi atau memberikan solusi atas “masalah” tersebut. Contoh yang paling baru? iPhone ketika merilis produk terbaru mereka dan keterkaitannya dengan masalah privasi.

privasi iPhone
Simple, dan on point banget. (Sumber Gambar: Apple)

4. Buat Mereka Tertawa

Beberapa konsumenmu terlalu banyak yang serius. Coba buat copywriting yang santai dan juga membuat mereka terhibur. Pakai bahasa yang rileks dan cukup mengena.

Jangan lupa masukkan beberapa humor dan candaan yang pastinya menghibur siapapun yang membaca tulisanmu. Ketika pembaca terhibur, seringkali mereka juga akan mengingat lebih jauh tentang produk yang mereka baca.

Contohnya? Coba lihat di bawah ini.

Iklan Kocak
Ketika Pepsi meluncurkan ‘ejekan’ ke lawannya, Coca Cola malah membalas dengan gambar yang mirip tapi caption yang berbeda. Jenius dan lucu! (Sumber Gambar: Pepsi & Coca Cola)

5. Tarik Pembaca Untuk Melakukan Tindakan

Maksud dari poin di atas adalah coba untuk mengajak pembaca ataupun konsumen untuk melakukan tindakan yang akan mengarahkan mereka melakukan seperti apa yang kamu mau.

Baca Juga:  Cara Mencari Uang Lewat TikTok? Simak 5 Cara Jitu Ini Untuk Menghasilkan Jutaan!

Jadi, tidak hanya untuk dibaca saja. Tapi juga untuk menarik melakukan apa yang kamu inginkan. Contohnya bisa dilihat di bawah ini.

Action
Penggunaan kata-kata yang berbeda, dengan kecenderungan untuk mengajak ke ‘melakukan’ sebuah aksi. Berbeda, tapi jitu. (Sumber Gambar: Twitter @heykahn)



6. Gunakan Angka

Ini termasuk salah satu yang terpenting, bukan hanya memberikan pengertian kenapa produk atau jasa yang kamu tulis adalah lebih baik dari kompetitor lainnya yang mungkin mempunyai beberapa keunggulan.

Tapi, kasih tahu bahwa punyamu lebih unggul dengan menggunakan angka-angka pasti. Lihat contoh di bawah:

Tips Copywriting dengan angka
Perbedaan yang jelas dan pastinya meyakinkan. (Sumber Gambar: Twitter @heykahn)

7. Berirama

Mungkin terdengar asing, tapi kamu pasti mengerti kenapa terkadang beberapa lagu pop bisa langsung nempel di telinga kamu ketika pertama kali mendengarkannya.

Itu karena lagu tersebut mempunyai irama yang personal, menarik, dan juga mudah diingat. Gunakan metode yang sama di teknik penulisan copywriting yang akan kamu terapkan.

Tips Copywriting dengan irama
Irama bisa menjadi salah satu cara untuk konsumen mengingat-ingat produk yang kamu tuliskan. (Sumber Gambar: Twitter @ heykahn)

8. Jangan Takut Untuk Membantu Konsumen

Untuk kamu yang masih maju mundur tentang tujuan dari penulisan copywriting ini, ada baiknya untuk kamu segera maju dan bilang kepada konsumenmu kalau kamu bisa membawa mereka menjadi lebih dekat dengan apa yang mereka cari.

Tarik mereka dan buat mereka mengerti alasan kenapa mereka membeli produk yang kamu tulis dengan seksama itu.

Membantu Impian Copywriting

9. Deeskalasi Resiko

Kemungkinan dari apa yang konsumen pikirkan adalah resiko ataupun keraguan yang membuat mereka terurung untuk membeli barang / memakai jasa yang sedang kamu tulis lewat copywriting.



Identifikasi penyebab resiko itu dan temukan alasan dibaliknya, makan kamu bisa membalik dari apa yang mejadi resiko menjadi sebuah keyakinan untuk memakan produk atau jasa tadi.

Caranya? Coba share beberapa hasil dari konsumen-konsumen yang telah memakainya. Bagi dengan berupa angka dan fakta tertentu untuk lebih menarik minat lebih banyak.

rahasia copywriting
Berbagi testimoni bisa digunakan untuk meyakinkan konsumen dan pembaca. Sudah mencoba teknik yang ini? (Sumber Gambar: Twitter @heykahn)

10. Membuat Call-To-Action Yang Susah Ditolak

Setiap copywriting dibuat dengan menjadi sepersuasif mungkin. Ketika sudah dibuat di awal untuk menjadi persuasif dan mengikat, pastikan ending yang kamu tulis juga merupakan ending yang sangat memikat.

Bisa dengan cara apapun yang akan kamu tuang di tulisan kamu, tapi utamakan juga bahwa Call To Action yang kamu tulis adalah langkah selanjutnya untuk pembaca melakukan apa yang kamu inginkan.

Contohnya bisa kamu baca di bawah ini.

Call To Action
Jangan hanya mengikuti standar CTA biasa, coba buat yang lebih unik dan mengena dengan mengundang orang untuk mencoba. (Sumber Gambar: Twitter @heykahn)

Begituliah rangkuman dari 10 tips copywriting yang mudah dipraktekkan dan juga pastinya kamu ingin segera mencobanya kan? Menulis copywriting memanglah sangat menarik karena ini adalah salah satu tujuan kenapa marketing yang baik selalu mengunggulkan copywriting yang baik juga.

Kamu bisa membaca original thread dari rangkuman tersebut dalam bahasa Inggris melalui tautan di bawah ini:

Sekarang apa yang kamu tunggu? Mulailah menulis dengan segera karena tips tidak akan berguna kalau tidak dipraktekkan. Coba tulis pengalaman menarikmu dalam penulisan copywriting yang pas di kolom komentar ya. Selamat mencoba dan good luck! (ANP)


Beritahu yang lain
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Anggarda Putra

A long-lost traveler who enjoys a sip of cappuccino every morning.

Anggarda Putra has 106 posts and counting. See all posts by Anggarda Putra

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *